Cara Mencuci Jaket Kulit Sintetis Praktis Dan Tidak Bikin Rusak

Cara mencuci jaket kulit sintetis tidak dapat dilakukan sembarang. Alih-alih membersihkan, yang anda perloeh jusru merusak tekstur jaket kulit. oleh karena itu perhatikan tips mencuci jaket kulit berikut ini dengan benar.

Jaket kulit sintetis terbuat dari bahan kulit sintetis yang dibuat dari berbagai polimer plastic dan bahan lainya sehingga menyerupai dengan material kulit binatang asli. Pada dasarnya bahan kulit sintetis ini tidak memiliki masalah seperti rentan air layaknya kulit binatang asli.

Jaket kulit sintetis umumnya menggunakan bahan polyurithane leather atau dikenal dengan PU leather. Untuk macam dan sebutanya di pasaran sangat beragam. Material kulit sintetis ini diklaim lebih kuat ketimbang bahan kulit asli. Namun bukan berarti material kulit sintetis ini bebas perawatan.

Jaket kulit sintetsi membutuhkan perawatan dan cara membersihkan dengan benar. Berikut ini kami berikan tips untuk mencuci jaket kulit agar tidak membuat jaket kulit justru rusak. Tips ini tentu tidak akan menyuruh anda pergi laundry. Tapi bagaimana anda dapat membersihkan sendiri dirumah.

Tips Cara Mencuci Jaket Kulit SintetisBagian Dalam Dan Luar Jaket

Bagaimana cara mencuci jaket kulit sintetis ? berikut ini kami berikan langkah-langkah mencuci jaket kulit sintetis yang kami bedakan menjadi dua bagian. Pertama bagian dalam dan bagian luar.

  1. Cara Mencuci jaket kulit sintetis bagian luar

  • Bersihkan bagian luar jaket dari noda yang menempel seperti debu dan kotoran lainya
  • Cara Mencuci Jaket Kulit Sintetis
  • Gunakan lap kain yang bersih dan kering untuk membersihkan
  • Lap perlahan lahan hingga terlihat bersih
  • Jika nodanya membandel, siapkan air dan sedikit cuka apel. Misalnya air 1 gelas gunakan cuka apel Cuma 2 / 3 sendok makan kemudian di campur
  • Celupkan kain lap, kemudian peras airnya hingga lembab
  • Gosok pada bagian noda yang menempel. Hati-hati jangan sampai melebar ke bagian yang lain
  • Selanjutnya keringkan dengan lap kain yang kering sehingga nodanya hilang dan benar benar kering
  • Angin-anginkan jaket di tempat yang teduh dan kering agar jaket tidak lembab
  1. Cara mencuci jaket kulit sintetis bagian dalam jaket

Mencuci bagian dalam jaket adalah merupakan cara yang penting. Hal ini perlu dilakukan agar jaket kulit tidak berbau dan tetap nyaman saat dipakai. Sebagai catatan cara ini kami berikan untuk bagian dalam jaket kulit yang menggunakan seperti kain parasut bukan bahan katun / bahan kaos.

Cara Mencuci Jaket Kulit Sintetis

Berikut langkah-langkah mencuci bagian dalam jaket kulit sintetis :

  • Siapkan peralatan untuk mencuci jaket kulit sintetis, air, mangkuk / ember kecil, sabun/ sampo bayi , lap kain bersih 2 buah
  • Campur air dengan sedikit larutan sabun bayi hingga tercium bau harum. Namun jangan sampai busanya berlebihan
  • Bersihkan bagian dalam dengan lap kering terlebih dahulu setelah bersih barulah gunakan lap kain yang lembab
  • Celupkan lap kain bersih dan kering kedalam larutan tersebut kemudian peras hingga lembab
  • Gosok ke bagian dalam jaket kulit kain yang lembab tersebut hingga bersih
  • Hati-hati saat menggosok bagian dalam. Pastikan searah saat menggosok agar rembesan tersebut tidak mengotori bagian luar jaket
  • Setelah bersih gunakan lap kain yang masih kering untuk mengelap sisa-sisa sabun yang menempel pada bagian dalam jaket kulit
  • Setelah bersih dan kering, angin-anginkan jaket di tempat teduh dan kering

Bagaimana Kalau Jaket Kulit Berbau Apek?

