Wax Kayu biopolish natural oil Cara Gampang Rawat Perabot Kayu

Perabotan rumah tangga tidak akan lepas dari material serat alam seperti kayu, rotan, maupun jenis serat alam lainnya. Terutama di Indonesia yang notabene sumber kekayaan alamnya sangat melimpah sehingga bahan serat alam sangat mudah didapatkan. Namun tidak semua jenis serat alam asal digunakan begitu saja melainkan juga terdapat beberapa serat alam yang langka dipergunakan. Wajar saja jika perabotan maupun furniture yang menggunakan serat alam langka tersebut memiliki harga yang fantastis.

Terlepas dari kualitas bahan serat alam tersebut, banyak masyarakat yang tidak mengetahui perawatan yang tepat pada perabotan atau furniture berbahan serat alam. Alhasil, furniture atau perabotan tiba-tiba rapuh dan timbul bercak jamur yang mengakibatkan perabotan tersebut sudah tidak bisa digunakan kembali. Bahan serat alam seperti rotan maupun serat enceng gondok memang tidak sekuat kayu sehingga sangat mudah rapuh terutama pada kondisi ruang yang lembab.

Ruang yang lembab dapat memicu munculnya jamur maupun serangga perusak serat sehingga menyebabkan perabotan Anda tidak bisa dipergunakan kembali. Bahkan ruangan yang lembab  tidak hanya bisa merusak perabotan atau furniture yang terbuat dari bahan serat alam saja melainkan juga pada barang-barang Anda seperti sepatu, tas maupun barang berbahan kulit. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga keadaan ruang tetap bersih dan tidak lembab. Pastikan udara dalam ruangan Anda tetap segar dan pencahayaan yang cukup agar ruangan tidak mudah lembab.

Perawatan Yang Tepat Pada Perabotan Berbahan Serat Alam

furniture antik

Perabotan yang terbuat dari bahan serat alam pada umumnya adalah kursi, meja, tas, taplak dan masih banyak lagi. Pengrajin lokal banyak yang memanfaatkan bahan serat alam karena kualitasnya yang baik dan pemasarannya yang mudah. Selain itu, baik kerajinan tangan, perabotan maupun furniture yang menggunakan bahan serat alam memiliki peminat yang banyak bahkan hingga ke mancanegara.

Untuk memperindah perabotan maupun furniture yang terbuat dari serat alam harus melalui tahap finishing. Tahap ini sangat membantu perabotan berbahan serat alam tersebut terjaga karena lapisan cat tersebut mampu mengurangi munculnya jamur atau serangga. Selain lapisan cat, biasanya pengrajin juga sudah melapisi perabotan serat alam tersebut menggunakan obat anti jamur dan obat anti rayap agar serat alam tersebut bisa bertahan lama dan tidak mudah terserang jamur. Namun, apabila perawatan tidak dilakukan secara rutin maka akan sangat mudah jamur maupun serangga menyerang. Mungkin sebagian masyarakat yang memiliki perabotan atau furniture berbahan serat alam tidak mengetahui bahwa perabotannya tersebut terserang serangga seperti serangga bubuk karena serangga-serangga tersebut pada umumnya menyerang pada bagian dalam. Perabotan yang terserang serangga tersebut biasanya akan meninggalkan bubuk halus di lantai sehingga Anda harus teliti melihat kondisi perabotan Anda.

furniture kotor

Berikut cara perawatan perabotan maupun furniture berbahan serat alam yang tepat:

  1. Pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup. Sebaiknya buka jendela maupun pintu setiap hari untuk mengurangi kelembaban dalam ruangan.
  2. Alangkah baiknya tidak meletakkan furniture atau perabotan langsung diatas tanah. Akan lebih baik jika menggunakan kaki penyangga dari karet atau sejenisnya. Sebab, tanah memiliki tingkat kelembaban yang lebih tinggi.
  3. Bersihkan setiap hari furniture atau perabotan berbahan serat alam menggunakan lap kering atau sejenisnya untuk menghilangkan debu yang bertebaran. Debu dapat membawa berbagai macam benih jamur maupun yang lainnya sehingga apabila tidak dibersihkan maka akan mengendap dan tidak menutup kemungkinan jamur tumbuh dengan mudah.
  4. Jangan menghilangkan noda membandel menggunkan air langsung atau lap basah. Sebaiknya gunakan sedikita agar serat alam tersebut tidak lembab sehingga lebih aman.
  5. Sangat disarankan untuk tidak menghilangkan debu yang mengendap atau membandel menggunakan lap basah. Anda bisa mengaplikasikan wax atau poles kayu untuk menyamarkan debu membandel tersebut. Selain itu, lakukan perawatan rutin setiap dua minggu sekali menggunakan wax kayu tersebut.

