Cerdas Memilih Mebel Jati yang Bagus dan harganya masuk akal

Bagaimana memilih mebel jati yang bagus? Gunakan kriteria yang tepat seperti ketiadaan lubang dan kualitas finishing yang baik agar tidak mengalami kerugian di kemudian hari.

Bagaimana cara memilih mebel jati yang bagus?

Bagaimana cara memilih mebel jati yang bagus?

Mebel jati masih menjadi primadona bagi banyak kalangan. Karakter kayu jati yang kuat, awet, hingga berestetika membuat mebel berbahan jati banyak diunggulkan. Kayu jati memang memiliki karakter khas dibanding kayu lain. Salah satunya, cenderung tidak disukai rayap sehingga serangan organisme tersebut memiliki peluang relatif kecil.

Kita dengan mudah bisa melihat beragam jenis mebel jati di pasaran. Mulai dari meja, kursi, kabinet dapur, almari, hingga buffet. Namun, apakah semua mebel jati berkualitas baik? Tentu saja tidak. Banyak pula mebel jati kualitasnya rendah. Hal ini disebabkan banyak faktor. Mulai dari perbedaan kondisi kayu jati yang ditebang, proses treatment kayu jati sebelum finishing yang berbeda-beda, hingga proses finishing yang diterapkan.

Lalu bagaimana cara memilih mebel jati yang bagus dan berkualitas? Gunakan lima pertimbangan berikut ini untuk mendapatkan mebel jati berkualitas baik:

Lima Pertimbangan Cara Memilih Mebel Jati yang Bagus

  • Pilih Mebel Jati yang Dibuat dari Kayu Jati Tua

Pertimbangan pertama pada serangkaian cara memilih mebel jati yang bagus adalah memastikan Anda memilih mebel dari kayu jati yang sudah tua. Mengapa demikian? Mebel jati yang tua umumnya lebih kokoh dan lebih indah daripada mebel jati lebih muda. Kayu jati tua memiliki ciri-ciri unggul yang sekaligus bisa Anda jadikan panduan saat memilih mebel jati, yakni memiliki tekstur serat kayu yang padat, lebih berat, lebih keras, dan memiliki warna coklat kemerahan yang rata.

  • Pilih Mebel Jati yang Tidak Berlubang-lubang

Perhatikan dengan seksama bagaimana kondisi mebel jati Anda. Cermati adakah lubang-lubang pada berbagai sisi? Keberadaan lubang pada mebel umumnya menunjukkan mebel tersebut sedang terserang hama kayu. Mebel mungkin terlihat dalam kondisi baik namun bagian dalam sudah rapuh. Usianya pun tidak akan begitu lama seperti Anda harapkan.

  • Pilih Mebel Jati yang Konstruksinya Kuat

Cara memilih mebel jati yang bagus untuk poin ketiga adalah memperhatikan konstruksinya. Seringkali mebel mudah rusak bukan karena jenis kayu namun karena salah konstruksi. Untuk memilih mebel jati dengan konstruksi yang baik, perhatikan tingkat simetrinya dan cobalah berulang-ulang.

  • Pilih Mebel Jati yang Finishingnya Bagus

Bagus tidaknya finishing yang diaplikasikan bisa dinilai dari estetika, ketahanan, kualitas proteksi, dan ketepatannya. Bila perlu tanyakan pada penjual mebel, jenis finishing yang diterapkan dan sampai berapa lama lapisan finishing bisa bertahan. Bila memerlukan mebel jati untuk diletakkan di bagian luar rumah seperti teras, tanyakan pula apakah finishing yang diterapkan cocok untuk luar ruangan. Sebab, kondisi luar ruangan memerlukan aplikasi finishing yang berbeda dengan finishing keperluan indoor.

  • Pilih Mebel Jati dari Brand Terpercaya

Brand memang tak bisa menjamin kualitas semua produk. Namun, bisa dijadikan indikator kasar dalam menentukan bagus tidaknya mebel jati yang Anda beli. Hanya saja jangan terlalu terpaku pada brand, karena bisa melupakan pertimbangan yang lain..

Baca Juga:  daftar manfaat minyak nabati untuk merawat furnitur kayu di rumah

Demikian lima cara memilih mebel jati bagus yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Comment

Your email address will not be published.