5 Tips Cerdas untuk Membeli Beeswax Murniagar tidak salah beli

Bukan rahasia lagi bila beeswax yang dijual di pasaran belum tentu 100% murni. Karena itu, berhati-hatilah. Ikuti tips membeli beeswax murni berikut ini.

5 Tips Cerdas untuk Membeli Beeswax Murni!

Sebagai material dengan sejuta manfaat, beeswax memang banyak dicari orang. Beragam tempat jual beeswax hadir, siap diandalkan. Namun Anda harus hati-hati. Tak semuanya menawarkan produk murni. Kadangkala, beeswax dicampur lilin lain seperti parafin. Oleh karena itu, ikuti tips membeli beeswax murni di bawah ini:

5 Tips Membeli Beeswax Murni

  • Tak Melekat Ketika Digosok

Beeswax tak akan melekat ke tangan Anda meski Anda menggosoknya. Ini berbeda dengan lilin lain atau beeswax yang tercampur bahan lain seperti parafin. Ini adalah salah satu cara menguji kemurnian beeswax paling mudah yang bisa Anda lakukan langsung.

  • Permukaan yang Kasar

Cara lain menentukan murni tidaknya beeswax adalah dengan memperhatikan permukaannya ketikan dipotong. Bila material tersebut murni, permukaannya akan tampak kasar.

  • Dari Perusahaan yang Terpercaya

Meski lilin lebah yang Anda beli 100% murni, belum tentu kualitasnya baik. Beberapa peternakan lilin diketahui menyediakan air gula sebagai makanan lebahnya. Jadi, para lebah tak akan mencari nektar sehingga proses pembuatan madu dan beeswax menjadi lama. Karena itu, tetaplah hati-hati saat membeli beeswax dengan label 100% murni sekalipun.

  • Bukan Warna Buatan

Beeswax murni umumnya berwarna kuning muda hingga kuning kecoklatan. Ketika berwarna putih, merah, dan berbagai warna lainnya, itu berarti beeswax sudah diberi pewarna atau diproses dengan langkah tertentu. Tentu tak mengapa bila Anda menginginkannya demikian. Namun bagi Anda yang ingin membeli lilin lebah senatural mungkin, pilihlah yang berwarna alami. Kriteria ini pun sebenarnya belum tentu akurat. Karena sering, dijual beeswax yang diwarnai dengan warna kuning cerah agar lebih menarik pembeli.

  • Aroma Khas

Aroma lilin lebah sangat khas. Aroma ini jauh berbeda dengan aroma wax lain seperti parafin. Ketika Anda membeli beeswax atau produk beeswax dengan aroma menyengat, ada kemungkinan bahan tersebut telah tercampur parafin.

Baca Juga:  jual produk perawatan furnitur kayu harga terjangkau di indonesia

Demikian 5 tips membeli beeswax murni. Jangan lupa perhatikan pula faktor harga. Kualitas beeswax secara umum lebih baik dari lilin lainnya. Karena itu, jangan mudah tergoda promosi beeswax murah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.