Praktis! Begini Cara Merawat Jaket Kulit Domba

Punya jaket kulit masih bagus kondisinya tetapi warnanya mulai memudar?

Jika anda memiliki kegelisahan seperti ini, bisa jadi jawabanya ada pada bagaimana cara merawat jaket kulit yang selama ini anda miliki.

Cara merawat jaket kulit tidak bisa sembarangan dilakukan. Apalagi jika jaket kulit tersebut merupakan kulit hewan asli. Harganya tentu mahal. Sangat disayangkan kalau rusak begitu saja karena keteledoran sendiri.

Jaket kulit hewan asli memang terkenal dengan daya tahan bahanya yang kuat. Salah satu kulit hewan yang sering digunakan untuk membuat jaket kulit adalah bahan kulit domba.

Jaket kulit domba banyak di jual di pasaran. Namun jangan sampai salah beli. Pasalnya jenis bahan kulit ini juga paling bayak tiruanya di pasaran.

Agar tidak salah beli jaket kulit domba, berikut ini kami berikan ciri ciri khas dari bahan kulit domba. Anda bisa dengan mudah mengenalinya tanpa harus berpengalaman.

Nah selain itu kalau sudah punya jaket kulit yang asli, tentu sayang bukan kalau dibiarkan begitu saja. Silahkan baca hingga selesai agar tahu pula bagaimana cara merawat jaket kulit domba yang benar.

Kenali Ciri Ciri Jaket Kulit Domba Asli

Sebelum merawat jaket kulit, ada baiknya anda tahu dahulu seperti apa karakteristik dari bahan kulit domba yang sebenarnya. Setelah mengetahui karakteristiknya, kini anda bisa merawatnya dengan benar. Anda tahu apa yang tidak boleh dilakukan dan apa yang seharusnya dilakukan pada jaket kesayangan tersebut.

Berikut ini ciri-ciri dari jaket kulit domba yang sangat khas mungkin tidak akan di temukan pada jenis jaket kulit hewan lainya :

  • Bahankulit domba umumnya ringan dan lentur. Sehingga ketika dibuat jaket, tentunya jaket akan terasa ringan walaupun menggunakan bahan kulit asli
  • Jahitanpada jaket kulit domba lebih sediikit sambunganya. Hal ini karena kulit domba memiliki karakter yang lebih lebar dibandingkan dengan kulit kambing
  • Bahankulit domba juga tidak mengeluarkan bau yang khas. Sehingga ketika di buat jaket kulit biasanya tidak berbau apek
  • Poripori dari bahan kulit domba biasanya lebih kecil dan rapat bahkan seperti layaknya kulit manusia.
  • Bahandomba lebih lentur dan elastis sehingga nyaman di buat jaket kulit
  • Umumnyajaket kulit dari bahan domba asli lebih terang warnanya

Bahan kulit domba walaupun lentur dan ringan bahan ini sangat kuat. Sehingga tidak heran jika bahan kulit domba digunakan sebagai jaket kulit. Karena dapat memberikan proteksi dan perlindungan bagi pemakainya namun juga tetap nyaman dikenakan.

Bahan domba pada dasarnya tidak hanya di gunakan sebagai jaket. Biasanya digunakan sebagai rok, mantel bahkan celana. Karena bahan yang ringan dan kuat inilah mengapa bahan kulit domba banyak digunakan sebagai bahan kulit untuk fashion yang dikenakan manusia.

Tips Cara Merawat Jaket Kulit Domba

Sudah punya jaket kulit domba? Jangan biarkan begitu saja. Walaupaun memiliki daya tahan yang bagus, jaket bahan ini juga butuh perawatan.

Salah satu kelebihan bahan kulit domba sekaligus yang menjadi kekuranganya adalah warna dari jaket ini. Biasanya banyak menggunakan warna terang.

Warna dari jaket kulit domba yang cenderung terang membuat jaket lebih mudah memudar. Oleh karena itu, jaket kulit domba juga butuh perawatan. Terutama untuk menyemir atau menggunakan lotion. Sehingga ketajaman warna dari jaket kulit domba ini tetap terjaga.

Berikut ini kami berikan tips mudah merawat jaket kulit domba yang bisa anda lakukan sendiri di rumah:

  • Cara membersihkan dan mencuci jaket kulit domba

Jaket kulit domba layaknya jenis jaket kulit lainya tidak boleh dicuci dengan merendam di dalam air atau mencucuinya didalam mesin cuci. Selain itu, jaket kulit domba juga tidak bisa di cucui dengan menggunakan detergen.

