Tips Dari Ahli Bagaimana Merawat Furniture Kayu Jadi Tampak Menarik

185

Furniture kayu merupakan perabot yang hampir selalu ditemukan di hunian dimana saja. Furniture kayu beragam model dan jenis mulai dari furniture antik, gya modern, gaya minimalis dapat kita jumpai di berbagai rumah. Mulai dari ruang tamu, kamar tidur hingga dapur. Berbagai macam furniture kayu yang ada di rumah ini bukan berarti tidak membutuhkan perawatan. Furniture kayu membutuhkan perawatan furniture kayu dilakukan untuk menjaga agar penampilan furniture kayu yang menghiasi hunian anda tetap tampil cantik menarik.

Mungkin sebagian besar orang meyakini bahwa membersihkan furniture kayu hanya perlu dilakukan sesekali. Padahal keyakinan seperti ini jauh sekali dari kebenaran. Furniture kayu sangat rentan terhadap perubahan kondisi kelembapan ruangan, suhu bahkan paparan cahaya. Apalagi kayu-kayu yang saat ini banyak beredar di pasaran biasanya kayu kayu yang masih muda. Sehingga sangat rentan akan perubahan cuaca karena bisa memuai atau bahkan berjamur. Hal ini mungkin berbeda jika kita membeli furnitur kayu jati tua yang mahal dan antik. Furnitur semacam itu sudah terbukti berusia bertahun tahun lamanya.

Furniture kayu membutuhkan perawatan yang berhati hati dan tepat. Tidak hanya dibersihkan namun juga memastikan bahwa tampilan furniture kayu tampak lebih menawan serta memiliki jangka waktu usia yang lebih lama. Kami menawarkan cara yang paling mudah, praktis dan profesional dari ahli perawatan furniture kayu. Cara ini bahkan dapat  dilakukan siapa saja tanpa membutuhkan bantuan teknis dari tenaga teknisi.

Berikut ini merupakan tips dari ahli perawatan furniture kayu mengenai apa saja yang harus anda lakukan guna merawat furniture kayu dengan baik :

CS Biopolish

  • Jangan Gunakan Produk Pembersih Sembarangan Apalagi Yang Mengandung Bahan Amonia

Jangan gunakan produk pembersih yang sembarangan. Apalagi menggunakan bahan kimia berbahaya layaknya amonia. Pembersih furniture yang terlalu kuat justru akan merusak lapisan permukaan dari furniture tersebut. Jangan gunakan pembersih furniture kayu dengan bahan kima sembarang. Harga memang tidak bisa menjamin kualitas, namun pastikan bahwa anda menggunakan produk pembersih berbahan alami. Jika anda ingin menggunakan detergen, sebaiknya gunakan detergen ringan yang tidak banyak busa serta baunya tidak menyengat. Sabun pencuci piring dapat digunakan untuk membersihkan furniture kayu.

  • Kenali Jenis Kayu Dan Finishing Dari Furniture Tersebut Sebelum Membersihkanya

Furniture kayu hadir dalam berbagai macam konfigurasi, model, serta jenis finishing yang digunakan. Sangat penting untuk mengetahui jenis finishing serta material kayu yang digunakan untuk furniture tersebut. Hal ini bertujuan agar tidak salah dalam melakukan treatmen baik untuk perawatan ataupun cara membersihkanya. Misalnya furniture antik tentu akan membutuhkan perawatan yang khusus dibandingkan furniture kayu dengan finishing solid.

  • Jauhkan Furniture Kayu Dari Paparan Sinar Matahari

Menjauhkan furniture kayu dari paparan sinar matahari merupakan aturan umum yang wajib dipatuhi untuk merawat furniture. Sinar matahari tidak terlalu bagus untuk funriutr kayu. Hal ini akan berefek pada finishing yang diberikan pada funiture kayu itu sendiri ataupun pada material kayunya. Kayu muda yang digunakan untuk bahan mebel jika terpapar sinar matahri terus menerus bisa membengkok atau bahkan mudah patah.

  • Perhatikan Suhu Dan Kelembapan Ruangan

Memperhatikan kondisi suhu lingkungan dan kelembapan ruangan penting untuk menjaga furniture kayu. Furniture kayu rawan memuai dan juga mneyerap kelembapan yang membuat kayu mudah retak atau berjamur. Dalam kondisi yang ekstrem tentu dapat mempercepat proses pelapukan kayu.

