Cara Membersihkan Tas Kulit Kena Noda, Begini Metodenya

membersihkan tas kulit

Siapa yang tidak menyukai tas kulit? Teksturnya yang menawan dan eksotis membuatnya disukai banyak kalangan. Tak mengherankan pula tas kulit sering dijadikan sebagai kado untuk orang-orang terdekat dan orang-orang yang dicintai. Selain awet, tak kulit bisa menjadi produk kenang-kenangan karena umurnya yang relatif lama jika dirawat dengan benar. Jika perawatannnya salah, semisal tas kulit terkena noda, maka tas jadi tak awet lagi. Untuk itu diperlukan cara membersihkan tas kulit kena noda dengan benar.

Cara membersihkan tas kulit kena noda bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kamu juga tak perlu panik berlebihan ketika tas kulit kesayanganmu terkena noda. Pertolongan pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan secepatnya untuk membersihkan sebelum nodanya menyebar dan menetap lama sehingga sulit untuk dibersihkan. Namun, perawatan yang paling efektif yakni menggunakan metode perawatan yang pro-aktif yang dilakukan secara rutin. Bukan metode perawatan yang reaktif, yang biasanya dilakukan ketika noda tiba-tiba datang.

Kalau diperhatikan pula ada berbagai jenis noda yang bisa diselesaikan sendiri atau membutuhkan bantuan profesional. Sebenarnya ada berbagai metode yang bisa diterapkan untuk membuat tas kulit jadi lebih terawat dan baik. Ciri dari tas kulit yang terawat adalah keadaannya bersih, warnanya tidak kusam, teksturnya normal, dan tidak bau. Berikut merupakan metode-metode yang bisa kamu terapkan terkait cara membersihkan tas kulit kena noda yang telah terbukti ampuh:

  1. Perhatikan Panduan Perawatan untuk bahan Kulit

Ketika kamu membeli tas kulit, pabrik biasanya akan memberikan aturan cara perawatan khusus bagaimana memperlakukan tas kulit agar tidak rusak. Banyak orang yang sering mengabaikan hal ini. Instruksi ini biasanya terletak pada kertas kecil yang tertempel atau terpasang, atau di bagian bungkus jika ada bungkusnya. Atau jika memang tak ada, coba tanyakanlah pada penjual.

Dengan petunjuk dari insuksi tersebut kamu bisa menentukan cara membersihkan tas kulit kena noda dengan tepat. Pasalnya pabrikan akan memberi rekomendasi bahan, pembersih, atau kondisioner seperti apa yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda. Selain rekomendasi, akan tercatat pula hal-hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan. Biasanya akan berbentu daftar sehingga tas kulit jadi terawat dan awet.

Noda dan kotoran memang menjadi hal yang niscaya (tak bisa dihindari), nah buku panduan atau instruksi tertentu akan sangat membantumu menentukan cara membersihkan tas kulit kena noda yang menempel. Ketika sudah tahu cara membersihkannya, maka tenaga yang efisien pun bisa diterapkan, dengan begitu kamu jadi tidak jengkel sendiri menghadapi noda-noda yang muncul.

  1. Perhatikan Jenis Tas Kulit Milikmu

Cara membersihkan tas kulit kena noda, kamu harus paham jenis dari tas kulitmu. Apakah tas kulit bahan kulitnya polos ataukah justru berlapis? Keduanya memiliki sifat dan penanganan yang berbeda. Jika tas kulit berjenis polos, tas tersebut tidak memiliki lapisan pelindungan sehingga ketika cairan menetes pada permukaan akan lebih cepat menyerap.

Menentukan apakah jenis kulitnya polos atau berlapis bisa kamu lakukan dengan meneteskan air pada permukaan tas yang terkena noda. Jika air jatuh membentuk butiran, berarti berlapis; jika air langsung menyerap berarti polos.Cara membersihkan tas kulit kena noda untuk yang berjenis polos tidak bisa sembarangan. Kamu harus membawanya ke profesional atau binatu kimia.

