Jenis-Jenis Kulit yang Digunakan untuk Bahan Sepatu, Punyamu yang Mana?

Apakah kamu termasuk pengguna sepatu kulit? atau bahkan kamu sudah termasuk kategori pengoleksi sepatu kulit?

Sepatu kulit bisa menjadi pilihan utama untuk menemani aktivitas sehari-hari. Sudah banyak pilihan model sepatu kulit yang tersedia di pasaran. Sehingga banyak alternatif model sepatu yang bisa kamu pilih saat memutuskan untuk membeli sepatu kulit.

Sebenarnya apa sih kelebihan sepatu kulit? Kenapa sepatu yang satu ini menjadi pilihan banyak kalangan, baik tua maupun muda. Laki-laki ataupun perempuan.

Baca juga : Jangan Sembarangan, Begini Cara Menyimpan Jaket Kulit yang Benar

Kelebihan Sepatu Kulit

Sepatu dengan bahan kulit asli memiliki banyak sekali kelebihan. Kelebihan-kelebihan inilah yang menarik minat banya orang untuk menggunakan sepatu kulit. Di sini akan dibahas 10 kelebihan yang dimiliki sepatu kulit. Di antara 10 kelebihan ini, kelebihan sepatu kulit yang mana yang membuat kamu memutuskan untuk memakai sepatu kulit?

  1. Breathable (bisa bernapas)

Kulit yang digunakan untuk bahan sepatu berasal dari kulit binatang. Sebagai mana kulit pada umumnya, kulit binatang memiliki pori-pori. Karena itulah sepatu dengan bahan kulit asli sering diistilahkan breathable atau dapat bernapas. Karena adanya pori-pori membuat udara bisa bergerak keluar masuk sepatu secara alami.

Sepatu Kulit Mengkilap
  1. Tahan air

Saat sepatu kulit sering dirawat menggunakan kondisioner khusus bahan kulit yang terbuat dari wax atau lilin, lapisan ini akan membantu permukaan sepatu menjadi tahan terhadap air. Permukaan sepatu kulit yang tahan air ini penting untuk menjaga kaki tetap kering jika terkena percikan air maupun menjaga kaki tetap hangat saat kondisi hujan.

  1. Ramah lingkungan

Kulit asli adalah bagian dari sumber alam. Sehingga limbah hasil pengolahannya lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung zat-zat tambahan.

  1. Mudah dibersihkan

Sepatu kulit sangat mudah dibersihkan. Dengan modal kain lap biasa atau sikat yang lembut sepatu kulit sudah bisa dibersihkan. Saat dibersihkan upayakan untuk tidak menggunakan banyak air. Gunakan air secukupnya pada kain lap atau sikat, kemudian usapkan secara merata ke permukaan sepatu. Sepatu kulit pun menjadi bersih kembali.

  1. Menyerap bau

Bahan kulit asli yang digunakan sebagai bahan sepatu memiliki pori-pori. Oleh karena itu terjadi sirkulasi udara yang baik dari dalam sepatu ke luar sepatu, dan sebaliknya. Sehingga bau kaki yang muncul saat menggunakan sepatu akan terbawa keluar oleh sirkulasi udara ini dan sepatu pun terhinda dari bau tidak sedap.

  1. Lebih nyaman

Saat pertama membeli sepatu kulit, sepatu akan terasa kaku. Namun seiring dengan berjalannya waktu, sepatu kulit akan melentur mengikuti bentuk kaki si pemakai. Karena bahan kulit asli pada sepatu memiliki sifat lentur atau elastis sehingga bisa mengikuti kondisi kaki si pemakai.

  1. Tahan lama

Sepanjang dirawat dengan baik, sepatu yang terbuat dari bahan kulit asli dapat bertahan minimal 3 tahun. Jika dirawat dengan baik bahkan usianya bisa bertahan lebih dari 3 tahun. Sifatnya yang tahan lama inilah yang paling banyak membuat orang tertarik untuk memilih sepatu kulit. Bagaimana dengan kamu?

  1. Mudah diperbaiki

Sepatu kulit yang tergores oleh sesuatu akan meninggalkan bekas. Tapi tenang saja. Dengan menggunakan kondisioner khusus bahan kulit goresan itu bisa hilang tak berbekas. Kondisioner bahan kulit dapat membantu sepatu kulit “sembuh” sendiri dan kembali berkilau seperti baru.

  1. Lentur/elastis

Kulit asli memiliki sifat lentur yang sangat tinggi sehingga ketika digunakan akan menyesuaikan dengan kondisi kaki pemakainya. Dengan sifat lentur seperti ini kaki si pengguna akan terhindar dari rasa sakit atau lecet.

  1. Hemat

Usia rata-rata sepatu kulit asli paling sedikit adalah 3 tahun. Artinya selama 3 tahun kamu tidak perlu mengganti sepatu. Dengan kata lain, kamu bisa menghemat pengeluaran kamu untuk membeli sepatu baru.

