Beeswax Adalah Lilin Lebah Yang Memiliki 101 Manfaat Untuk Kehidupan

Beeswax adalah lilin lebah yang di produksi dari sarang lebah. Berbagai manfaat dalam kehidupan sehari – hari dapat dimanfaatkan dari lilin lebah ini. mulai dari dunia kesehatan, kecatikan hingga industry kayu juga memanfaatkan lilin lebah.

Lilin lebah atau beeswas merupakan salah satu jenis polimer tertua di dunia yang dimanfaatkan oleh manusia. Liliin lebah ditemukan telah berada di makan firaun, reruntuhan romawi kuno hingga kapal bangsa Viking.

Pemanfaat lilin lebah juga telah menyebar dalam berbagai kehidupan manusia. Mulai dari kosmetik. Farmasi atau obat –obatan, model patung atau kesenian, campuran zat pewarna, pengisi luabng gigi, berbagai alat music juga di beri lilin lebah agar lebih mudah menghasilkan anda.

Industry perawatan kayu juga menggunakan lilin lebah sebagai bahan utama. Berbagai manfaat ini tentu membuat lilin lebah menjadi komoditi yang sangat berharga. Tak heran hal ini terjadi, karena lilin lebah menandung berbagai zat yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia.

Proses Terbentuknya Beeswax Atau Lilin Lebah

Beeswax adalah lilin lebah yang di produksi dari polimer sarang lebah. Produk ini dihasilkan dengan cara mengektrak sarang lebah. Pada bagian inilah berbagai senyawa penting yang bermanfaat untuk kehidupan manusia tersedia.

Warna lilin lebah di hasilkan sesuai dengan usia lebah pekerja. Umunya lebah pekerja tidak akna berfungsi jika telah tua. Warna lilin lebah yang putih menunjukan lilin lebah yang baru saj saja keluar dari lebah pekerja. Namun hal ini akan berangsunr – angsur menjadi kuning hingga kecoklatan berdasarkan kandungan propolis di dalam lebah.

Beeswax Adalah

Tahukah anda bahwa satu gram lilin lebah atau beeswax di hasilkan lebih dari 1100 lapisan dari sarang lebah. Hal ini tentu mengaggumkan mengingat ternyata mahluk ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia.

Bahkan para lebah mengorbankan produksi madu mereka demi menghasilkan lilin lebah. Umumnya jumlah madu yang dihasilkan linear dengan jumlah lilin lebah yang di hasilkan. Eksperimen yang di hasilkan oleh whitcomb tahun 1946 menunjulan bahwa sekitar 8.8 pouns madu menghasilkan 1 pound lilin lebah. Sumber lain menyebutkan bahwa setiap 22 pound madu menghasilkan lebih dari 1 pound lilin lebah.

Variasi perbandingan ini sangat penitng. Karena lilin lebah menjadi koloni untuk menjaga para lebah. Oleh karena itu tidak semua sarang lebah yang dihasilkan menghasilkan madu. Namun untuk menjaga larva lebah dan zat lainya sehingga lebih aman .

Umumnya lilin lebah di hasilkan oleh lebah pekerja. Di bagian stenum dari setiap segmen tubuh lebah pekerja mengandung lilin lebah. Jumlah dan ukuran kelenjar ini tergantung usia dari lebah pekerja tersebut.

Manfaat Beeswax Untuk Kehidupan Sehari –Hari

Beeswax adalah komponen dari sarang lebah yang memiliki struktur kimia C15H31COOC30H61. Umumnya terdiri dari komponen utama berupa palmitat, ester dari asam oletat, dan pamitoleat. Memiliki rantai karbon antara 30 hingga 32 karbon. Lilin lebah memiliki nilai titik lebur yang rendah, yaitu 62-64 derajat celcius.

Berbagai komponen dalam lilin lebah atau beeswax tersebut memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa manfaat lilin lebah untuk kehidupan sehari – hari :

  1. Manfaat lilin lebah / beeswax dalam bidang kecantikan

Lilin lebah atau beeswax memiliki banyak manfaat dalam bidang kecantikan. Mulai dari menjadi bahan utama pelemabb, lipstick dan berbagai kosmetik lainya. Tak terkecuali bahan utama pomade atau gel rambut untuk para lelaki.

Beeswax memiliki banyak peranan dalam pembuatan moisturizer. Baik untuk pelembab wajah, badan bahkan hingga bibir. Umumnya bibir yang kasar dan kering, baik menggunakan terapi dengan digosok pakai beeswax.