Kadang kala jaket yang sering dipakai dan belum sempat dibersihkan menguarkan bau yang tidak sedap. Apakah anda memiliki masalah seperti ini? Jika anda memiliki maslaah seperti ini jangan khawatir. Anda tidak perlu merendam jaket kulit dalam larutan detergen. Hal ini justru akan menghancurkan jaket kulit kesayangan anda. Kami memiliki tips yang lebih mudah dan gampang mengatasi hal ini.

Cara menghilangkan bau pada jaket kulit dapat anda lakukan dengan 2 cara sebagai berikut:

  1. Menggunakan cuka

Untuk menghilangkan bau tidak sedap pada jaket kulit anda dapat menggunakan larutan cuka. Asam yang ada didalam cuka mampu membuat netral bau yang tidak enak berasal dari jaket kulit anda. Bau ini akan menguap bersama dengan cuka. Caranya dapat anda laukan sebagai berikut:

  • Campurkan cuka putih atau cuka dapur didalam air. Kemudian masukkan pada wadah semprotan
  • Anda dapat menyemprotkan bagian dalam jaket tersebut dengan menggunakan larutan cuka
  • Kemudian seka bekas semprotan cuka tersebut dengan kain bersih
  • Jika masih berbau, anda dapat menyemprotkan larutan cuka tersebut lebih banyak kemudian diamkan hingga hampir satu jam. Selanjutnya barulan anda keringkan dengan menggunakan lap bersih dan kering
  • Angin anginkan jaket kulit hingga benar benar kering tidak perlu dijemur dibawah sinar matahari
  1. Menggunakan baking powder atau soda kue

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bau tidak enak pada jaket kulit adalah dengan menggunakan baking powder atau bubuk sofa untuk kue. Bahan yang satu ini dikenal sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pada bahan kulit. Peralatan yang anda butuhkan hanya baking powder, kantong plastik serta lap kain dan sikat. Nah berikut ini cara menghilangkan bau pada jaket dengan menggunakan soda kue:

  • Taburkan soda kue leseluruh bagian jaket kulit. Terutama bagian dalam jaket kulit yang berbau
  • Masukkan kedalam kantong plastik atau wadah tertutup
  • Diamkan hingga 24 jam atau minimal semalaman
  • Keesokan harinya bersihkan sisa sisa baking powder dengan sikat
  • Seka perlahan lahan untuk membersihkan sisa sisa baking powder dengan menggunakan kain
  • Ulangi lagi jika pemberisn soda kue yang pertama tidak berhasil menghilangkan bau jaket.
  • Anda dapat mengulanginya hingga jaket benar benar tidak berbau

Perawatan Setelah Mencuci Jaket Kulit Sintetis

Setelah anda tahu cara mencuci jaket kulit sintetis dengan benar, jangan lupakan bagiamana merawat jaket kulit setelah dicuci. Jaket kulit sintetis membutuhkan kelembapan alami agar tidak mudah kering dan rusak.

Mengapa jaket kulit sintetis membutuhkan pelembab ? jaket kulit dengan bahan sintetis tidak memiliki kandungan minyak alami layakya jaket kulit asli dari binatang. Oleh karena itu sangat rawan menjadi keras, kaku dan mudah mengelupas.

Oleh karena itu perhatikan betul bagaimana untuk merawat dan mengembalikan kondisi jaket kulit apalagi setelah di cuci. Berikut ini cara merawat jaket kulit setelah di cuci :

  • Pastikan jaket kulit di simpan di dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik
  • Gunakan penyerap kelembapan jika anda menyimpan jaket kulit di dalam lemari tertutup
  • Gantung jaket kulit saat di simpan dan jangan di lipat
  • Gunakan lotion pelembab dari bahan alami untuk menjaga kelembapan dan juga paparan sinar matahari
  • Poles dengan lotion / semir bahan alami secara teratur minimal seminggu sekali atau ketika di dibutuhkan

Merawat jaket kulit jangan menggunakan semir sepatu atau lotion yang berbahan kimia. Lotion tersebut umumnya membuat lapisan diatas material jaket kulit. akibatnya jaket kulit akan semakin kaku dan mudah keras.

