poles kayu bahan alami

Ini Dia Alasan Harus Memilih Produk Polishing Mebel Kayu Anti Oksidan

Polishing anti oksidan menjadi salah satu produk yang penting dalam perawatan produk kayu jangka panjang. Produk ini dapat mencegah berbagai produk kayu rusak akibat proses oksidasi atau pelapukan yang berlangsung terus-menerus.

Meskipun jarang terdengar, reaksi oksidasi pada kayu memang ada. Reaksi ini adalah hasil dari paparan berbagai macam faktor lingkungan yang terjadi selama bertahun-tahun. Penampakan kayu yang teroksidasi memang tidak seekstrim besi yang teroksidasi sehingga terlihat berkarat. Kayu yang teroksidasi biasaya hanya menunjukkan warna yang memudar dengan permukaan yang tidak halus.

Baca Juga : apa yang harus dilakukan untuk mencegah pelapukan kayu

Apa yang Sebenarnya Terjadi saat Reaksi Oksidasi?

Istilah oksidasi sebenarnya merujuk pada reaksi yang terjadi saat suatu zat terpapar dengan oksigen. Pada reaksi ini, terjadi kehilangan elektron yang berdampak pada perubahan permukaan objek yang terpapar oksigen tersebut. Proses ini berlagsung selama bertahun-tahun dan biasanya lebih terlihat buruk pada produk-produk kayu outdoor atau luar ruangan. Cuaca ekstrim sepert hujan dan terik matahari yang tinggi adalah beberapa faktor yang mengakibatkan reaksi oksidasi terjadi lebih cepat.

bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalam cat

Paparan Besi Berkarat

Selain paparan cuaca ekstrim, kondisi kayu juga akan terlihat semakin buruk karena pengaruh besi yang juga mengalami oksidasi. Serpihan-serpihan karat dari besi dapat membuat tampilan perabot kayu semakin jelek. Keberadaan besi seperti engsel pada jendela dan pintu dapat menjadi sumber memburuknya kondisi perabot kayu tersebut.

Biasanya akan timbul warna kecoklatan yang sangat sulit untuk dibersihkan. Namun, tingkat keparahan masalah ini juga tergantung pada jenis kayunya. Beberapa jenis kayu lebih rentan terhadap masalah ini dibanding yang lain. Jenis kayu yang lebih rentan antara lain oak, cemara, dan kayu merah.

Memilih Polishing Anti Oksidan

Antisipasi kayu yang teroksidasi sebaiknya dilakukan daripada harus menangani masalah kayu yang telah teroksidasi. Apalagi, bila penanganan tersebut meliputi pembersihan serpihan-serpihan karat pada perabot kayu. Pada kasus ini, diperlukan proses pemutihan dan penyemprotan dengan tekanan air hingga 1.500 psi hanya untuk membuang karat dari permukaan kayu.

poles kayu bahan alami

Untuk mengantispasi masalah kayu yang lapuk atau teroksidasi, pemilik memang bisa menjauhkan perabot kayunya dari paparan yang bisa menyebabkan reaksi oksidasi. Namun, cara ini tentu tidak realistis bila harus diaplikasikan pada berbagai produk kayu, terutama produk kayu outdoor seperti pagar.

Solusi yang paling tepat adalah melakukan perawatan kayu dengan cara yang tepat. Produk polishing yang dipilih sebaiknya termasuk produk polishing anti oksidan seperti Biopolish® Interior dan Biopolish® Eksterior.

Kedua produk polishing anti oksidan dari Bioindustries tersebut akan melindungi kayu dari pelapukan atau reaksi oksidasi karena mampu menciptakan lapisan perisai yang membuat perabot kayu aman dari tantangan cuaca tak bersahabat. Kandungannya yang 100% terbuat dari bahan alami juga sangat aman digunakan untuk berbagai keperluan. Biopolish® Interior bahkan memang diperuntukkan untuk polishing alat-alat makan yang terbuat dari kayu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tanya cs poli
Tanya Poli!