Mengenali jenis tas kulit yang kamu miliki juga akan membantumu menentukan cara perawatan dan pembersihannya yang tepat. Ini penting agar biaya yang kamu keluarkan tidak sia-sia. Sebab aseseoris hingga bagian tertentu yang terpasang pada tas kulit terbuat dari bahan khusus yang biasanya lebih mahal dari tas biasa kebanyakan.

  1. Amati Bagaimana Kedalaman Noda yang Menempel

Noda memang bisa dikategorikan apakah dia berjenis membandel atau ringan. Cara membersihkan tas kulit kena noda dari keduanya berbeda. Noda yang membandel memiliki ciri-ciri noda tersebut masuk hingga ke dalam permukaan kulit, resapannya tembus pada bagian dalam sehingga bisa jadi kamu perlu mewarnainya kembali menggunakan jasa dari profesional.

Untuk jenis noda yang sifatnya ringan atau segar, biasanya jenis noda yang menempel pun ringan seperti debu, cipratan cairan tertentu yang tak merusak, atau tinta yang non-permanen. Untuk cara membersihkan tas kulit kena noda yang ringan bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu, seperti alkoholo isoprofil, hairsprayer, cuka, dan lain-lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan lap kering sebagai bentuk perawatan dan pembersihan yang paling sederhana. Caranya tinggak mengusapkan secara lembut pada permukaan kulit. Jangan menggosoknya terlalu keras ya, soalnya tas dari bahan kulit sendiri sifatnya sensitive terhadap gesekan. Jika tidak benar menggosoknya bisa mengakibatkan permukaan jadi terkelupas hingga retak, jadi malah masalah lagi deh.

  1. Bersihkan Terlebih Dulu Spot Noda yang Menempel di Bagian Tertentu

Cara membersihkan tas kulit kena noda hal simple yang bisa kamu lakukan adalah dengan menemukan titik kecil noda tersebut. Setelah ketemu, cek nodanya apa, tanda kerusakannya apa, dan apa yang perlu ditangani untuk membersihkannya. Pilihlah solusi yang tidak merusak permukaan tas kulit itu sendiri, poinnya adalah fokus pada satu titik kerusakan atau noda terlebih dahulu.

Ketika kamu telah menentukan titik noda tersebut, ambillah kain lembut kemudian usapkan pada noda. Jika noda bisa kamu bersihkan sendiri tanpa bantuan dari profesional, kamu bisa menggunakan Biopolish Leather Care untuk membersihkan noda. Produk satu ini berfungsi sebagai material berbahan khusus yang dibuat dari kombinasi bahan alami yang tidak merusak permukaan kulit.

Biopolish Leather Care merupakan material yang sangat membantu membersihkan produk-produk kerajinan berbahan dasar kulit. Selain menjaga agar warnanya tetap sebagaimana aslinya, juga bisa untuk mencegah keretakan hingga pengelupasan pada permukaan tas kulit. Produk ini bisa digunakan untuk melakukan perawatan secara pro-aktif ketika dioleskan secara rutin semisal sebulan sekali atau waktu yang tepat bagi masing-masing jenis barangnya.

Ketika tas kulit sering digunakan, paparan sinar matahari juga memberikan pengaruh yang negatif pada tas, bisa membuatnya kusam dan pudar. Dengan mengoleskan Biopolish Leather Care pada kulit, kamu bisa menjaganya tetap normal, karena kandungan antioksidan yang terkandung pada Biopolish Leather Care membuat tas kulit terlindung dari teriknya paparan sinar matahari.

Cara membersihkan tas kulit kena noda menggunakan Biopolish Leather Care juga memiliki keunggulan sendiri dengan fungsi material yang penting untuk menajamkan warna tas kulit, bahkan jika tas kulit terlihat kusam. Manfaat itu didukung pula dengan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Biopolish Leather Care seperti terbuat dari bahan alami, tidak memiliki bau yangmenyengat seperti halnya semir, tidak berwarna sehingga sangat cocok diaplikasikan ke semua warna tas kulit, tidak terlalu licin sebagaimana minyak, dan kandungan beeswax-nya membuat perlindungan jadi kian maksimal dan awet.