kenal tanda tanda bahaya burung keracunan cat sangkar burung

Cat Sangkar Burung

Memiliki sangkar burung dengan model yang cantik dan warna yang indah, namun membuat burung justru keracunan apa gunanya. Cat sangkar dari bahan pelarut solvent berpotensi tinggi membuat burung keracunan.

Bagi penggemar burung, kadangkala memiliki sangkar yang indah menjadi nilai jual tersendiri. Apalagi harga sangkar dan burung yang semakin mahal, tentu menjadi nilai tambah bagi penghobi. Namun, bagiamana jadinya kalau burung yang berada di dalam sangkar yang indah justru lemas, tidak berkicau dan paling parah justru akhirnya mati.

Keracunan burung pada banyak kasus di sebabkan oleh sangkar burung tersebut. Sumber masalahnya berada pada penggunaan cat atau proses finishing dari sangkar burung tersebut. Bau cat yang menyengat mengakibatkan burung keracunan.

Hal ini di sebabkan karena tingginya kandungan volatile organic compound atau voc pada residu cat tersebut. Menggunakan cat semacam itu, walaupun harganya lebih murah namun bahaya bagi kesehatan lebih tinggi. Menggadaikan kesehatan burung, lingkungan dan diri sendiri tentu akan memakan biaya yang lebih tinggi. Jadi bijaklah untuk memilih cat sangkar burung yang sehat dan aman.

Tanda – Tanda Burung Keracunan Cat Sangkar

Lalu seperti apakah tanda –tanda burung yang keracunan cat sangkar tidak aman tersebut ?perhatikan beberapa tanda di bawah ini, jika terjadi pada burung milik anda berarti kemungkinan besar keracunan :

  • Frekuensi kicauan burung menurun bahkan berhenti
  • Burung lemas tidak aktif bergerak
  • Burung jadi banyak minum air
  • Burung terlihat lemah dan lesu
  • Bulu burung mengembang namun kusut
  • Berat badan burung menurun
  • Umumnya megeluarkan kotoran yang terlalu encer atau tidak seperti kebiasaanya
Cat Sangkar Burung

Jika burung mengalami tanda-tanda seperti hal diatas, bisa jadi disebabkan karena disebabkan beberapa hal di bawah ini :

  • Burung mengalami gejala tersebut ketika di letakkan pada sangkar burung yang baru saja selesai di cat
  • Cat dari sangkar tersebut mengeluarkan aroma yang menyengat. Aroma tersebut menunjukan bahwa kadar voc yang tinggi sehingga beracun bagi mahluk hidup termasuk burung
  • Adanya gigitan burung pada sangkar. Hal ini dapat memberikan indikasi bahwa voc atau residu cat tertelan burung sehingga membuat burung keracunan

Solusi Cat Sangkar Aman Untuk Burung Dan Lingkungan

Jika burung peliharaan anda memiliki tanda-tanda seperti itu, sebaiknya periksa cat yang anda gunakan untuk mengecat sangkar burung tersebut. Jika menggunakan cat dengan bahan pelarut solvent, ada baiknya untuk segera mengganti sangkar burung tersebut sebagai pertolongan pertama.

Cat Sangkar Burung

Solusi terbaik untuk menghindari dan menjaga agar burung tidak keracunan cat sangakar burung adalah dengan menggunakan cat sangkar burung yang berpelarut air atau dikenal dengan cat waterbased.

Kami merekomendasikan untuk menggunakn cat sangkar burung dari biovarnish atau orchid. Anda dapat melihat detail produk dan aplikasi produk di galeri produk di hargacat.com . untuk tampilan natural anda dapat menggunakan biovarnis sebagai bahan finishing atau pengecatan. Sedangkan untuk warna-warna solid, anda dapat menggunakan orchid.

Kedua produk tersebut memiliki kandungan voc yang sangat rendah. Cat dengan pelaurt air dari biovarnis dan orchid juga tidak berbau. Tak hanya itu, biovarnish dan orchid di buat dengan standar regulasi keamanan dari uni eropa seperti REACH, US FDA dan juga di sesuaikan dengan standart TUV reinland German.

Kini anda tidak perlu lagi menggunakan cat sangkar burung yang berbahaya. Di bandingkan menggadaikan nyawa burung peliharaan anda, apa salahnya menggunakan cat yang aman untuk kesehatan burung dan lingkungan.

Artikel "Green And Healthy Issue"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.