Lilin lebah atau beeswax juga sangat baik dalam memberikan perlidungan terhadap peradangan dan bakteri. Oleh karena itu beeswax sangat baik untuk mengatasi jaerawat. Kandungan emolien pada beeswax juga bermanfaat dalam menyembuhkan peradangan jerawat.

  1. Manfaat beeswax dalam bidang kesehatan
Beeswax Adalah

Korean jurnal of internal medicine menyebutkan bahwa beeswax atau lilin lebah sangat baik dalam melindungi organ liver atau hati. hal ini karena beeswax menagndung antioksidan yang tinggi. Beeswax dinilai mampu membantu fungsi hati sehingga berjalan dengan normal.

Beeswax ternyata juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri. Hal ini disebutkan dalam jurnal tersebut bahwa lilin lebah memiliki antiperadangan yang mampu meredakan nyeri pada osteoarthritis. 23 partisipan dalam penelitian mengalami pengirangan rasa nyeri dalam penelitian ini.

Beeswax juga sangat baik dalam mengembalikan nuansa atau mood. Oleh karena itu, banyak aroma terapi yang menggunakan beeswax sebagai bahan utama. Aroma yang di timbulkan oleh beeswax dapat digunakan sebagai perelaksasi alami terhadap stress.

  1. Manfaat beeswax dalam industry furnitur kayu

Mungkin manfaat beeswax untuk perawatan furnitur kayu ini masih jarang di bicarakan. Padahal beeswax memiliki kandungan anti oksidan yang bagus untuk mengatasi proses pelapukan akibat paparan sinar matahari pada kayu.

Beeswax di gunakan dalam industry perawatan furnitur kayu seperti pada biopolish. Bahan utama beeswax di formulasikan dengan bahan-bahan alami lain sehingga menghasilkan wax kayu terbaik berbahan alami.

  1. Manfaat beeswax dalam bidang kerajinan atau kesenian
Beeswax Adalah

Beeswax atau lilin lebah juga di gunakan dalam banyak bidang kesenian dan kerajinan. Misalnya dalam pembuatan krayon, batik serta di poles pada beberapa alat music untuk menghasilkan nada yang lebih mudah.

Di indonesia sendiri beeswax atau lilin lebah banyak digunakan untuk membatik. Batik yang masih tradisional menggunakan lilin lebah untuk proses penggambaran motifnya. Hal ini sudah tidak perlu di ragukan lagi keindahanya.

Berbagai manfaat beeswax tersebut sangat membantu kehidupan manusia. Jika jika anda masih bertanya – tanya mengenai beeswax adalah apa, kini telah menemukan jawabanya. Beeswax merupakan hasil alam dari lebah madu yang sangat berjasa dalam kehidupan manusia.

Manfaat Beeswax Dalam Produk Biopolish

Beeswax Adalah

Biopolish juga memanfaatkan beeswax sebagai bahan utama untuk membuat produknya. Namun produk biopolish tidak hanya menggunakan beeswax saja. Biopolish di formulasikan dengan beeswax dan tambahan berbagai natural oil lainya.

Beeswax di dalam biopolish di olah sedemikian rupa sehingga menghasilkan produk ramah lingkungan. Biopolish memanfaatkan kandungan beeswax untuk menghasilkan produk ramah lingkungan dan aman untuk perawatan bahan kulit dan kerajinan furnitur kayu.

Biopolish berkat beeswax yang di gunakan sebagai bahan utama, mampu menghasilkan produk aman untuk kesehatan yang memiliki kemampuan protektif yang sangat tinggi. Baik untuk furnitur kayu di rumah dan juga koleksi kerajinan bahan kulit yang ada di rumah.

Berikut ini manfaat biopolish dalam perawatan furnitur kayu dan kerajinan kulit :

  • Meningkatkan keindahan furnitur kayu dan kerajinan kulit
  • Meningkatkan ketajaman warna dari furnitur kayu dan kerajinan bahan kulit
  • Melindungi dari paparan sinar matahari atau ultraviolet
  • Menjaga dari percikan air atau membentuk lapisan waterrepellant produk
  • Menjaga elastisitas kerajinan bahan kulit
  • Mencegah pelapukan pada kayu
  • dan masih banyak lainya

lihat disini : 21 manfaat beeswax yang wajib diketahui

Artikel "Ide Aplikasi"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.