Tips Beres-beres Rumah yang simpel untuk Persiapan Menyambut Lebaran

Banyak hal yang bisa Anda lakukan sebagai persiapan menyambut lebaran. Salah satunya adalah membereskan rumah yang mungkin selama ini berantakan karena kesibukan kita sehari-hari.

persiapan menyambut lebaran

Tips beres-beres rumah untuk persiapan menyambut lebaran.

Hari raya idul fitri tidak akan lama lagi kita rayakan. Sebelum merayakannya, alangkah baiknya bila kita mempersiapkan hari tersebut agar lebih berkesan. Salah satu persiapan yang bisa kita usahakan adalah menyiapkan rumah agar lebih nyaman dan indah. Tak perlu merenovasi besar-besaran, agar rumah tampak indah kita cukup melakukan hal simpel seperti beres-beres saja.

4 Tips Beres-beres Rumah sebagai Persiapan Menyambut Lebaran

Gunakan 4 tips beres-beres rumah sebagai langkah persiapan menyambut lebaran berikut ini agar usaha Anda lebih efektif:

  1. Bersihkan Bagian yang Umum. Mulailah membersihkan dari bagian rumah yang umum dan banyak terekspos manusia. Seringkali bagian-bagian tersebut kotor namun tidak kita perhatikan dengan baik karena sudah terbiasa kita lihat. Misalnya pintu dan tembok. Pada kedua bagian itu, seringkali banyak noda yang menempel. Gunakan pembersih yang sesuai dengan cat yang diaplikasikan sebelumnya. Bila perlu, lakukan pengecatan ulang agar bagian-bagian tersebut terlihat benar-benar baik. Aplikasikanlah cat water based dibanding cat solvent based (menggunakan pelarut thinner dan spiritus). Selain lebih menarik, cat water based lebih tahan lama dan mudah dibersihkan bila terkena noda.
  2. Bersihkan Bagian yang Jarang Terekspos. Bagian-bagian yang jarang terekspos seperti bagian tembok belakang perabot hendaknya juga dibersihkan. Bila perlu, pindahkan dulu perabot sehingga pembersihan bisa dilakukan dengan maksimal. Sebagai bagian yang jarang terekspos, bagian-bagian tersebut sering menjadi tempat penumpukan kotoran dan sarang organisme seperti kecoak dan semut.

    Anda bisa menggunakan Biopolish Linseed Oil untuk merawat produk dari MDF.

    Biopolish Linseed Oil

  3. Gunakan Produk Pembersih dan Perawatan Khusus. Anda juga bisa memanfaatkan produk-produk pembersihan dan perawatan khusus. Misalnya, untuk produk-produk bermaterial kayu, vynil, hingga kulit, Anda bisa mengaplikasikan Biopolish Linseed Oil. Produk tersebut merupakan semir kayu yang terbuat dari beeswax dan minyak rami. Biopolish mampu membuat produk-produk Anda tampak berkilap dan melindunginya dari serangan organisme seperti jamur.
  4. Lakukan Pembersihan secara Bertahap. Karena Anda mengaplikasikan persiapan menyambut lebaran ini selama bulan puasa, sebaiknya Anda melakukannya secara bertahap. Alokasikan waktu tertentu selama beberapa kali agar pembersihan yang Anda lakukan benar-benar total. Hindari melakukan pembersihan keseluruhan dalam satu waktu. Apalagi, bila hanya dilakukan seorang diri. Kondisi Anda yang puasa sangat rentan mengalami dehidrasi dan kekurangan tenaga sehingga tidak baik bila dipaksakan untuk aktivitas yang melebihi kapasitas.

Demikian 4 tips beres-beres rumah sebagai persiapan menyambut lebaran. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *