beeswax dibanding parafin wax

Mengenal Wax Kayu Bahan Alami yang Aman Dan Ramah Lingkungan

Wax kayu atau poles atau polish kayu merupakan salah satu dari berbagai alternative varian finishing kayu. wax merupakan bahasa inggris yang artinya lilin. Sesuai dengan namanya varian finishing yang satu ini memanfaatkan lilin sebagai bahan utamanya. Sehingga dilihat dari bahanya tentu akan berbeda dengan berbagai jenis finishing lainya. Finishing dengan wax kayu atau lilin ini umumnya ada dua jenis yaitu finishing dengan wax kayu dari lilin malam dan wax kayu bahan alami dari beeswax atau lilin lebah.

Baca Juga : cara membuat kayu mengkilap dengan bahan alami

biopolish beeswax

Wax kayu bahan alami dari lilin lebah ini memiliki banyak keunggulan. Diantaranya adalah menghasilkan tampilan yang benar benar alami atau natural look tanpa bau ataupun warna glossy. Aplikasinya sangat mudah tinggal di gosok dengan sikat atau kain, memiliki sifat tahan terhadap air karena sifatnya yang water reppelant, bahan wax kayu alami dari beeswax atau lilin lebah bersifat food grade sehingga aman digunakan untuk berbagai furniture yang bersinggungan dengan makanan. Selain itu kelebihan lainya adalah mampu membuat warna kayu menjadi lebih cerah.

Wax kayu bahan alami memiliki berbagai kelebihan yang kadang di beberapa kasus justru malah tidak disukai. Penyebab tidak disukainya karena memang tidak sesuai dengan kebutuhanya. Misalnya yang memiliki kebutuhan hasil finishing glossy maka menggunakan wax kayu ini tidak cocok digunakan. Selain itu pada dasarnya produk ini lebih optimal jika digunakan sebagai perawatan kayu sehingga harus sering diaplikasikan secara berkala. Missal setiap sebulan dua kali agar tampilan furniture kayu tetap terjaga.

Jenis Wax Kayu Bahan Alami Yang Aman Dan Ramah Lingkungan

Merek wax kayu bahan alami yang terbaik dan populer di Indonesia adalah biopolish. Jenis wax kayu dari biopolish sendiri dibagi menjadi dua yaitu biopolish beeswax dan biopolish linseed oil. kedua jenis wax ini menggunakan bahan dasar yaitu beeswax atau lilin lebah. Namun kedua produk ini memiliki spesifikasi yang berbeda.

wax kayu bahan alami

Wax kayu bahan alami dari biopolish beeswax memiliki fungsi utama sebagai perawatan kayu atau furniture yang bersentuhan langsung dengan makanan, anak anak dan bayi. Biopolish beeswax bersifat food grade sehingga aman untuk kesehatan dan ketika bersinggungan dengan makanan. Biopolish beeswax di formulasikan dengan beeswax atau lilin lebah dan natural oil. bahan yang digunakan sama sekali tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sehingga sangat tepat untuk finishing furniture yang bersifat food grade.

Jenis wax kayu bahan alami kedua dari biopolish adalah biopolish linseed oil. produk ini pada dasarnya juga digunakan untu perawatan berbagai jenis furniture kayu yang diletakkan diluar ruangan. Biopolish linseed oil diperkaya dengan kandungan minyak linseed dan juga pine oil. kedua campuran formulasi ini membuat biopolish mampu menjaga berbagai furntiur dari luar ruangan dari berbagai paparan yang merusak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tanya cs poli
Tanya Poli!