Alangkah baiknya untuk selalu merawat rutin perabotan atau furniture Anda agar tidak mudah rusak diakibatkan oleh jamur, serangga maupun mikroorganisme perusak. Perawatan rutin pada furniture juga akan mengurangi debu membandel yang menyebabkan furniture tersebut terlihat kusam. Sehingga intensitas pelapisan cat kembali juga akan berkurang karena dengan poles kayu tersebut tampilan warnanya akan semakin tajam.

Perawatan Rutin Menggunakan Wax Kayu Biopolis Beeswax dan Biopolish Natural Oil

Perawatan rutin menggunakan wax atau poles kayu akan menjaga kualitas perabotan atau furniture Anda tetap terjaga dengan baik. Tidak hanya bertujuan untuk mencegah munculnya jamur maupun serangga, poles kayu tersebut juga sangat bermanfaat untuk mempertahankan penampilan furniture tetap terlihat lebih mengkilap.

perawatan furniture kayu

Pastikan Anda memilih poles kayu yang aman, tidak hanya aman bagi furniture atau perabotan saja melainkan juga aman untuk kesehatan dan tidak menyebabkan kerusakan lingkungan. Sebab, banyak di berbagai toko masih memasarkan poles kayu yang mengandung bahan kimia  berbahaya yang dampaknya menyebabkan gangguan kesehatan seperti kanker apabila tubuh terkontaminasi dalam waktu yang cukup lama. Saat ini sudah ada wax kayu yang sangat aman digunakan yakni Biopolish Beeswax dan Biopolish Natural Oil yang khusus digunakan untuk poles pada furniture atau perabotan yang terbuat dari serat alam seperti kayu, rotan, bambu dan serat alam lainnya.

Biopolish Beeswax merupakan poles kayu yang terbuat dari bahan alam yakni beeswax. Poles kayu tersebut juga sudah diformulasikan sesuai dengan U. S Food And Drug Administration (FDA) sehingga sangat bagus digunakan untuk merawat perabotan atau furniture yang sering bersentuhan langsung dengan makanan seperti bumbu, makanan kering dan lain sebagainya. Biopolish Beeswax ini sudah food Grade sehingga dijamin tidak akan menimbulkan efek berbahaya jika bersentuhan langsung dengan makanan bahkan tidak akan mengurangi kualitas dari makanan tersebut.

Sedangkan Biopolish Natural Oil merupakan poles kayu yang digunakan untuk merawat beragam perabotan atau furniture baik interior maupun eksterior yang terbuat dari bahan serat alam seperti kayu, bambu, rotan dan sebagainya. Biopolish Natural Oil ini terbuat dari bahan beeswax, natural oil dan bahan lainnya. Poles kayu ini aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga tidak membahayakan kesehatan maupun merusak lingkungan.

Aplikasi kedua poles kayu tersebut cukup sederhana, Anda cukup mengoleskan ke permukaan furniture atau perabotan kayu atau serat alam lainnya menggunakan kain bersih. Seperti yang disinggung diatas bahwa poles kayu tersebut mampu menjaga tampilan perabotan karena kinerja poles kayu tersebut meresap ke dalam serat kayu jika dioles secara rutin.

Biopolish Natural Oil

Perabotan tanpa dilapisi cat pun juga baik jika difinishing menggunakan poles kayu tersebut karena kinerjanya akan memperkuat tampilan kayu sehinga semakin lama dioles dengan wax kayu tersebut maka semakin tajam pula warna permukaan perabotan tersebut. Sedangkan lapisan permukaan furniture atau perabotan yang dilapisi cat akan semakin mengkilap jika rutin dirawat secara rutin.

Kontak Dan Pemesanan Biopolish Natural Oil dan Biopolish Beeswax

untuk mendapatkan produk wax kayu dari Biopolish Natural Oil dan Biopolish Beeswax anda dapat menghubungi customer care kami di nomor 081225784920 atau langsung membeli di akun marketplace kami di bawah ini:

BUKALAPAK                       : Klik Disini

TOKOPEDIA                        : Klik Disini

SHOPEE                               : Klik Disini

Blibli                                      : Klik Disini

untuk membeli secara offline atau membeli langsung, hubungi agen resmi biopolish terdekat di kota anda. silahkan klik gambar di bawah ini untuk mengetahui lokasi agen biopolish:

agen biopolish

Leave a Comment

Your email address will not be published.