Jika jaket kulit keras maka jaket kulit akan mudah mengelupas. Sudah dipastikan anda akan menemukan jaket kulit yang mudah rusak. Rawatlah jaket kulit dengan lotion jaket bahan alami dengan baik niscaya warnanya akan tetap menawan dan tidak mudah mengelupas.

Lotion Jaket Kulit Bahan Alami Terbaik Di Indonesia

Setelah membersihkan jaket kulit jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan menggunakan lotion jaket kulit. Kegiatan seperti ini sangat penting guna menjaga kelangsungan jaket kulit sehingga tetap lentur, lembut dan nyaman dipakai dalam jangka waktu yang lama. Catatan penting dalam memilih lotion khusus untuk jaket kulit jangan menggunakan lotion yang berbahan silicon, berbentuk cairan atau bahkan berbentuk aerosol.

Berbagai bahan tersebut tidak bagus digunakan untuk material jaket kulit. Baik jaket kulit asli ataupun jaket kulit sintetis. Silicon memberikan pengaruh buruk pada material kulit. Bahan kimia yang satu ini dapat dikatakan bersifat abrasif. Silicon memang mampu mengkilapkan jaket kulit, namun jika digunakan terus menerus akan membuat jaket kulit jadi semakin kaku dan keras. Apalagi jika digunakan pada jaket kulit sintetis, akibatnya jaket kulit akan lebih mudah retak dan mengelupas. Pasalnya jaket kulit sintetis lebih rentan kaku dan keras.

Gunakan lotion khusus bahan kulit yang berbahan alami. Gunakan lotion bahan kulit yang berbahan utama beeswax. Namun beeswax saja tidak cukup. Dibutuhkan berbagai natural oil lainya sehingga mampu merawat dan melindungi jaket kulit dari kerusakan. Lalu sebaiknya menggunakan merk lotion jaket kulit bahan alami apa ?

Kami merekomendasikan untuk menggunakan biopolish leather care guna merawat dan menjaga kondisi jaket kulit. Biopolish leather care terbuat dari bahan utama beeswax dan di campur dengan beberapa natural oil. Biopolish leather mampu melembutkan, melindungi dan menjaga warna jaket kulit agar tidak mudah pudar. Manfaat seperti ini sangat dibutuhkan untuk merawat dan melindungi jaket kulit guna memperpanjang usia jaket kulit yang anda miliki. Oleh karena itu jangan lupakan perawatan dengan menggunakan lotion jaket kulit dari biopolish leather care. Aplikasikan lotion jaket kulit dari biopolish setiap selesai membersihkan jaket kulit. Tahapan aplikasi ini perlu di lakukan guna mendapatkan jaket kulit yang lentur, lembut dan nyaman digunakan sehingga tahan lama.

Lalu dimanakah saya bisa membeli biopolish leather care? Biopolish saat ini dijual secara online ataupun offline. Untuk mendapatkan biopolish secara online anda dapat menghubungi customer care kami di nomor 081225784920 atau membeli langsung di akun marketplace kami berikut ini:

BUKALAPAK : https://www.bukalapak.com/biopolish

TOKOPEDIA : https://www.tokopedia.com/semirbiopolish

SHOPEE : https://shopee.co.id/shop/7299615/

LAZADA : https://www.lazada.co.id/biopolish

Namun jika anda ingin membeli secara langsung dapat menghubungi agen biopolish leather care yang tersebar di seluruh indonesia. Untuk mengetahui dimana lokasi agen resmi biopolish silahkan klik tautan di bawah ini:

Daftar Alamat Lengkap Agen Resmi Biopolish Leather Care Di Seluruh Indonesia

Artikel "Finishing Dan Perawatan Kulit"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.