Fungsi Minyak Pinus atau Pine Oil, dari Rawat Kulit hingga Perabot

Fungsi minyak pinus atau pine oil bagi kehidupan manusia, bukan hanya sebagai antiseptik produk semir kayu atau polishing saja. Seiring dengan kemajuan zaman, manfaat minyak pinus mulai melebar di berbagai bidang. Berikut ini manfaat minyak pinus atau pine oil untuk berbagai bidang dalam kehidupan manusia:

Fungsi Minyak Pinus dalam Berbagai Bidang

1. Perawatan Kulit

Manfaat minyak pinus yang pertama adalah sebagai produk perawatan kulit. Kandungan minyak pinus memiliki fungsi yang sangat efektif untuk membunuh berbagai jenis bakteri dan virus. Oleh karena itu, minyak ini memang sangat baik bila dimanfaatkan untuk produk perawatan kulit. Dengan minyak ini, kulit menjadi terhindar dari berbagai jenis penyakit seperti eksim, skabies, psoriasis, hingga gatal-gatal.

2. Kosmetik

Fungsi minyak pinus berikutnya adalah sebagai komponen pembuatan kosmetik. Minyak pinus memiliki fungsi alami sebagai deodoran (penghilang bau badan). Karakternya ini banyak dimanfaatkan untuk memberikan aroma wangi pada berbagai kosmetik seperti parfum. Selain itu, minyak ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat produk perawatan rambut karena dapat membunuh kutu rambut yang bersarang.

3. Merawat Luka

Fungsi minyak pinus dalam perawatan luka dikarenakan minyak ini mampu membunuh berbagai bakteri yang berpotensi menyebabkan infeksi. Selain itu, minyak ini juga bisa membunuh virus dan secara simultan dapat mengurangi luka yang dirasakan.

4. Memperlancar Metabolisme Tubuh

Minyak pinus memiliki fungsi dalam memperlancar metabolisme. Hal ini dikarenakan minyak ini bisa menghilangkan berbagai bakteri mengganggu pada usus. Selain itu, karakternya yang diuretik juga bisa difungsikan untuk membantu memperlancar kencing sekaligus menurunkan tekanan darah.

5. Kesehatan Mata

Minyak ini memiliki sifat anti-oksidan. Sifatnya ini dapat berimbas positif untuk kesehatan mata. Beberapa gangguan pada mata seperti katarak dan masalah penglihatan lainnya akibat gangguan radikal bebas dapat diatasi dengan minyak ini.

6. Membantu Mengatasi Stres

Selain dapat menyembuhkan masalah kesehatan secara fisik, fungsi minyak pinus juga mencakup pemanfaatannya untuk menyembuhkan stress yang dengan aromanya yang menenangkan. Fungsi ini telah lama dipercaya secara turun temurun. Sayangnya, fungsi minyak pinus ini masih memerlukan pembuktian empiris lebih lanjut karena hingga hari ini tidak ada penelitian yang bisa memverifikasi hal tersebut.

7. Bahan Semir Kayu

Biopolish linseed oil

Minyak pinus digunakan sebagai antiseptik alami dalam semir kayu, Biopolish Linseed oil Penggunaan minyak ini tergolong sangat aman dan efektif. Sebab, sebagaimana yang disebut di atas, fungsi minyak pinus juga mencakup penggunaannya dalam bidang kosmetik dan obat-obatan.

Artikel "Knowledge"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.