Rawat Kitchenette Kayu dengan Poles untuk Kayu Foodgrade Biopolish

Kitchennette menjadi furniture yang hampir semua hunian menggunakannya. Kitchenette pada umumnya terdiri dari rak atau lemari yang bertujuan untuk meletakkan berbagai bumbu dapur, peralatan dapur maupun makanan kering. Furniture dapur ini pada umumnya tidak menggunakan material kayu solid mengingat bahan baku tersebut sangat mudah terserang jamur dan serangga. Hal ini dikarenakan dapur merupakan tempat yang sangat rentan terhadap air atau cairan lainnya sehingga memungkinkan material tersebut menjadi lembab. Jika hal tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka sangat memungkinkan furniture dapur yang terbuat dari kayu tersebut sangat mudah berjamur.

Belum banyak kasus yang terjadi pada kitchen set yang menggunakan baha baku kayu solid menjadi berjamur atau terserang serangga. Namun, jamur atau serangga akan muncul disaat keadaan kayu tersebut benar-benar lembab dan tidak dirawat dengan baik. Alhasil, kitchen set akan mudah berdebu, meninggalkan noda membandel dan parahnya adalah noda basah yang tidak segera dibersihkan didiamkan begitu saja yang nantinya membuat bercak jamur pada furniture tersebut. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk selalu merawat furniture dapur Anda secara rutin terlebih area dapur merupakan area yang sangat lembab karena selalu bersentuhan dengan air, cairan lain dan berbagai bumbu atau makanan yang menyebabkan bau.

suasana dapur

Bau yang timbul dan molekul air di udara yang semakin meningkat ini lah yang menjadi faktor kelembaban udara di dapur semakin tinggi. Udara yang lembab tersebut menjadi pemicu munculnya jamur dan serangga perusak yang kapan saja menyerang furniture dan bahkan tidak hanya furniture melainkan juga bahan-bahan dapur seperti bumbu, makanan yang disimpan dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sangat disarankan dapur memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup sehingga bisa meminimalisir molekul air di udara.

Baca Juga:  Agar Tidak Bingung Apa Itu Biopolish? Baca Artikel Ini Hingga Selesai

Perawatan Kitchenette Agar Tidak Mudah Berjamur

Hal yang sering diabaikan oleh sebagian masyarakat adalah membersihkan ruangan dapur. Mungkin hanya dibersihkan ala kadarnya saja agar tidak terlihat kotor namun nyatanya banyak hal yang perlu diperhatikan. Sebab, membersihkan debu pada lantai, dinding dapur maupun peralata dapur tidak lah cukup namun juga perlu memperhatikan kondisi dapur rumah Anda.

Sering orang mengabaikan bahwa dapur tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup sehingga wajar saja jika bau menyengat kadang kala muncul, selain itu pencahayaan yang kurang akan menahan bau tersebut terus di sekitar dapur. Alhasil, bau yang tidak sedap kerap muncul dan tidak bisa dikendalikan. Langkah yang cukup efektif pada umumnya adalah dengan membuka jendela.

poles kayu food grade

Sedangkan ruang dapur yang tertutup dan banyak diterapkan pada hunian minimalis maka sebaiknya menaruh kipas angin yang tertempel di dinding. Hal ini juga efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap akibat percampuran dari berbagai bau yakni bumbu, masakan, sampah maupun udara yang lembab.

Setelah mengetahui beberapa hal diatas maka langkah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah perawatan furniture dapur atau kitchenette tersebut. Tidak banyak orang yang mengetahui cara yang tepat merawat furniture atau perabotan dapur, akibatnya perabotan atau furniture yang terbuat dari bahan baku alam seperti bambu, kayu atau yang lainnya tetap rusak.

Definisi rusak disini bukanlah furniture atau perabotan tersebut karena patah, pecah atau yang lainnya melainkan akibat jamur dan serangga terutama serangga bubuk yang sering menyerang sekitar dapur. Agar tidak mudah terserang jamur maupun serangga, berikut cara perawatan kitchenette yang bisa Anda lakukan di rumah.