Baca juga : Sejarah Singkat Sepatu di Dunia

Jenis-Jenis Bahan Sepatu Kulit

Saat memutuskan untuk membeli sepatu kulit, kamu harus mempertimbangkan jenis bahan kulit yang digunakan pada sepatu. Perbedaan bahan kulit dapat berpengaruh pada kualitas sepatu yang kamu beli. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk bahan sepatu:

  1. Full grain

Jenis kulit yang satu ini adalah jenis kulit yang yang diproses secara utuh tanpa ada modifikasi struktur kulitnya. Karena permukaannya tidak dimodifikasi, maka motif dari pori-pori kulit masih terlihat sesuai aslinya. Jenis kulit full grain merupakan jenis kulit yang paling umum digunakan untuk bahan sepatu.

Full Grain
  1. Pull-up leather

Jenis kulit ini merupakan kelanjutan dari full grain. Cara pengolahannya adalah dengan ditarik sampai kulit menjadi melar sehingga kulit menjadi tipis. Kulit yang lebih tipis tentu lebih memudahkan untuk dibentuk menjadi produk sepatu. Selain itu penarikan kulit sampai melar membuat warna kulit memudar dan memunculkan kesan vintage.

  1. Suede

Jenis kulit suede diambil dari bagian dalam kulit. dibandingkan full grain dan pull up yang menggunakan permukaan luar kulit sebagai bahan utama, pada bahan suede bagian yang diproses menjadi bahan sepatu adalah bagian dalam kulit.

Bahan ini banyak diminati kalangan muda karena kesan yang ditimbulkan tidak terlalu formal. Hanya saja salah satu kekurangan bahan ini adalah warnanya yang cepat pudar.

  1. Nubuck leather

Jenis bahan kulit nubuck sama seperti full grain, yaitu menggunakan permukaan atas kulit sebagai bahan utama. Akan tetapi berbeda dengan full grain yang tidak dimodifikasi, jenis kulit nubuck permukaannya dihaluskan sehingga mirip dengan bahan suede. Dari segi kualitas, kulit nubuck lebih kuat dalam hal jahitan maupun ketahanan dibandingkan bahan suede.

  1. Patent leather

Jenis kulit patent merupakan bahan kulit yang dilapisi dengan bahan protektif seperti acrylic. Lapisan protektif ini menghasilkan permukaan yang mengkilap, terang dan licin. Hanya saja, karena dilapisi oleh lapisan protektif, jenis kulit ini terlihat kurang eksotis karena ciri khas nya menghilang.

Baca juga : Melakukan Identifikasi Jenis Bahan Kulit Berdasarkan Tipe Finishing

Cara Merawat Sepatu Kulit

Nah, setelah mengetahui bahan kulit yang digunakan untuk sepatu, kamu tentu sudah mempunyai gambaran sepatu kulit dengan bahan apa yang akan kamu beli. Setelah itu, hal yang harus kamu ketahui adalah bagaimana cara merawat sepatu kulit.

Perawatan sepatu kulit dibagi menjadi 3 proses, yaitu:

  1. Pembersihan

Untuk membersihkan sepatu kulit, selalu gunakan lap bersih yang kering atau sikat halus. Jika noda yang menempel di sepatu kulit sedikit membandel, kamu bisa membasahi kain atau sikat dengan air, kemudian menggosok noda tersebut. Ingat, jangan sampai menggunakan banyak air atau bahkan merendam sepatu kulit di dalam air.

Setelah dibersihkan, sepatu perlu dikeringkan. Caranya sepatu dilap dengan handuk atau kain kering, kemudian dibiarkan terkena angin di ruang terbuka. Jangan sekali-kali menjemur sepatu kulit di bawah sinar matahari langsung.

  1. Pemberian kondisioner

Seperti saat membersihkan, kamu bisa menggunakan lap atau sikat halus untuk mengoleskan kondisioner. Kondisioner khusus untuk sepatu kulit banyak tersedia di pasaran. Salah satunya adalah Biopolish Leather Care.

  1. Penyemiran

Penyemiran dapat dilakukan jika pemberian kondisioner dirasa masih kurang maksimal. Jika pemberian kondisioner khusus untuk merawat kelembaban dan keawetan kulit, maka penyemiran lebih ditujukan untuk membuat warna sepatu semakin tajam dan mengkilap.

Baca juga : Sepatu Kulit Kaku dan Retak? Yuk Atasi dengan Biopolish Leather Care

Biopolish Leather Care untuk Semua Jenis Sepatu Kulit

Biopolish Leather Care adalah sebuah produk perawatan bahan kulit yang terbuat dari 100% bahan alami seperti beeswax, linseed oil dan lain-lain. Keunggulan produk ini di antaranya adalah tidak berbau dan tidak berwarna. Sehingga tidak memberikan efek bau tidak sedap pada sepatu sekaligus bisa digunakan untuk untuk berbagai warna sepatu.

Produk ini sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis sepatu kulit karena dapat menjaga warna sepatu tetap mengkilap. Kandungan beeswax nya dapat memberikan lapisan perlindungan khusus yang membuat sepatu menjadi tahan air.

Baca juga : Lakukan Secara Rutin, Inilah Cara Merawat Sepatu Kulit dengan Biopolish Leather Care

Untuk mendapatkan produk Biopolish Leather Care, kamu bisa menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, blibli dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.

Artikel "Finishing Dan Perawatan Kayu"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.