Kenali Jenis Kulit Hewan Untuk Bahan Jaket Kulit

Tidak semua kulit hewan bisa dijadikan bahan baku pembuatan fashion seperti tas, sepatu atau bahkan jaket. Hanya kulit hewan tertentu yang bisa digunakan dan memiliki kualitas yang berbeda juga.

Bahan dasar kulit hewan mempengaruhi kualitas dan model produk fashion. Sehingga berdampak juga pada harganya. Misalnya kulit Sapi, Domba dan Babi (Eropa dan Amerika) yang umumnya digunakan untuk bahan dasar pembuatan fashion.

Pembuatan fashion berupa jaket kulit juga dari ketiga hewan itu namun memiliki tingkat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pertenyaanya, jenis kuliat apakah yang cocok untuk pembuatan jaket kulit. Mari kita simak penjelasannya.

Kelebihan Dan Kekurangan

  1. Kulit Sapi

Kulit sapi dinilai lebih bagus karena lebih tahan lama dan memiliki ketebalan teskstur ketimbang kulit hewan yang lainnya. Makanya, tidak heran jika jaket yang berbahan kulit Sapi cendung digunakan untuk mereka yang suka touring atau perjalanan menggunakan sepeda motor.

Selain tebal, karakteristik kulit Sapi juga lebih kokoh dan mempunyai ketahnan abrasi yang baik dan tahan lama. Meskipun memiliki kekuranganya diantara bahannya lebih kaku dan bobotnya berat.

Jaket yang terbuat dari kulit sapi cenderung lebih awet dan tahan lama. Biasanya, jaket kulit Sapi lebih disukai pengguna ketika touring atau melakukan aktivitas outdoor atau diluar ruangan.

Pada kulit Sapi terdapat 2 lapisan utama yaitu corium dan grain. Dalam Corium memiliki serat kolagen yang cenderung lebih tipis dan flasible. Semakin mendekati grain, seratnya makin tebal, ropat dan kuat. Ketebalan juga dipengaruhi oleh usia hewan Sapi.

Grian adalah bagian kulit sapi yang manjadi tempat tumbuhnya bulu. Karena letaknya dibagian luar berpotensi ada kecatatan karena digigit serangga atau lupa. Tapi ketika sudah diolah akan menjadi baik dan penampilannya lebih seragam mutunya.

Corium dan Grain yang tebal tersebut yang membuat kulit Sapi bobotnya menjadi berat. Pemakaiannya juga untuk penahan badan dari dingin dan dan terlihat kaku dan kokoh.

  1. Kulit Domba

Berbeda dari kulit Sapi, kulit Domba cenderung lebih halus dan lentur serta memiliki bobot ringan. Kulit Domba juga memiliki pori kulit yang lebih kecil namun memiliki ketahanan yang baik.

Dalam lapisan corium dan grainnya memiliki serat yang lebih tipis, makanya jaket yang dihasilnya lebih lembut dan ringan. Teksturnya lebih hangat dan ccok bagi kamu yang ingin menggunakan jaket kulit didalam rungan.

Jaket kulit dari Domba lebih ringan dan mudah dibentuk serta mengikuti lekukan tubuh kita. Kulit domba juga menawarkan keseimbangan yang baik antara gaya, keyamana serta kekuatan.

  1. Kulit Babi

Meskipun di Indonesia tidak lumrah jaket berbahan kulit Babi, tapi diluar negeri khususnya eropa dan amerika biasa menggunakan jaket ini. Pasalnya, untuk teksturnya memang lebih tipis, plastis namun ketahanannya kurang bagus.

Tidak direkekomendasikan untuk menggunakan jeket kulit Babi apalagi untuk jangka panjang apalagi di Indonesia yang mayoritas Islam, menjadikan kulit berbahan Babi tidak se ekesis kulit sapi dan Domba. Jaket kulit Babi dipilih karena harganya lebih murah dan sesuai dengan kualitas yang diberikan.

