Gunakan Biopolish Beeswax untuk Perawatan Alat Makan Kayu, Inilah Kelebihannya

Apa Itu Beeswax?

Lebah madu akan menghasilkan lilin alami dari kelenjar liurnya ketika membangun sarang. Lilin alami dari lebah madu inilah yang dinamakan beeswax. Lilin lebah atau beeswax biasanya berwarna putih, kuning atau kecokelatan. Warna ini dihasilkan dari percampuran minyak serbuk sari dan lilin di sarang lebah.

Processed with VSCO with s4 preset

Beeswax umumnya tersusun atas ester asam lemak dan berbagai senyawa alkohol rantai panjang. Beeswax memiliki berbagai aplikasi, diantaranya sebagai bahan tambahan makanan. Lilin lebah dapat dimakan, tetapi tidak memiliki nilai nutrisi yang berarti karena tidak dihidrolisis dengan sempurna di dalam saluran pencernaan manusia.

Baca Juga : Poles Furniture Biopolish Beeswax Solusi Sehat Rawat Furniture Kayu

Meskipun bisa dikonsumsi, beeswax jarang sekali digunakan untuk campuran makanan. Sebaliknya, beeswax lebih sering digunakan sebagai bahan kosmetik, farmasi, bahan membuat model patung, semir sepatu, campuran zat pewarna untuk lukisan dan ornament, pengisi lubang pada gigi, dan lilin.

Beeswax juga sering digunakan di industry cat dan pernis. Di mana beeswax memiliki banyak keunggulan yang bisa membuat furniture maupun alat makan dari kayu dan batu alam semakin terawat dengan baik. Saat ini banyak perusahaan yang sudah memproduksi poles khusus untuk furniture dan alat makan dari kayu menggunakan bahan utama beeswax.

Baca Juga : Biopolish Beeswax : Polish/Poles Perabot Kayu “Food Grade”

Apa itu Parafin Wax?

Paraffin wax adalah benda padat bertekstur lunak atau tidak berwarna dan terbuat dari minyak bumi, batu bara dan minyak serpih. Paraffin wax adalah salah satu jenis lilin, hanya saja bentuknya kubus bukan memanjang seperti lilin yang biasa kita lihat. Selain tidak berwarna, paraffin wax juga tidak berbau, tidak memiliki rasa dan mudah terbakar.

Baca Juga : Biopolish Beeswax untuk Merawat Alat Makan Berbahan Kayu

Paraffin wax digunakan di banyak industri. Misalnya di industri pertanian, paraffin wax digunakan untuk campuran pupuk kimia agar pupuk tidak mengalami penggumpalan sehingga memudahkan petani untuk menakar dosis. Juga di dunia farmasi, paraffin wax digunakan untuk melapisi tablet yang dapat melindungi permukaannya.

Beberapa industri lain yang menggunakan paraffin wax misalnya industri kecantikan, industri kertas, industri kain, industri peralatan listrik. Bahkan paraffin wax juga digunakan di industri cat dan pernis. Meskipun demikian penggunaan paraffin wax di industri cat dan pernis jarang digunakan karena memiliki banyak kekurangan.

Baca Juga : Biopolish Beeswax Produk Terbaik untuk Merawat Furniture Kayu

Kekurangan yang dimiliki paraffin wax jika digunakan sebagai campuran cat atau pernis adalah warna yang dihasilkan pada furniture pucat. Selain warna yang pucat, paraffin wax juga tidak tahan terhadap air. Sehingga furniture tetap gampang rusak meskipun sudah dilapisi. Selain itu, lapisan paraffin wax yang diaplikasikan kepada furniture gampang hilang saat tergores sehingga perlindungan tidak maksimal.

Baca Juga : Biopolish Beeswax

Kelebihan Biopolish Beeswax

Biopolish Beeswax food grade aesthetic and protective merupakan pemoles kayu alami berbahan dasar beeswax yang diformulasikan khusus sesuai dengan standard sertifikasi U.S Food and Drug Administration (U.S FDA). Aman digunakan untuk kebutuhan finishing atau perawatan barang yang mensyaratkan tingkat keamanan bahan yang tinggi seperti meja makan, perabotan dapur, peralatan makan, mainan anak, baby furniture, dll.

