inilah daftar Manfaat Lilin Lebah, dari Percantik Diri hingga Perabot

Beragam manfaat lilin lebah dapat digunakan di berbagai bidang. Produk yang dihasilkan serangga kecil ini bukan hanya dapat membuat Anda tampil cantik, juga membuat perabot hingga tas kulit tampak seperti baru lagi.

Manfaat lilin lebah madu sangat beragam, dari bidang kosmetik hingga finishing food grade untuk alat makan.

Manfaat lilin lebah madu sangat beragam, dari bidang kosmetik hingga finishing food grade untuk alat makan.

Lilin lebah atau yang dalam Bahasa Inggris disebut beeswax adalah salah satu material yang dengan mudah dapat ditemukan di sarang lebah madu. Bahan tersebut biasa digunakan lebah untuk memperkuat struktur sarang. Namun karena sifat fisik dan kimia yang khas, juga banyak digunakan manusia.

Kandungan Persen
Monoester 35%
Hidrokarbon 14%
Diester 14%
Asam Lemak Bebas 12%
Hidroksi Poliester 8%
Hidroksi Monoester 4%
Triester 3%
Asam Ester 1%
Asam Poliester 1%
Lain-lain 6%

Dari tabel di atas, terlihat lilin lebah terdiri atas berbagai jenis senyawa terutama dari golongan ester. Stabilitasnya sendiri cukup baik dengan titik leleh pada 64,5 derajat Celcius.

5 Manfaat Lilin Lebah bagi Manusia

Berikut ini 5 manfaat lilin lebah yang ditemukan manusia:

  • Bidang Kosmetik

Sekitar 40% lilin lebah yang diperjualbelikan di seluruh dunia diperuntukkan bagi keperluan kosmetik. Beeswax untuk bidang ini adalah yang masih murni, belum terpanasi, dan tidak tercampur bahan lain seperti propolis. Harga beeswax seperti itu berkisar antara 4 hingga 10 US Dollar per kilogram. Kita sendiri dapat menjumpai beeswax dalam berbagai produk kosmetik seperti lip balm, lip gloss, hingga produk perawatan rambut.

  • Bidang Farmasi

Permintaan beeswax di bidang farmasi berada di peringkat kedua terbanyak setelah kosmetik. Sekitar 30% lilin lebah yang dikomersilkan di seluruh dunia untuk keperluan ini.

  • Pembuatan Lilin

Lilin lebah madu banyak dimanfaatkan untuk pembuatan alat penerang lilin. Berbeda dari lilin berbahan parafin, lilin dari beeswax memiliki aroma lebih harum dan tidak banyak menghasilkan asap. Jumlah beeswax yang diperuntukkan disini mencapai angka 20%.

  • Poles Kayu dan Berbagai Bahan lainnya

Biopolish® Beeswax pasta

Biopolish®  contoh poles berbagan lilin lebah.
Baca Juga:  Cerdas Membersihkan Dan Merawat Dompet kulit Pria Secara Alami

Beeswax juga dapat dimanfaatkan untuk memoles berbagai produk. Misalnya, berbagai perabot rumah seperti meja, kursi kayu, alat-alat makan, hingga tas, sepatu, dan jaket kulit yang tampil dengan tampilan natural. Beeswax akan membuat tampilan berbagai benda tampak indah dengan kilau alami. Yang mengagumkan, karena terbuat dari bahan alami, pemolesan dengan beeswax akan sangat aman bahkan saat bersentuhan dengan alat makan (food grade).

  • Lain-lain

Sisa beeswax yang dijualbelikan di seluruh dunia, biasa digunakan untuk:

    • Pewarna batik
    • Pembuatan crayon
    • Lubricants
    • Dekorasi

Demikian 5 manfaat lilin lebah yang sudah ditemukan manusia. Karena berbagai manfaat tersebut, bisnis beeswax di seluruh dunia masih menjanjikan. Data dari FAOSTATS tahun 2005 menunjukkan nilai impor beeswax masih lebih rendah dari nilai ekspornya. Permintaan lilin lebah mencapai angka 11.949 ton sedangkan yang diekspor hanya 10.336 ton. (*)

Leave a Comment

Your email address will not be published.