4 Langkah Merawat Kitchenette Kayu Di Rumah Dengan Mudah

kitchen ware

  1. Bersihkan debu menggunakan kemoceng atau kain kering dan apabila terdapat noda yang membandel sebaiknya jangan dicuci menggunakan air namun cukup dengan sedikit air kemudian usap menggunaka lap kering. Apabila Anda membersihkannya dengan lap basah, justru jamur akan mudah tumbuh.
  2. Pastikan untuk selalu menaruh barang-barang sesuai dengan tempatnya dan alangkah baiknya jauhkan prabotan kayu dari tempat yang rawan basah seperti tempat cuci piring.
  3. Selalu buka pintu atau jendela dapur untuk agar kelembaban udara dalam ruangan dapur bisa berkurang dengan demikian keadaan kitchenette yang terbuat dari serat alam tetap terjaga.
  4. Aplikasikan poles untuk kayu setiap dua minggu sekali menggunakan kain kering. Perlu diingat bahawa tidak semua poles kayu bisa digunakan untuk furniture atau perabotan yang bersentuhan dengan makanan. Ada baiknya membedakan poles kayu sesuai dengan kegunaannya. Untuk furniture atau perabotan kayu yang bersentuhan dengan makanan maka sebaiknya menggunakan Biopolish Beeswax. Namun untuk furniture yang digunakan sebagai tempat menaruh perlengkapan dapur pun, Anda bisa mengaplikasikan Biopolish
Baca Juga:  Inspirasi Sendok Kayu, dari Suvenir hingga Bikin Acara Makan Menarik

Poles Untuk Kayu Yang Aman Dan Higienis, Biopolish Beeswax

poles kayu food grade

Perawatan furniture sangat penting dilakukan secara rutin agar furnitur tersebut tetap terjaga dengan baik dan tidak mudah rusak. Terutama furniture dengan tampilan lapisan cat  doff maupun matte yang notabene air maupun cairan sangat mudah menyerap kedalam kayu. Jika tidak diperahatikan dan dirawat dengan baik maka furniture tersebut sangat riskan diserang oleh serangga bubuk yang sering menyerang perabotan dapur.

Semakin rutin kitchenette tersebut dirawat dan dibersihkan maka furniture tersebut akan semakin lama terjaga dengan baik. Tidak hanya menjaga kualitas kitchenette saja melainkan juga mempertahankan tampilan kayu sehingga selalu terlihat baru. Terutama furniture dengan tampilan natural kayu yang mudah kusam karena hanya mampu bertahan dalam waktu 5 tahun saja. Namun, jika Anda merawatnya dengan poles untuk kayu maka tampilan kitchenette tersebut bisa bertahan lebih lama dari yang diperkirakan sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk melapisi lapisan cat pada kitchenette Anda.

biopolish beeswax poles kayu food grade

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa poles kayu tidak semua aman untuk furniture melainkan juga harus dibedakan. Untuk furniture atau perabotan dapur yang bersentuhan dengan makanan atau yang biasa dikonsumsi maka rawat perabotan tersebut menggunakan Biopolish Beeswax sebab poles kayu tersebut hanyr terbuat dari bahan alam yakni Beeswax tanpa campuran bahan kimia sehingga dipastikan aman. Bahkan Beeswax ini diformulasikan sesuai dengan standar regulasi U.S Food dan Drag Administration (FDA) sehingga dipastikan Food Grade atau aman jika bersentuhan dengan makanan.

Sedangkan untuk furniture yang biasanya hanya digunakan untuk menaruk peralatan dapur, alangkah baiknya juga dirawat. Poles kayu dari Biopolish Beeswax sangat cocok untuk perawatan furniture kayu yang di dapur karena mengandung beeswax dan bahan-bahan aman lainnya sehingga akan menjaga tampilan kayu tetap terjaga dan tetap aman untuk kesehatan.

Baca Juga:  Manfaat Linseed Oil Untuk Furnitur Kayu Yang Wajib Anda Ketahui

biopolish beeswax poles kayu food grade

Poles kayu tersebut sangat aman digunakan dan tidak membahayakan kesehatan maupun merusak lingkungan. Keduanya juga tahan air sehingga tidak akan meninggakan bekas air atau warna luntur ketika ketetesan air. Jika Anda memoleskan secara rutin pada permukaan kayu maka tampilannya akan semakin tajam dan bahkan terlihat seperti baru karena kedua poles kayu tersebut bersifat menyerap ke dalam serat kayu sehingga tidak hanya menjaga tampilan luar saja melainkan juga menjaga bagian dalam kayu. Wajar saja jika poles kayu ini bisa mencegah kehadiran dari jamur maupun serangga perusak kayu atau serat alam.

Leave a Comment

Your email address will not be published.