semir sepatu terbaik

Lotion Pelembab Sepatu Kulit, Langkah Pamungkas Merawat Sepatu Kulit

Apa yang membuat sepatu kulit mudah rusak? Jawabanya, perawatan tidak tepat dan sepatu yang mudah kaku dan kering. Lalu bagaimana solusinya ? baca terus, kami berikan rekomendasi tips terbaik untuk menjaga kondisi sepatu kulit agar tidak mudah rusak dan bagaimana merawat sepatu kulit dengan baik.

Sepatu kulit mencerminkan kepribadain pemakainya. Sepatu yang kotor dan tak terawat tentu membuat pemakainya dicap tidak memperhatikan penampilan.

Mengingat citra diri seperti ini, masih bermalas malasan untuk merawat sepatu kulit? Kini saatnya anda mulai memperhatikan bagaimana seharusnya merawat sepatu kulit yang benar. Mulai dari membersihkan, menyemir hingga menggunakan lotion pelembab sepatu kulit untuk melembabkan sepatu kulit. Urutan tersebut dilakukan untuk mendapatkan sepatu kulit dalam kondisi sempurna.

Baca Juga : Biopolish Leather Care Membantu Menghilangkan Bau pada Sepatu Kulit

semir sepatu terbaik

Namun sebelum merawat sepatu kulit, ada baiknya anda mengetahui jenis jenis bahan yang biasa di gunakan untuk sepatu kulit tersebut. Bahan yang berbeda tentu akan mendapat perlakuan yang berbeda. Oleh karena itu kenali terlebih dahulu jenis bahan sepatu kulit milik anda.

Baca Juga : Ganti Semir Kimia dengan Poles Alami yang Lebih Sehat dan Aman

Kenali, Jenis Jenis Bahan Sepatu Kulit Yang Biasa Di Gunakan Di Pasaran

Berikut ini jenis jenis bahan kulit baik asli atau sintetis yang sering di temukan di pasaran indonesia :

  1. Full grain

tampilan kulit full grain

Jenis bahan kulit yang satu ini memiliki karakteristik yang sangat khas. Material fuul grain seperti berpola dan bertekstur. Jenis bahan kulit yang satu ini memiliki daya tahan yang paling bagus dan harganya juga paling mahal. Bahan full grain dikenal tidak mudah terogres dan mudah sobek. Nah jika di rawat dengan baik jenis bahan kulit full grain akan membuat efek penuaan yang disebut dengan patina. Pastinya jika anda rawat dengan baik. Jika tidak pernah anda rawat, lupakan akan muncul efek patina tersebut.

Baca Juga : Beli Lotion Tas Kulit Biopolish Lebih Murah Di Agen Terdekat

  1. Pull up leather

bahan pull up kulit

Jenis bahan kulit yang satu ini sangat umum digunakan sebagai bahan sepatu formal. Jenis bahan kulit yang satu ini merupakan jnis bahan kulit yang dibuat dengan proses koreksi dan diwarnai menggunakan anilin. Jika bahan pull up di regangkan akan memberikan efek perubahan warna yang lebih terang. Bahan yang satu ini memiliki kelebihan fleksbilitas dan kelenturan yang tinggi. Namun seiring berjalanya waktu bahan kulit yang satu ini memiliki kelemahan. Kandungan minyak yang membuat elastis akan menyusut dan membuat sepatu kulit akan mudah retak, dan mudah tergores.

Baca Juga : Rekomendasi Lotion Untuk Jaket Kulit Domba Asli Ataupun Imitasi

  1. Brush off atau patent leather

sepatu kulit hitam

Jenis bahan kulit yang satu ini merupakan jenis bahan kulit yang memiliki ciri khas dari warnanya yang mengkilat. Jenis bahan kulit asli yang di finishing dengan cara brussh off atau patent leather ini cukup mahal dipasaran. Pasalnya proses pembuatan dan juga penyamakanya cukup sulit dilakukan. Bahan kulit dilapisi dengan bahan acrylic sehingga mampu menghasilkan tektur yang halus dan benar benar mengkilap.

