6 Langkah Mudah Perawatan Mebel Kayu Jati

Mebel kayu jati banyak diminati di pasaran furnitur indonesia. berbagai finishing pada mebel kayu jati membuat mebel dengan bahan dasar kayu jati ini lebih indah. Jika anda memiliki mebel kayu jati, perawatanya menjadi mutlak dilakukan. Hal ini untuk menjaga keindahan kayu jati menjadi furnitur yang indah dan elegan di ruangan rumah anda.

Perawatan mebel kayu jati pada dasarnya mudah dilakukan. Nah beberapa tips ini akan merawat furnitur kayu jati di rumah anda tetap terjaga dan elegan kondisinya.

  1. Perhatikan Posisi Mebel Kayu Jati

Pastikan mebel kayu jati anda posisikan pada ruangan yang bersuhu normal dan keadaan bersih. jangan meletakkan mebel pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang buruk atau lembab. Kondisi udara yang lembab akan mempercepat proses oksidasi pada mebel kayu. akibatnya mebel kayu akan mudah terkena rayap. Pasalnya kondisi lembab menjadi ruang ideal bagi rayap untuk kembang biak.

  1. Bersihkan Permukaan Mebel Secara Rutin
Perawatan Mebel Kayu Jati

Membersihkan mebel kayu jati secara rutin dapat anda lakukan sendiri. Misalnya dengan menggunakan lap kain bersih dan kering. gunakan lap lembab hanya untuk membersihkan kotoran yang menempel. Jika tidak ada kotoran menempel sebaiknya gunakan lap kain biasa.

  1. Perhatikan Saat Membersihkan / Mencuci Mebel
Perawatan Mebel Kayu Jati

Membersihkan mebel kayu jati harus diperhatikan mulai penggunaan produk pembersihnya. Jangan menggunakan detergen untuk mencuci. Sebaiknya gunakan saja sabun cuci piring dan gunakan sikat halus. Mencuci mebel ini dapat anda lakuakan secara berkala misal sebulan dua kali.

Jangan sekali – kali menggunakan bahan kimia berbahaya seperti acetone, methanol, toluene ataupun bahan solvent lainya untuk membersihkan mebel kayu. bahan-bahan kimia tersebut bisa merusak lapisan top coat ataupun lapisan tekstur kayu yang paling atas.

  1. Suka Warna Mebel Jati Yang Natural Tanpa Finishing ?
Perawatan Mebel Kayu Jati

Nah, jika anda mengehndaki warna mebel kayu jati yang alami, kami menyarankan untuk merawat warnanya dengan menggunakan poles atau wax kayu alami. Anda bisa menggunakan produk pemoles dari bahan alami untuk menguatkan warna mebel jati yang ada di rumah anda. Baik mebel jati yang berada di dalam ruangan dan berada di luar ruangan

  1. Lakukan Perawatan Pada Mebel Kayu Jati Dengan Berhati –Hati.

Misalnya saat memindahkan mebel. Jangan di geser namun diangkat hal ini untuk menjaga agar kondisinya tidak baret / lecet. Selain itu perhatikan betul seprti sandaran atau bagian-bagian lainya.

  1. Jaga Permukaan Furnitur Dengan Baik.

Hindari goresan pada permukaan misal dengan menggunakan taplak atau memberikan bantalan pada permukaan kursi agar kondisinya tetap bagus.

Tips perawatan mebel kayu jati di atas kami rangkum yang paling mudah agar anda dapat melakukanya sendiri. Sehingga kondisi mebel jati yang anda miliki tetap bernilai sepanjang masa. Seperti kita ketahui , pada dasarnya memiliki mebel jati merupakan aset tersendiri. Apalagi jika kayu jati yang di gunakan untuk membuatnya telah berumur tua. Semakin lama semakin terawat sehingga nilai sebagai barang koleksipun semakin meningkat.

Rekomendasi Wax Untuk Perawatan Mebel Kayu Jati

Perawatan Mebel Kayu Jati

Dalam perawatan mebel kayu jati belanda, salah satu aspek yang tidak boleh di lewatkan adalah melakukan polishing atau pemolesan mebel. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kondisi serta warna mebel kayu jati belanda tidak kusam. Walaupaun menggunakan warna patina yang memang di buat seperti tua atau vintage namun jika tidak terawat tentu akan terlihat kusam tidak menarik.

Untuk menjaga kondisi dan juga warna mebel kayu jati belanda tetap menawan, kami merekomendasikan untuk menggunakan wax atau poles kayu. tujuanya untuk mengembalikan warna alami kayu jati tersebut tetap elegan dan menawan.

Wax atau poles ataupun semir kayu bahan alami yang kami rekomendasikan untuk kayu jati menggunakan biopolish. Baik untuk mebel kayu jati yang berada di dalam ruangan ataupun eksterior semua dapat menggunakan varian biopolish. Untuk mebel kayu jati di dalam ruangan kami merekomendasikan untuk menggunakan biopolish beeswax. Sedangkan untuk mebel kayu jati yang berada di luar ruangan kami merekomendasikan menggunakan biopolish linseed oil.

Kedua produk tersebut baik biopolish beeswax ataupun linseed oil, merupakan produk berbahan alami sehingga aman di gunakan termasuk dalam jangka waktu lama. biopolish tidak mengikis lapisan coating yang ada pad permukaan mebel. Jika memiliki furnitur kayu yang belum di finishing biopolish akan meresap ke dalam substrat kayu jati. Sehingga membuat warna kayu jati akan Nampak semakin tua dan elegan.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.