  1. Kulit Imitasi (Sintetis)

Kalau tidak teliti pasti kita akan terkecoh dengen bentuk Kulit Sintetis yang sekilas sama dengan kulit aslinya. Jelas kualitasnya jauh dari bahan kulit asli, hanya dipilih lebih murah buat terlihat seperti memakai jaket kulit.

Bahan baku pembuatan kulit sintetis diproses industri menggunakan bahan-bahan kimia. Umumnya, cara membatnya adalah dengan mengikatkan antara plastik dan lapisan kain.

Kualitas dan daya tahan juga merupakan hal penting untuk dipertimbangkan ketika ingin membeli jaket kulit bebahan sintetis dan kulit asli. Kulit sintetis umumnya jauh lebih tipis dari kulit asli dan jauh lebih ringan yang bagus untuk fashion karena membuatnya berpotensi lebih mudah untuk dikerjakan dan membuatnya lebih tahan lama daripada kulit asli.

Jadi, pertanyannya lebih bagus mana antara jaket berbahan kulit Sapi, Domba, Babi atau sintetis? Kemungkinan buruknya anda tidak akan membeli jaket yang berbahan imitasi dan kulit Babi, namun jika anda tidak memprioritaskan kualitas boleh memlih keduanya.

Untuk jaket kulit Sapi dan Domba, kedunya sama-sama bagus dan bisa memilihnya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda. Jika keutuhannya untuk kegiatan diluar ruangan bisa menggunakan jaket kulit sapi. Namun jika ini ingin digunakan untuk kebutuhan acara formal didalam ruangan, pilihkan jaket kulit Domba.

Tapi tenang, keduangnya sama-sama memiliki ketahanan yang bagus dan awet sehingga bisa digunakan untuk jangka panjang. Namun, kulit hewan asli juga akan rusak kulaitasnya jika dalam pemakaian sehari-harinya tidak dirawat dengan baik.

Solusinya adalah Biopolish Lether Care, merupakan semir yang bisa digunakan nntuk menjaga kualitas jaket kulit anda tetap terjaga dan awet. Mari kita kenalan dengan produk yang satu ini.

Khasiat Biopolish Lether Care

Produk ini dengan komponen-komponen didalamnya terbuat dari bahan alami yaitu beeswek atau lilin lebah. Diantara khasiat-khasiatnya adalah sebagai berikut:

  1. Melenturkan dan melembutkan kerajinan bahan kulit
  2. Melindungi dari paparan sinar matahari
  3. Mencegah permukaan pecah dan mengelupas pada kerajinan tangan kulit
  4. Membuat warna asli tetap cerah
  5. Melindungi dari percikan air
  6. Mencegah tumbuhnya jamur pada kerajinan kulit

Cara Menggunakan Biopolish Lether Care

Perhatikan langkah-langkah dibawah ini untuk penggunnag Biopolish Lethher Care:

  1. Siapkan kain lap kering atau tisu juga produk Biopolish Leather Care
  2. Bersihkan terlebih dahulu sepatu sampai benar-benar kering dan tdak ada yang menempel
  3. Oleskan produk ini secara tipis dan ratakan kebagian kulit sepatu anda
  4. Diamkan sejenak agar bahan alami produk ini menyerap dan merata
  5. Gunakan Biopolis Leather Care sesuai kebutuhan anda

Cara Mendapatkan Biopolish Leather Care

Untuk mendapatkan produk Biopolish Leather Care, anda bisa langsung mendatangi toko atau agen-agen yang tersebar di berbagai kota Indonesia. Jika domisilimu di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, bisa langsung mendatangi store point yang beralamatkan di Jl. Sidikan No. 94, Surasutan, Umbulharjo, 55162.

Kami juga tersedia di marketplace online seperti Shoppe: https://www.biopolish.com/bio/mp-shopee/ Tokopedia: https://www.biopolish.com/bio/mp-tokopedia/ Bukalapak: https://www.biopolish.com/bio/mp-bukalapak/  Jika ada yang perlu ditanyakan bisa menghubungi via WhtasApp 081225784920.