Baca Juga : Keunggulan Biopolish Leather Care Dalam Merawat Koleksi Berbahan Kulit

  1. Suede

bahan kulit suede

Jenis bahan kulit suede memiliki tekstur yang sangat khas. Jenis bahan yang satu ini bertekstur lembut dan berserabut. Bahan suede merupakan jenis bahan kulit yang di proses melalui proses penyamakan kemudian di amplas. Sehingga lembut dan menimbulkan seidkit bulu bulu pada permukaanya. Karakter yang paling menonjol pada bahan suede adalah tipis dan lembut.

Jenis bahan ini merupakan jenis bahan kulit yang banyak digunakan untuk sepatu. Mulai dari sepatu formal hingga sepatu boots menggunakan bahan kulit ini. Namun sayangnya jenis bahan suede memiliki kekurangan yang cukup siginifikan. Bahan ini tidak dapat terkena air dan kotoran. Jika terkena air dan noda warna dari lapisan kulit ini akan berubah. Selain itu jahitanya juga akan mudah tertarik jika basah. Mengikuti jenis bahan kulit ini, tentunya bahan suede memiliki perawatan khusus yang berbeda dengan jenis bahan kulit lainnya.

  1. Nubuck

bahan kulit nubuck

Bahan kulit jenis nubuck hampir mirip dengan bahan kulit suede bahkan dari segi pengolahanya. Yang membedakan dari bahan kulit suede hanya pada jenis bagian kulit binatang yang di ambil. Bahan kulit yang diambil untuk kulit nubuck merupakan bagian luar kulit binatang. Kemudian di proses dengan diamplas dan dihilangkan lapisan terluar kulit. Proses  pengolahan dari bahan kulit ini dilakukan dengan kecermatan yang tingi. Jika tidak, akan menghasilkan percampuran warna yang tidak rata pada bahan kulit jadi seolah olah ada perbedaan warna antara satu bagian dengan bagian yang lain. Kelebihan dari kulit nubuck ini  memiliki bagian luar yang keras. Sehingga akan lebih keras dan bagus ketika digunakan untuk sepatu dibandingkan jenis bahan kulit suede. Perbedaan lain pada kulit suede, bahan kulit nubuck biasanya lebih mahal dibandingkan dengan bahan kulit suede.

  1. Vegetable leather atau kulit nabati

jenis bahan kulit

Jenis bahan kulit yang satu ini merupakan jenis bahan kulit yang terbuat dari bahan kulit namun menggunakan bahan pewarna yang berasal dari bahan nabati. Karakter utama dari kulit nabati cenderung berwarna terang dan kaku. Hal ini sangat bergantung pada proses penyamakan yang dilakukan.

  1. Kulit sintetis atau kulit imitasi

pengguna sepatu kulit

Jenis bahan kulit yang satu ini sangat banyak varianya di pasaran. Mulai dari berbentuk layaknya patent leather, pull up bahkan full grain. Semua dapat di tiru sehingga kita harus benar benar jeli untuk membedakan mana sepatu kulit asli dan mana sepatu kulit sintetis. Ciri yang paling khas dari sepatu kuit sintetis atau imitasi adalah baunya yang menyengat dan tekstur kaku layaknya plastik. Namun untuk beberapa jenis sepatu imitasi bisa sangat mirip dengan kondisi asli.

Setelah mengetahui jenis jenis bahan dari sepatu kulit, kini anda dapat mengindentifikasi jenis bahan kulit apa sepatu kulit yang anda miliki. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan dengan baik.

Bagaimana cara merawat sepatu kulit dengan baik ? perhatikan tips yang kami berikan di bawah ini.

Cara Paripurna Merawat Sepatu Kulit Dengan Benar

Bagaimana cara merawat sepatu kulit dengan benar? Perhatikan beberapa hal detail yang kami sampaikan di bawah ini

  1. Perhatikan cara menyimpan sepatu

Setelah dipakai, apakah anda menggeletakkan sepatu begitu saja? Segera buang kebiasan buruk tersebut sekarang juga. Pastikan bahwa setelah dipakai sepatu ditata pada rak sepatu dengan baik. Berikan jarak antar sepatu agar tidak membuat goresan pada antar sepatu. Namun jika anda menyimpan sepatu di dalam kotak atau boks sepatu, jangan lupa untuk menggunakan silica gel hal ini penting untuk mengurangi kondsi lembab di dalam kotak sepatu. Selain itu juga menjauhkan sepatu dari serangan serangga dan hewan perusak lainya.

