begini tips Bersihkan Furnitur Kayu menyeluruh Untuk Sambut Idul Fitri

Umat muslim di Indonesia biasanya memiliki kebiasaan untuk bersih bersih rumah untuk menyambut idul fitri. Furniture kayu tentunya tak boleh dilewatkan dalam agenda bersih bersih tersebut. Untuk membersihkan furnitur kayu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Anda tidak bisa sembarangan membersihkan furnitur kayu karena kayu memiliki resistensi dengan beberapa jenis bahan. Berikut kami berikan panduan agar tak salah langkah ketika membersihkan furniture kayu.

Tips membersihkan furnitur kayu

Saat membersihkan furnitur kayu berikut adalah hal hal yang harus anda perhatikan :

  • Perawatan rutin

membersihkan furnitur kayu

Sebaiknya furniture kayu diberishkan setiap hari untuk menghilangkan debu yang menempel. Hal ini bisa anda lakukan dengan menggunakan kemoceng atau lap kering. Sebaiknya saat anda membeli furniture kayu tanyakan pada pihak pembeli bagaimana cara merawat furniture tersebut. Umumnya jenis kayu yang sudah  diberikan coating atau lapisan cat akan berbeda perawatanya dengan  furniture yang belum di coating atau di cat.

Furniture kayu yang telah di coating minimal di varnish atau dipelitur lebih mudah membersihkanya dibandingkan yang masih alami. Untuk membersihkan furnitur yang telah di coating cara membersihkanya cukup dengan menggunakan lap kering atau kemoceng kemudian dilanjutkan menggunakan lap yang dibasahi sedikit air. hal ini bertujuan untuk mengangkat debu atau kotoran yang menempel. Kemudian segera keringkan dengan menggunakan lap kering. Jangan sampai saat membersihkan furnitur kayu dengan lap basah sisa air yang menempel akan kering sendiri. Jika hal ini dilakukan akan membuat bekas pada permukaan furnitur. Cara seperti ini juga bisa dilakukan pada perabotan kayu yang belum di coating.

  • Perawatan secara berkala

perawatan furnitur kayu

Untuk perawatan secara berkala maksimal satu bulan sekali, gunakan biopolish exterior. Poles kayu denga komposisi bahan alami yang satu ini mampu melindungi kayu dari paparan sinar matahari, percikan air, serta mengandung antiseptic alami yang menghalau pertumbuhan bakteri pembusuk dan aktivitas mikroorganisme lainya.

Baca Juga:  Kelebihan Biopolish® beeswax sebagai Bahan Finishing Lemari Makan

Aplikasi biopolish exteriror pada furniture dilakukan setelah membersihkan furnitur kayu. Setelah furniture bersih dan kering selanjutnya oleskan biopolish exterior pada seluruh bagian furnitur kayu kemudian diamkan sejenak agar biopolish meresap. Kemudian gosok dengan menggunakan kain bersih. Lakukan hal ini secara berkala minimal seminggu sekali. Biopolish exterior mampu mengkilapkan kayu kembali sehingga furniture kayu tampak cerah seperti baru kembali.

Hindari hal ini saat membersihkan furnitur kayu

saat membersihkan furnitur kayu anda dilarang untuk melakukan hal berikut ini :

    perawatan furnitur kayu

  • Jangan menggunakan bahan abhan kimia untuk membersihkan furniture. Misalnya menggunakan ammonia dengan bleaching untuk membersihkan dapur ataupun furniture kayu. Hal ini bisa merusak lapisan coating ataupun mengikis permukaan paling atas kayu
  • Saat mencuci jendela jangan dilakukan saat matahari terik. Hal ini karena ketika anda mencuci jendela terutama bagian kacanya saat panas akan membuat cairan pembersih mudah menguap sehingga menyebbakan goresan. Oleh karena itu sebaiknya membersihkan jendela saat cuaca sejuk dan dingin
  • Jangan menyemprot furniture dengan cairan pembersih secara langsung. jika dilakukan secara langsung bisa merusak lapisan paling atas pada furniture kayu
  • Jangan menggosok furniture kayu dengan sangat keras. Hal ini karena bisa merusak serat pada furniture kayu

Membersihkan furnitur kayu pada dasarnya mudah. Anda hanya perlu berhati-hati dalam perawatanya sehingga tidak merusak serat kayu atau lapisan coating yang berada pada bagian paling atas. Furniture kayu yang dibersihkan secara tepat tentu akan semakin awet terjaga kualitasnya dan Nampak terawat. Rumah yang bersih dengan furniture yang terawatt akan nyaman di huni. Sehingga anda siap untuk menerima kunjungan tamu yang akan bertandang kerumah saat idul fitri.

Leave a Comment

Your email address will not be published.