Punya Sofa Kulit? Yuk Dirawat dengan Biopolish Leather Care

Tahukah kamu kalau sofa juga ada yang terbuat dari kulit? Nah, sofa dari kulit ini tentu memerlukan perawatan khusus yang berbeda dari sofa biasa. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki sofa yang terbuat dari kulit, simak artikel berikut untuk panduan merawatnya.

 

Mengapa Memilih Sofa Kulit

Banyak orang yang lebih memilih menggunakan sofa kulit dibandingkan menggunakan sofa kain atau fabric. Sofa kulit memiliki beberapa kelebihan yang menarik minat banyak orang untuk menggunakannya.

Alasan utama memilih sofa kulit adalah daya tahan. Kita tahu bahan dari kulit terkenal dengan keawetannya yang lama. Dengan daya tahan yang lama ini kita bisa menghemat pengeluaran karena sofa kita tidak perlu berganti-ganti.

Sofa kulit juga mudah untuk dibersihkan. Untuk debu yang menempel cukup menggunakan kain lap lembut. Sedangkan jika ada noda yang sedikit membandel seperti tumpahan makanan atau minuman, tambahkan sedikit bahan pembersih kulit pada lap kemudian gosok noda.

Tingkat kenyamanan juga sangat penting. Pada sofa kulit kenyamanan muncul dari bahan kulit yang sifatnya lentur dan elastis. Sehingga nyaman untuk digunakan saat duduk.

Baca juga : Cara Praktis Merawat Sofa Kulit Dengan Biopolish Leather Care

Beberapa Kerusakan yang Muncul pada Sofa Kulit

Semakin lama digunakan, tentu akan semakin berkurang kualitas sofa kita. Banyak faktor yang bisa membuat sofa kehilangan kualitasnya. Di bawah ini adalah beberapa kerusakan yang umum terjadi pada sofa kulit:

  1. Noda

Noda adalah masalah paling umum yang terjadi pada sofa. Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan noda, misalnya debu, tumpahan makanan atau minuman, bekas benda-benda berwarna yang lengket, dan sebagainya.

Jika menemukan hal-hal tersebut di sofa kulit, kamu harus segera membersihkannya. Jika tidak, noda tersebut akan semakin lama semakin menebal sehingga sulit disingkirkan. Akibatnya, tampilan sofa menjadi tidak sempurna lagi.

Jika kamu ingin menghindari terlihatnya noda di sofa, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih warna yang cenderung gelap. Strategi ini akan sedikit menyembunyikan noda yang melekat di sofa tersebut.

  1. Warna memudar
Baca Juga:  Kenali Merk Lotion untuk Jaket Kulit Bahan Alami Terbaik di Indonesia

Sofa yang sudah lama digunakan tentu saja akan mengalami perubahan warna. Meskipun tidak mengganggu fungsi sofa, artinya sofa tetap bisa digunakan dengan baik, akan tetapi jika warnanya pudar maka tampilannya menjadi tidak enak dilihat.

Selama ini diketahui ada beberapa hal yang menyebabkan perubahan warna pada sofa. Pertama, karena usia sofa yang sudah cukup lama. Kedua, penempatan sofa yang diletakan di tempat yang sering terpapar sinar matahari. Ketiga, karena kamu membersihkan sofa dengan bahan-bahan yang tidak ditujukan untuk membersihkan sofa.

  1. Pecah dan mengelupas

Seperti halnya masalah yang sering muncul pada sepatu kulit dan jaket kulit, permukaan yang pecah-pecah dan mengelupas juga terjadi pada sofa kulit. Kondisi ini tentu membuat sofa menjadi terlihat tidak bagus.

Selain terjadi karena paparan sinar matahari, permukaan yang pecah dan mengelupas hal ini bisa juga terjadi karena kesalahan dalam proses produksi. Produsen sofa tidak membuat kulit sofa dari bahan yang mudah tertarik sehingga furniture ini mudah pecah dan mengelupas ketika digunakan untuk duduk.

  1. Berjamur

Jamur adalah salah satu musuh utama bahan kulit, termasuk juga sofa kulit. Apalagi jika rumah kamu terletak di daerah yang lembap dan curah hujan yang tinggi. Kondisi ini akan menyuburkan kehadiran jamur di bagian dalam maupun permukaan luar sofa. Untuk mengatasinya, tempatkanlah sofa sebisa mungkin di area yang cukup hangat, tetapi jangan di bawah sinar matahari langsung.

  1. Berbau

Ada kalanya dalam kondisi tertentu sofa mengeluarkan bau yang tidak sedap. Saat sofa kulit kamu mengeluarkan bau tidak sedap, kamu pasti akan merasa terganggu. Penyebab bau tidak sedap biasanya adalah keberadaan jamur atau bertambahnya kelembapan pada sofa.

  1. Berkutu

Sofa merupakan salah satu tempat favorit bagi kutu untuk berkembang biak. Kamu tentu tidak suka jika sofa yang kamu duduki menjadi sarang kutu. Oleh karena itu, segeralah membersihkannya supaya tidak menyebabkan gangguan kesehaatan yang lebih parah.