  • Lakukan Refinishing Minimal Dua Tahun Sekali Jika Dibutuhkan

Untuk refinishing atau finishing ulang sebaiknya dilakukan oleh yang ahli. Pasalnya hal ini dilakukan untuk menyempurnakan kondisi furniture yang sudah tidak maksimal. Dua tahun adlaah usia yang cukup minimal untuk melakukan re finishing. Tapi anda bisa tidak melakukan hal ini jika anda merawat furniture dengan benar.

  • Lakukan Trik Trik Sederhana Untuk Menjaga Penampilan Furniture Kayu

Trik sederhana seperti memberikan tatakan gelas ataupun alas pada meja makan, akan mengurangi kontaminasi kotoran. Selain itu misal memberi alas padda kursi kayu seperti bantal duduk juga memberikan kontribusi yang cukup signifikan dan membuat furniture tampak elegan. Hal hal kecil seperti itu perlu dilakukan guna menjaga agar furniture kayu tidak mudah tergores.

  • Jangan Lupa Gunakan Semir Furniture Kayu Atau Furniture Polish Secara Berkala

Menggunakan semir furnitur kayu perlu dilakukan untuk menjaga tampilan agar senantiasa menawan. Apalagi jika funiruture kayu tersebut tidak di finishing atau tampak natural. Hal ini akan membuat furniture kayu jadi selalu tampak menwan. Lakukan perawatan dengan furniture polish secara berkala minimal dua minggu seklai untuk menjaga tampilan dari furniture.

Rekomendasi Furniture Polish Terbaik Untuk Perawatan Furniture Kayu

Menggunakan furniture polish atau semir furniture dapat dilakukan secara berkala, guna menjaga tampilan furniture kayu. Namun mungkin anda bingung memilih furniture polish yang mana memiliki kemampaun untuk merawat dan menjaga furniture kayu dengan baik. Tidak perlu bingung lagi, karena kami memberikan rekomendasi furniture polish atau semir furniture kayu terbaik untuk anda. Berikut ini ada 2 jenis furniture polish yang kami rekomendasikan sesuai dengan fungsi furniture yang ada.

  1. Biopolish linseed oil

Biopolish linseed oil merupakan furniture polish yang di gunkan untuk menjaga dan melindungi furniture kayu baik indoor ataupun outdoor. Seperti meja, kursi, jendela, bahkan lantai kayu. Biopolish linseed oil berbentuk cream padat. Produk yang satu ini direkomendasikan karena terbuat dari 100 % bahan alami dari beeswax, linseed oil dan berbagai natural oil lainya. Produk yang satu ini memiliki kelebihan karena dapat digunakan untuk berbagai macam furniture kayu. Fungsi utama dari biopolish linseed oil sendiri meliputi, menajamkan warna furniture yang memudar, menjaga dari percikan air, memberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari sehingga tidak mudah retak dan rusak.

Biopolish linseed oil baik digunakan untuk furniture kayu yang tidak di finishing ataupun telah di finishing. Untuk furniture kayu yang telah di finishing biopolish memberikan proteksi agar lapisn film tidak mudah retak ataupun hilang. Sedangkan untuk furniture kayu yang tidak di finishing atau un finish, biopolish mampu memberikan proteksi terhadap percikan air dan mampu menguatkan warna alami dari furniture kayu tersebut.

  1. Biopolish beeswax

Biopolish beeswax merupakan satu-satunya furniture polish atau semir furniture kayu yang bersifat food grade dan food save sehingga aman di gunakan untuk perabot kayu yang bersentuhan langsung dengan makanan. Biopolish beeswax tidak berbau dan berasa dan 100 % di formulasikan dengan bahan alami. Bahan bahan ini membuat perlindungan terhadap furniture kayu semacam talenan, piring kayu, angkok, sendok bahkan untuk furniture kayu pada anak-anak dan bayi.

Biopolish beeswax di formulasikan khusus sehingga aman digunakan untuk furniture kayu yang bersentuhan langsung dengan makanan atau anak anak dan bayi. Biopolish beeswax memberikan perlindungan terhadap percikan air, memberikan proteksi pada ketajaman warna dan menguatkan warna alami furniture. Tak hanya itu biopolish beewax juga menjaga higienitas dari furniture kayu tersebut.

Kini anda tidak perlu bingung bagaimana merawat furniture kayu yang ada di rumah. Biopolish memberikan solusi yang lengkap sesuai jenis furniture kayu yang ada dihunian anda. Baik untuk funirutre di ruang dapur, ruang makan, kamar tidur, hingga untuk anak-anak dan bayi. Nah, tunggu apa lagi, jangan biarkan furnitur kayu tampak kusam baru dirawat. Menggunakan perawatan furnitur kayu secara teratur akan memberikan efek jangka panjang untuk koleksi funritur di hunian anda.

CS Biopolish