  1. Pelajari bagaimana cara mencuci sepatu dengan benar

sepatu kulit kusam

Mencuci sepatu tidak bisa sembarangan. Apalagi sepatu kulit. Cara membersihkan sepatu dapat dilakukan dengan menggunakan sikat khusus. Sikat ini tebal dan lembut sehingga tidak akan mengores atau merusak tekstur sepatu kulit. Jika sepatu terkena noda cukup dibersihkan dengan menggunakan lap basah. Kemudian keringkan dengan menggunakan lap bersih dan kering selanjutnya. Tidak perlu dijemur dibawah terik sinar matahari.

  1. Hindari sepatu dari air dan hujan

Sepatu kulit sangat rentan terkena air. Apalagi jika sepatu kulit tersebut jenis suede atau nubuck. Air dapat merubah warna sepatu tersebut selamanya. Oleh karena itu jangan sampai sepatu kulit kesayangan anda kehujanan atau terkena cipratan air.

  1. Segera bersihkan jika terkena kotoran seperti tanah atau lumpur

menyikat sepatu kulit

Tidak sengaja saat memakai sepatu kulit menginjak tanah basah atau lumpur ? segera bersihkan jangan menunggu nodanya kering dan jadi sulit untuk dibersihkan. Segera lap dengan kain bersih dan kering, jika masih ada noda segera gunakan lap basah. Selanjutnya keringkn kembali dengan lap kain bersih dan kering. Jika masih ada noda yang tersisa dan sulit dibersihkan dengan kain, gunakan sikat basah untuk membersihkan area tersebut.

  1. Jangan lupa gunakan lotion pelembab sepatu kulit secara teratur

lotion sepatu kulit

Menggunakan semir sepatu secara berkala memang akan menolong penampilan sepatu kulit anda. Namun jika semir digunakan terus menerus akan membuat sepatu mudah kering. Baik untuk sepatu kulit asli ataupun imitasi. Oleh karena itu gunakan lotion pelembab untuk sepatu kulit agar sepatu tetap tajam warnanya dan tidak mudah kering dan kaku. Tidak hanya itu menggunakan lotion pelembba untuk sepatu kulit secara teratur juga memiliki banyak manfaat.

Apa saja manfaat menggunakan lotion pelembab khusus untuk sepatu kulit? Penjelasanya kami berikan di tulisan di bawah ini.

6 Manfaat Menggunakan Lotion Pelembab Untuk Sepatu Kulit

sepatu kulit

Mengapa lotion pelembab sepatu kulit baik digunakan untuk sepatu kulit ? inilah 6 manfaat menggunakan lotion pelembab khusus untuk sepatu kulit.

  1. Mengembalikan minyak alami sepatu kulit

Jenis bahan kulit seperti full grain memiliki kekurangan jika kandungan minyak alaminya semakin habis. Lotion pelembab khusus bahan kulit tersebut untuk mengganti minyak alami tersebut sehingga membuat bahan kulit selalu dalam kondisi lembab. Tidak hanya pada sepatu kulit asli, sepatu kulit bahan sintetis juga membutuhkan pelembab. Hal ini berkaitan dengan bahan kulit imitasi yang cenderung kering dan kaku. Untuk menjaga agar tidak mudah retak dan rusak, gunakan lotion pelembab sepatu kulit. Jangan menggunakan lotion pelembab yang berbahan kimia. Pasalnya bahan kimia justru membuat bahan sepatu jadi kering dan kaku. Oleh karena itu pilih lotion pelembab untuk sepatu yang berbahan alami.

  1. Menjaga ketajaman warna sepatu kulit

Lotion pelembab tas kulit yang berbahan alami dan mengandung vitamin E mampu menjaga dan melindungi ketajaman warna sepatu kulit sehingga anda tidak perlu menggunakan semir sepatu yang justru membuat keras dan kaku tekstur bahan kulit tersebut.

  1. Melindungi dari radiasi sinar ultraviolet

Lotion pelembab yang mengandung anti oksidan sangat baik dalam menjaga paparan sinar matahari. Oleh karena itu pilihlah lotion pelembab khusus untuk sepatu kulit yang memiliki kemampuan menjaga dari paparan sinar matahari. Radiasi sinar matahari salah satu sumber penyebab sepatu kulit mudah kaku dan keras.