  1. Robek

Selain pecah dan terkelupas, permukaan sofa kulit juga dapat mengalami robek. Sofa yang sudah robek tentu sudah tidak layak untuk digunakan. karena akan membuattamu merasa nyaman.

Baca Juga:  Begini Cara Mengembalikan Jaket Kulit yang Kaku Jadi Lentur Lagi

Menjahit bagian yang robek tersebut bisa saja dilakukan.

Namun, bekas jahitannya bisa saja membuat sofa terlihat kurang bagus. Solusi permanen yang bisa kamu lakukan adalah mengganti lembar penutup sofa dengan yang baru.

  1. Kempes

Masalah lain yang sering ditemukan pada sofa kulit adalah sofa menjadi kempes. Sofa yang sudah digunakan sekian lama dapat membuat bagian dudukannya menjadi kempes. Duduk di sofa yang kempes tentu kurang menyenangkan dan mengganggu kenyamanan.

Baca juga : Begini Cara Cerdas Memilih Sofa Kulit Asli Untuk Rumah Minimalis

Cara Merawat Sofa Kulit

Jika kamu termasuk orang yang memutuskan untuk menggunakan sofa kulit sebagai bagian dari interior rumah kamu, maka perlu ada cara-cara khusus dalam merawatnya. Merawat sofa kulit tidak bisa sembarangan. Karena bahan kulit apalagi kulit asli memiliki kualitas bagus yang harus dirawat secara khusus.

Begini cara-cara merawat sofa kulit:

  1. Membersihkan dengan cairan khusus

Jika sofa kamu sudah terlanjur terkena noda, segeralah membersihkan noda tersebut dengan kain basah. Usahakan supaya noda tidak terlalu lama mengotori sofa dan menyerap ke bagian dalam bahan sofa. Bila ini terjadi, kamu pasti akan semakin sulit membersihkannya.

Untuk mengatasi noda di sofa yang terlanjur membandel kamu bisa membersihkannya dengan telaten setiap hari. Jika perlu, gunakanlah cairan pembersih yang khusus digunakan untuk sofa. Jangan lupa, bersihkan sofa dengan hati-hati supaya tidak merusak permukaan kulit sofa tersebut.

Selain noda, jamur yang tumbuh di sofa perlu dibersihkan. Untuk membersihkan jamur, kamu bisa menggunakan alat dan pembersih khusus yang tidak memiliki efek samping terhadap sofa. Dengan demikian, furnitur kesayangan kamu ini akan terhindar dari masalah jamur.

  1. Menempatkan sofa di tempat strategis

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengubah posisi sofa sehingga lebih terlindung dari sinar matahari langsung. Untuk membersihkan sofa pun kamu harus lebih berhati-hati lagi. Pastikan bahan dan alat pembersih yang kamu gunakan tidak merusak permukaan sofa.

  1. Menghilangkan bau
Baca Juga:  Jaket Kulit Semakin Awet Dengan Semir Serbaguna Biopolish Leather Care

Kamu juga bisa menggunakan akar wangi, bubuk kopi, baking soda, atau cuka untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut. Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan yang berisi larutan baking soda atau cuka pada sofa, menaburkan bubuk kopi, dan meletakkan akar wangi pada area sofa tersebut. Setelah itu, jangan lupa membersihkannya dengan alat penyedot debu.

Selain itu, cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau pada sofa adalah rajin membersihkan sofa, terutama permukaannya. Gunakanlah sabun mandi bayi supaya tidak sensitif terhadap kulit sofa. Untuk menyikatnya, pakailah sikat halus yang tidak merusak permukaan sofa yang terbuat dari kulit

Baca juga : Pelembab Sofa Kulit Biopolish Leather Care untuk sofa kulit terbaik

Biopolish Leather Care untuk Perawatan Sarung Jok Kulit

Kegunaan Biopolish Leather Care untuk merawat kerajinan bahan kulit atau leather goods, termasuk di antaranya adalah sofa kulit.

Biopolish Leather Care banyak keunggulan, di antaranya mampu menguatkan dan menajamkan warna alami bahan kulit, melembutkan, melenturkan, dan mencegah paparan sinar matahari merusak tekstur bahan kulit dan juga membersihkan bahan kulit.

Untuk menggunakan Biopolish Leather Care sebagai pembersih sofa kulit kamu, lakukan langkah berikut:

  1. Bersihkan terlebih dahulu permukaan sofa kulit dari debu dan kotoran yang masih menempel
  2. Siapkan kain lap lembut dan sikat lembut
  3. Oleskan Biopolish Leather Care menggunakan lap lembut pada permukaan sofa secara tipis dan merata
  4. Diamkan beberapa saat agar bahan alaminya meresap ke dalam bahan kulit sofa
  5. Gosok dengan sikat lembut hingga terlihat bersih, lembut, dan tidak lengket

Untuk mendapatkan produk Biopolish Leather Care kamu bisa menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.