Mencuci Jaket Kulit dengan Mesin Cuci Bisa?

Mesin cuci dianggap sebagai musuh utama dalam mencuci jaket kulit. Sebab mesin cuci bisa merusak permukaan, tekstur, dan warna dari jaket kulit itu sendiri. Sehingga hanya jaket kulit tertentu yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci, salah satunya jaket kulit sintetis. Jenis jaket kulit sintetisnya pun tidak semuanya, tapi hanya jenis-jenis tertentu saja yang bisa kamu cek melalui label yang terpasang ketika kamu membeli. Jika kamu sudah memastikan jaket tersebut bisa ditangani nodanya, kamu juga mesti berhati-hati agar prosesi mencuci jaket kulit dengan mesin cuci tak menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan.

Memang harus diakui jika mencuci jaket kulit dengan mesin cuci memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan. Pertama, kamu tak perlu capek-capek untuk mengucek jaket tersebut, yang ketika terkena air volumenya lebih berat daripada biasanya. Kedua, mencuci menggunakan mesin cuci bisa dilakukan dengan massal atau dalam jumlah banyak sekaligus. Ini bisa menjadi alternatif jika jaket kulit sintetis yang kamu miliki berjumlah lebih dari satu. Ketiga, waktu yang diperlukan lebih cepat dan efisien hingga tahap pengeringannya.

Mencuci jaket dengan mesin cuci di satu sisi memang gampang-gampang susah. Untuk melakukannya, terlebih dahulu pastikan kamu tepat mengoperasikan mesin cuci berdasarkan buku petunjuk. Jika kamu merasa masih kesulitan menggunakan mesin cuci secara baik dan benar, akan lebih baik jika jaket kulit kamu serahkan pembersihannya pada profesional. Perhatikan jenis tabung macam apa yang dimiliki oleh mesin cucimu, apakah semi-otomatis atau full otomatis. Jika mesin cucimu otomatis, bisa mempermudah proses pencuciannya.

Jaket kulit ini memang merupakan jenis pakaian yang mesti kamu jaga kebersihannya dengan merawatnya secara benar dan baik. Terlebih jiika frekuensi kamu menggunakan jaket berlangsung setiap hari, maka akan lebih cepat kotor dan harus sering dibersihkan hingga dicuci. Cara yang paling cepat untuk membersihkannya dengan mencuci jaket kulit dengan mesin cuci. Penangannya tentu berbeda ya.

Langkah-Langkah Mencuci Jaket Kulit Sintetis dengan Mesin Cuci

Sebagian besar mesin cuci memiliki sejumlah pengaturan yang berbeda-beda. Pastikan filter dan tempat deterjen dan saringan berfungsi dengan normal sehingga fungsi mesin cuci dapat berjalan dengan baik. Setelah kamu telah memastikannya, berikut cara mencuci jaket kulit dengan mesin cuci, eh, pastikan dulu jaket kulitmu mendapat izin dari pabrik untuk dicuci dengan mesin cuci ya (lihat label):

  1. Sebelum kamu mencuci jaket kulit ke dalam mesin cuci, lakukanlah pembersihan terlebih dahulu pada spot-spot khusus yang mengotori jaket menggunakan lap. Kamu juga bisa mengenyahkan noda dengan bahan-bahan tertentu yang alami seperti alkohol isoprofil, cuka, baking soda, dan lain-lainnya.
  2. Baliklah jaket kulit tersebut agar aman permukaannya. Perlindungan kedua, masukkan jaket kulit yang telah dibali ke dalam sarung bantal kemudian diikat kedua ujungnya. Ini merupakan tahap perlindungan ganda agar jaket kulit tak menyentuh langsung pada mesin cuci.
  3. Isikan mesin cuci dengan air jika jenis mesin cuci yang kamu miliki berjenis manual. Namun jika jenisnya semi-otomatis, kamu bisa langsung mengisinya dengan air secara otomatis.
  4. Masukkanlah sabun khusus yang memiliki formulasi lembut untuk jaket kulit. Misalnya kamu bisa menggunakan sampo bayi atau jenis deterjen lain yang ramah bagi produk pakaian berbahan kulit.
  5. Atur dalam pengaturan mesin cuci dengan kecepatan yang rendah sehingga jaket kulit tidak terlalu mengalami gesekan yang besar. Tunggu hingga proses pencucian selesai.
  6. Setelah prosesnya selesai, lakukanlah tahap pembilasan dengan air bersih.
  7. Untuk pengeringan lebih aman, lakukanlah secara manual tidak melalui pengaturan pengeringan yang ada dalam mesin cuci. Keluargkan jaket dari dalam sarung bantal, dan jemur dengan benar. Angin-anginkan hingga keringnya optimal.