  1. Menjaga fleksibilitas dan kelenturan sepatu kulit

Fleksibilitas dan kelenturan sepatu kulit merupakan kunci dari keawetan sepatu kulit. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kondisi sepatu kulit agar tetap lentur. Sehingga nyaman dipakai dan awet tahan lama.

  1. Mencegah rembesan air masuk pada sepatu kulit

Air merupakan musuh sepatu kulit. Oleh karena itu gunakan lotion pelembab yang mampu memberikan efek water repellant pada sepatu kulit. Dengan perlindungan lapisan water repellant sepatu kulit tidak akan mudah rusak dan tetap kering.

  1. Memberikan efek patina yang menawan

Sepatu kulit yang dirawat dengan lotion terbaik akan memberikan kesan penuaan atau efek patina yang menawan. Hal ini karena kondisi tekstur bahan kulit senantiasa mendapatkan pelembab dan di rawat dengan baik. Walaupaun nampak tua namun kesannya akan semakin elegan.

Biopolish Leather Care, Merk Lotion Pelembab Sepatu Kulit Terbaik

Lotion pelembab sepatu kulit terbaik merk apa ? ada banyak merk lotion pelembab sepatu kulit. Namun tidak semuaya bagus untuk sepatu kulit dan memiliki banyak sekali manfaat. Kriteria utama untuk memilih lotion sepatu kulit terbaik adalah yang menggunakan bahan alami.

perawatan sepatu kulit dengan biopolish leather care

Bahan alami terbaik untuk membuat lotion pelembab adalah yang menggunakan beeswax atau lilin lebah. Bahan alami yang satu ini mampu menggantikan peran wax lilin yang biasa digunakan. Kandungan dan manfaat beeswax sangat banyak untuk sepatu kulit.

Tidak hanya beeswax, banyak natural oil yang juga bermanfaat untuk merawat dan melindungi tekstur bahan kulit guna membuat lotion pelembab khusus sepatu kulit. Nah berbagai bahan tersebut jika dijadikan satu tentu akan memiliki banyak manfaat dalam satu kemasan produk.

Di indonesia, pelopor produk perawatan sepatu kulit berbahan alami pertama adalah biopolish leather care. Produk ini merupakan produk lotion sekaligus pelembab untuk kerajinan bahan kulit baik asli , sintetis, vinyl, bahkan untuk polimer plastik dan juga karet. Kandungan bahan bahan alami yang ada di dalam biopolish leather care akan membantu merawat dan menjaga kondisi sepatu kulit.

biopolish leather care

Biopolish leather care bermanfaat mulai dari menjaga ketajaman warna, kelembapan alami sepatu kulit, melindungi dari radiasi sinar matahari serta menjaga dari percikan air. Tak hanya itu biopolish leather care juga mampu mengembalikan kelenturan dan kelembutan sepatu kulit yang sudah kaku.

Biopolish leather care berbentuk pasta padat. Aplikasinya dapat dilakukan dengan menggunakan kain dan digosok. Nah berikut ini cara pemakaian biopolish leather care untuk sepatu kulit :

  1. Siapkan sepatu, kain lap serta biopolish leather care
  2. Pastikan sepatu dalam kondisi bersih dan kering
  3. Oleskan biopolish leather care dengan menggunakan lap
  4. Oleskan secara tipis merata ke seluruh bagian sepatu kulit
  5. Gosok dengan kain lap tersebut hingga terlihat bersih, tajam serta tidak lengket
  6. Lakukan perawatan dengan biopolish leather care secara teratur minimal seminggu sekali

Anda bisa melihat contoh pemakaian biopolish leather care pada sepatu kulit di video dibawah ini. Jangan lupa subscribe, like dan coment pada video berikut ini.

Tertarik Membeli Biopolish Leather Care ?

Untuk mendapatkan biopolish leather care, anda dapat membeli secara online dengan menghubungi customer care kami di nomor 081225784920 atau membeli langsung pada akun marketplace kami berikut ini:

BUKALAPAK                       : Klik Disini

TOKOPEDIA                        : Klik Disini

SHOPEE                               : Klik Disini

Blibli                                    : Klik Disini

Jika anda ingin membeli secara langsung dapat membeli di agen resmi biopolish leather care yang tersebar di seluruh indonesia. Untuk mengetahui dimana saja lokasi agen resmi biopolish leather care, silahkan klik gambar dibawah ini

agen biopolish leather care

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *