begini Cara Memperbaiki Kayu yang Lapuk dengan Praktis dan solutif

Untuk menetapkan cara memperbaiki kayu yang telah lapuk, diperlukan kiat khusus. Kayu lapuk sendiri adalah kayu yang mengalami proses oksidasi karena usia tua dengan tingginya paparan faktor luar

Untuk mengembalikan kayu lapuk, diperlukan kiat khusus tersendiri.

Untuk memperbaiki kayu lapuk, diperlukan langkah-langkah khusus agar hasilnya maksimal. Pelapukan atau oksidasi sendiri sebenarnya merupakan proses alami yang terjadi pada semua jenis kayu dan bahan lainnya seperti logam besi. Pada kayu, proses pelapukan atau oksidasi ini akan menjadikan perubahan warna menjadi lebih keabu-abuan. Dilihat dari segi letak produk kayu, poduk kayu yang digunakan di luar ruangan (outdoor) seperti pagar adalah produk kayu yang lebih rentan mengalami proses oksidasi karena paparan cuaca yang lebih intens.

Berikut ini langkah-langkah cara memperbaiki kayu lapuk yang bisa diterapkan seperti sedia kala:

  1. Sebelum mengembalikan warna kayu menjadi seperti sedia kala, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghapus lapisan finishing yang melapisi permukaan kayu lapuk tersebut. Gunakan bahan kimia yang tepat, selanjutnya amplas kayu tersebut dengan nomor yang sesuai agar lapisan asli kayu terbuka.
  2. Putihkan kayu tersebut. Caranya dengan memanfaatkan larutan pemutih yang bisa berasal dari jenis pemutih klorin yang memang direkomendasikan untuk kayu yang telah teroksidasi. Contoh pemutih berbasis klorin yang bagus digunakan adalah kristal kalsium hipoklorit.
  3. Campurkan kristal kalsium hipoklorit dengan air. Pastikan kristal tersebut tercampur dengan merata. Agar aman, gunakan sarung tangan serta penutup muka (masker) saat sedang bekerja.
  4. Aplikasikan larutan kristal kalsium hipoklorit tersebut pada permukaan kayu yang telah teroksidasi. Agar efek yang didapat semakin baik, maka biarkan proses terjadi hingga satu malam. Bila warna asli kayu yang telah teroksidasi belum kita dapatkan, maka ulangi lagi proses ini.
  5. Cuci kayu yang telah sukses diproses dengan larutan kalsium hipoklorit. Setelah itu, keringkan dan amplas kembali agar permukaan kayu makin halus.

Rawat Kayu daripada Repot-repot Menerapkan Cara Memperbaiki Kayu Lapuk

Bagi sebagian orang, penampilan kayu lapuk malah disukai. Namun bagi yang lainnya perabot yang terlihat baru jauh lebih menawan karena terlihat lebih baru dan mewah.

Pelapukan kayu pada dasarnya bisa dicegah. Perawatan kayu dengan produk pemoles kayu (polishing) dapat melindungi lapisan kayu dari berbagai paparan lingkungan yang merugikan. Agar perlindungan kayu yang kita berikan benar-benar maksimal, sebaiknya dipilih produk polishing yang tahan air, tahan cuaca, antimikroorganisme, dan tahan lama.

Cara mencegah serta memperbaiki kayu lapuk dengan Biopolish Eksterior yang praktis dan efektif.

Bioindustries mengembangkan polishing atau semir kayu yang terbuat dari bahan beeswax dan minyak nabati yang memiliki karakter tahan air, tahan cuaca, antimikroorganisme, dan tahan lama. Produk polishing dari Bioindustries yakni Biopolish® juga sangat aman digunakan dan telah mendapat sertifikat pengakuan dari ECHA maupun US-EPA.

Kayu makin indah dengan biopolish.

Artikel "Knowledge"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.