Fitur dan sifat yang dimiliki Biopolish Beeswax di antaranya adalah terbuat dari 100% bahan alami, memiliki sertifikat dari U.S. FDA, food grade, tidak berwarna dan tidak berbau, memiliki efek water repellant seperti daun talas, serta mampu mempertahankan warna alami kayu.

Permukaan kayu yang telah dipoles dengan Biopolish Beeswax dengan baik dan tepat, maka warna alami kayu akan lebih tajam, cerah dan mengkilat alami. Bahan Biopolish Beeswax akan meresap jauh ke dalam serat kayu. Produk ini akan menghambat proses oksidasi dan pelapukan, mempertahankan kelenturan serat kayu sehingga mengurangi resiko kayu pecah.

Pada permukaan kayu akan menampilkan efek air di daun talas (water repellent). Produk yang diaplikasikan Biopolish Beeswax dapat dicuci dan mudah dibersihkan. Fungsi lainnya, produk ini akan membantu menjaga kekeringan kayu serta menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

Selain digunakan pada alat makan berbahan kayu, Biopolish Beeswax bisa juga digunakan pada produk mainan dan furniture bayi. Baby furniture dan mainan anak biasanya terbuat dari material yang lembut dan lentur seperti busa karet, vinyl dan bahan polimer lentur lainnya. Perubahan suhu dan cuaca serta aktivitas micro-organisme memicu proses oksidasi polimer. Hal ini bisa mengakibatkan karet, vinyl serta material lembut dan lentur sehingga lambat laun menjadi kaku, retak, dan mengelupas.

Serpihan bahan polimer tersebut tentu berbahaya bagi kesehatan bayi dan anak. Untuk itu dibutuhkan perawatan untuk menjaga kebersihan, kelenturan bahan agar awet dan tidak berbahaya. Biopolish Beeswax adalah bahan terbaik untuk perawatan baby furniture, mainan dan perlengkapan bayi lainnya. Digunakan sebagai material yang berhubungan langsung dengan bayi dan anak tentu saja bahan tersebut harus aman dan memenuhi standard food grade.

Biopolish Beeswax terbuat dari bahan beeswax dan minyak nabati yang mengandung bahan anti-oxidant alami, natural plasticizer dan natural anti-septic. Tiga zat tersebut ampuh untuk menghambat proses oksidasi, menjaga fleksibilitas material serta menjaga permukaan tetap higienis.

Cara Menggunakan Biopolish Beeswax

Cara Aplikasi Biopolish Beeswax Food Grade Wood Aesthetic and protective

  1. Pastikan permukaan media yang digunakan benar-benar bersih, halus dan kering
  2. Aplikasikan tipis-tipis langsung ke permukaan media dengan menggunakan kuas atau kain kering. Biarkan Biopolish Beeswax menyerap ke dalam substrate media dalam beberapa saat (kurang lebih 10 menit)
  3. Gunakan kain bersih, kering dan lembut untuk memoles sampai benar-benar bersih, halus dan warna natural mengkilap.
  4. Lakukan secara rutin (lebih sering lebih baik) untuk menghasilkan tampilan lebih indah dan meningkatkan perlindungan pada media.

 

Khusus untuk untuk finishing alat makan atau furniture kayu, sebaiknya permukaan kayu telah diamplas sampai halus sebelum dipoles.

 

Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Jika kamu tertarik menggunakan Biopolish Beeswax, kamu bisa membelinya secara online maupun offline. Pembelian online dapat dilayani di beberapa marketplace seperti Tokopedia, https://www.biopolish.com/bio/mp-bukalapak/, dan Shopee. Sedangkan untuk pembelian offline kamu dapat menghubungi reseller-reseller terdekat atau agen-agen yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Kalau kamu tinggal di DIY dan sekitarnya, untuk membeli secara offine kamu bisa mendatangi agen Yogyakarta yang terletak di Jln. Sidikan, No 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. 55162. Adapun telepon yang bisa dihubungi adalah (0274) 4388301. Sementara nomor whatsapp adalah 081225784920.

tanya cs poli
Tanya Poli!