Hal ini akan merusak tekstur jaket kulit. Bersihkan jaket kulit dengan menggunakan lap basah. Kemudian keringkan dengan menggunakan lap kain kering yang bersih.

Jangan menjemur jaket dibawah terik sinar matahari. Jika anda selesai membersihkan jaket kulit domba, sebaiknya keringkan dengan di angin anginkan atau di gantung di tempat yang sejuk dan kering.

Hal ini harus di perhatikan agar bahan kulit domba tidak mudah retak atau kaku.

  • Cara menyimpan jaket kulit domba

Jaket kulit domba sebaiknya disimpan dalam keadaan kering. Anda tidak perlu melipatnya dan meletakkan di dalam lemari kabinet.

Melipat jaket kulit hanya akan memberikan bekas lipatan yang memicu jaket mudah retak. Simpan jaket ditempat bersirkulasi udara baik dalam keadaan tergantung. Anda bisa menggunakan serap lembab ruangan atau silica gel dalam wadah penyimpanan jaket kulit agar jaket tidak mudah terserang jamur.

Pastikan tidak menggunakan plastik sebagai wadah penyimpanan jaket kulit domba dalam jangka waktu lama. Hal ini bisa memidahkan warna dari jaket kulit ke plastik penyimpanan tersebut.

  • Cara menyemir atau conditioning jaket kulit domba

Proses menyemir atau conditioning (mengaplikasikan lotion pada jaket kulit) wajib dilakukan secara berkala. Anda bisa melakukanya seminggu atau dua minggu sekali tergantung pada kondisi jaket kulit itu sendiri.

Pastikan anda menggunakan semir atau lotion yag direkomendasikan khusus untuk jaket kulit. Jangan menggunakan produk produk yang tidak di rekomendasikan.

Seperti semir sepatu untuk jaket kulit atau bahkan menggunakan hand body lotion untuk melembabkan jaket kulit. Pasalnya kuir jaket tersebut tidaklah sama dengan kulit manusia. Jaket kulit memiliki kebutuhan tersendiri.

Cara Merawat Jaket Kulit Domba Dengan Biopolish Leather Care

Cara merawat jaket kulit yang paling mudah dan gampang bisa anda lakukan sendiri dirumah adalah dengan menggunakan lotion atau semir jaket kulit berbahan alami.

Belum tahu produk mana yang harus anda gunakan? Jawabanya adalah biopolish leather care. Produk yang satu ini merupakan semir sekaligus lotion untuk perawatan dan perlindungan terhadap bahan kulit apapun jenisnya.

Tidak hanya kulit asli, kulit sintetis juga bisa diaplikasikan biopolish leather care. Biopolish leather care diracik dengan bahan bahan alami yang mampu menjaga dan merawat kondisi jaket kulit domba yang anda miliki.

Kandungan bahan utamanya mampu melembabkan, menajamkan warna serta mencegah paparan sinar matahari merusak tekstur kulit jaket. Radiasi sinar ultra violet pada jaket merupakan penyebab utama jaket kulit warnanya mudah pudar dan kaku.

Tidak ingin semua masalah itu terjadi bukan? Untuk mencegahnya anda bisa menggunakan biopolish leather care sebagai semir jaket kulit atau lotion jaket kulit.

Berikut ini cara menggunakan biopolish leather care untuk jaket kulit domba :

  1. Pastikan jaket kulit dalam keadaan bersih dan kering
  2. Siapkan peralatan yang akan digunakan, yaitu biopolish, kain lap bersih dan kering serta jaket yang akan di semir
  3. Lap jaket kulit dengan mengunakan lap kering yang bersih
  4. Oleskan biopolish leather care menggunakan kain bersih dan kering ke seluruh bagian jaket kulit
  5. Gosok searah dengan tekstur jaket kulit hingga jaket terlihat lebih gelap warnanya, lembut, lentur dan tidak lengket
  6. Ulangi pemakaian jika di perlukan

Nah mudah sekali bukan merawat jaket kulit dengan biopolish leather care? Anda tidak perlu menggunakan banyak produk, cukup sekali aplikasi akan nampak hasilnya.

Biopolish leather care lebih dari sekedar semir dan lotion jaket. Produk yang satu ini berhasil mmeproteksi dan melindungi jaket kulit. Buktikan sendiri hasilnya !.

Artikel "Finishing Dan Perawatan Kulit"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan no 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY
Indonesia
55162

+62.274.388.301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.