Jaga Jaket Kulit dari Hal-Hal Ini

  • Hujan

Tahukah kamu jika salah satu musuh utama dari jaket kulit adalah hujan. Yap, hujan bisa membuat jaket kulitmu jadi lembap sehingga merusak permukaannya. Sehingga ketika musim hujan tiba dan kamu nekat memakai jaket kulit, hindarilah hujan dengan tidak sering berada di luar ruangan. Namun ketika kamu sudah terlanjur hujan-hujanan, segeralah untuk melakukan pengelapan secukupnya. Jangan malah dibiarkan atau ditumpuk dengan baju lain sehingga tambah lembap dan menimbulkan jamur. Jaket kulit yang basah terkena hujan wajib kamu keringkan dulu, kalau perlu mencuci jaket kulit dengan mesin cuci sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya bisa kamu lakukan jika tak pengen repot.

  • Parfum

Selain sensitif dengan air hujan, jaket kulit juga sensitive dengan bahan kimia salah satunya parfum. Bahan kimia bisa merusak permukaan jaket kulit. Sebab itu, langkah untuk perawatannya adalah dengan cara menghindarkan jaket tersebut dari bahan-bahan kimia seperti minyak wangi. Jika kamu ngotot untuk memakai parfum, semprotkan pada bagian dalam yang sekiranya tak secara langsung bersinggungan dengan permukaan kulit.

  • Lipatan

Masalah lain yang bisa timbul dalam perawatan jaket kulit yakni dengan timbulnya lipatan. Hal ini bisa dikarenakan oleh beberapa faktor. Semisal cara penyimpanannya yang tidak benar dengan cara dilipat dan tidak digantung; atau sudah digantung tapi gantungan baju menekan bagian tertentu sehingga membuat jaket jadi terlipat. Faktor lain karena kebiasaan pemakai yang kadang memang suka melipat jaketnya terutama di area lengan.

Jaket yang terlipat akan terlihat kusut, karena efek dari sering tertekuk atau tertarik. Untuk mengatasi lipatan yang muncul pada jaket kulit, kamu bisa menggunakan kondisioner atau lotion yang bisa membuat lipatan tersebut jadi lentur dan kembali seperti semula. Salah satu produk kondisioner yang bisa kamu gunakan adalah Biopolish Leather Care.

Cara pengaplikasian Biopolish Leather Care juga mudah kok. Caranya, gosokanlah Biopolish Leather Care ke bagian jaket kulit yang terlipat-lipat dan mengkerut secara merata dengan lembut dan hati-hati. Gosokan menggunakan kain secara berulang  hingga lipatan tersamarkan dan lipatannya menjadi berkurang. Selain menghilangkan lipatan, Biopolish Leather Care juga menjaga kelembutan jaket kulit kesayanganmu. Jadwalkanlah pengolesan secara rutin semisal satu bulan sekali, diamkan selama kurang lebih satu jam, bersihkan kembali menggunakan lap, dan keringkan. Selain Biopolish Leather Care bisa digunakan untuk perawatan rutin, juga berguna untuk membuat jaket kulit lebih lembut.

Selain itu, Biopolish Leather Care bisa menjadi solusi bagi jaket kulit yang berwarna kusam. Kusam bisa diakibatkan karena paparan sinar matahari yang terlalu lama atau karena terlalu lama digunakan hingga bertahun-tahun (masalah usia), hingga kusam karena terkena noda atau bekas noda tertentu. Nah, kandungan alami Biopolish Leather Care yang mengandung beeswax sangat ampuh mengatasi masalah kusam ini.

Itulah tahap-tahap mencuci jaket kulit dengan mesin cuci sekaligus hal-hal yang harus kamu hindari agar jaket kulit jadi terawat dan awet. Jaga kebersihan jaket kulit secara rutin dan pro-aktif ya!

Kamu bisa mendapatkan Biopolish Leather Care di Shopee, https://www.biopolish.com/bio/mp-bukalapak/, https://www.biopolish.com/bio/mp-tokopedia/, dan BliBli!