Jenis Kayu Untuk Dibuat Ukiran Yang Bagus

3989
jenis kayu untuk dibuat ukiran
Jenis kayu untuk dibuat ukiran harus memiliki spesifikasi khusus.

Pilih jenis kayu untuk dibuat ukiran yang paling tepat. Selain mempengaruhi hasil akhir ukiran, proses pengukiran juga memerlukan persyaratan khusus agar kayu yang diukir mudah dan tidak rusak.

Material kayu memiliki fungsi yang sangat beragam. Material kayu banyak digunakan untuk furniture, konstruksi bangunan, hingga alat musik. Keberadaannya bukan hanya memberikan dukungan secara fungsional namun juga bisa memberikan sentuhan estetika. Produk yang menggunakan kayu seperti lantai kayu hingga lemari kayu akan memberikan kesan tersendiri yang berbeda dengan kesan yang ditampilkan material lainnya. Banyak pula produk kayu yang tampil dengan berbagai ukiran menarik. Ukiran memang menjadi salah satu bentuk optimalisasi kayu sebagai benda seni.

Namun demikian, tidak semua jenis kayu bisa dibuat ukiran. Kayu-kayu yang terlampau keras, mudah retak, dan memiliki banyak mata kayu  bukan termasuk jenis kayu untuk dibuat ukiran. Hanya jenis kayu tertentu seperti jenis kayu untuk dibuat ukiran berikut ini yang bisa digunakan.

Lima Jenis Kayu untuk Dibuat Ukiran yang Bagus

  1. Kayu Jati. Kayu jati adalah jenis kayu untuk dibuat ukiran yang paling banyak diminati oleh para pengrajin kayu. Hal ini disebabkan karena karakternya yang kuat, awet, dan tahan lama. Secara estetika kayu jati juga unggul karena memiliki serat kayu yang menarik.
  2. Kayu Cendana. Sebagaimana kayu jati, kayu cendana juga sangat disukai oleh para pengrajin kayu. Namun demikian harganya yang mahal seringkali membuat para pengrajin enggan menggunakannya. Keunggulan kayu cendana yang paling menonjol adalah aromanya yang wangi.
  3. Kayu Balsa. Kayu Balsa mungkin tidak begitu dikenal masyarakat awam sebagaimana keempat kayu lainnya. Namun, banyak pengrajin kayu yang telah menggunakan kayu ini. Kayu balsa memiliki tekstur yang lembut, warna putih keabu-abuan yang menarik, serta berserat lurus.
  4. Kayu Mahoni. Jenis kayu untuk dibuat ukiran yang direkomendasikan selanjutnya adalah kayu Mahoni. Kayu ini banyak digunakan untuk membuat produk ukiran karena memiliki serat yang padat dan mata kayu yang sangat sedikit.
  5. Kayu Eboni. Dibanding keempat kayu lainnya, kayu eboni lebih sulit diukir karena sifatnya yang keras. Namun, penampilannya yang unik tetap menjadikannya sebagai pilihan kayu untuk dibuat ukiran bagi para pengrajin

Cara Merawat Kayu Ukiran Dengan Benar

Ukiran kayu yang dibuat dengan kayu berkualitas akan menghasilkan ukiran kayu yang mewah dan elegan. Hal ini akan bernilai seni tinggi dan harganyapun mahal. Mengingat hal ini tentu sayang sekali jika dibiarkan begitu saja tanpa dirawat dengan baik. Merawat ukiran kayu dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.

CS Biopolish

Material ukiran kayu jika dibiarkan begitu saja akan mudah menyerap debu, kotoran bahkan minyak. Berbagai hiasan rumah yang berupa ukiran kayu sangat rentan hal tersebut jika tidak dirawat dengan baik. Nah cara melindungi ukiran kayu dapat dilakukan dengan menggunakan poles furniture kayu yang khusus di formulasikan untuk merawat dan melindungi bahan kayu dengan baik. Menggunakan poles furniture kayu sangat mudah aplikasinya. Hal ini dapat dilakukan bahkan oleh tenaga non ahli sekalipun.

jenis kayu untuk dibuat ukiran
ukiran kayu yang indah membutuhkan perawatan khusus

Merawat ukiran kayu dapat dilakukan secara rutin dengan menggunakan furniture polish. Perawatan dengan furniture polish akan memberikan banyak manfaat bagi ukiran kayu, seperti perlindungan terhadap rembesan cairan, paparan sinar matahari dan fleksibilitas serat kayu itu sendiri. Kami merekomendasikan untuk menggunakan poles furniture kayu yang berbahan alami.

Nah berikut ini langkah langkah merawat ukiran kayu menggunakan poles furniture kayu:

  • Jika ukiran kayu sudah kotor dan nampak kusam, amplas ukiran kayu hingga ke sudut sudutnya dengan baik
  • Bersihkan sisa sisa amplasan hingga tidak ada noda tersisa
  • Oleskan poles furniture kayu dengan bahan alami secara tipis merata menggunakan kuas atau menggunakan kain lap bersih
  • Gosok dengan kain lap tersebut hingga ukiran kayu nampak bersih, warnanya menawan serta tidak lengket
  • Lakukan perawatan menggunakan poles furniture kayu secara berkala

Merk Poles Furniture Kayu Untuk Merawat Ukiran Kayu Tetap Indah Dan Menawan

Untuk menjaga tampilan dari ukiran kayu, anda harus merawatnya dengan baik. Ukiran kayu memiliki detail detail lekuk bagian ukiran tersebut. Cara yang paling mudah untuk merawat ukiran kayu dengan menggunakan poles  furniture kayu. Pilihlah poles furnitur yang mengandung linseed oil. Banyak para ahli kerajinan merekomendasikan untuk menggunakan linseed oil atau minyak rami. Linseed oil memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga dan melindungi furniture kayu.

Linseed oil, sangat bermanfaat untuk menajamkan warna ukiran kayu, menjaga dari perubahan cuaca serta menjaga dari paparan sinar matahari. Selain linseed oil, ukiran kayu yang bagus sebaiknya tidak mudah terkena air atau bersifat water repellant. Untuk mendapatkan hasil ini, anda dapat menggunakan bahan alami dari beeswax atau lilin lebah.

jenis kayu untuk dibuat ukiran
biopolish linseed oil untuk perawatan kayu ukiran

Kombinasi beeswax dan linseed oil akan memberikan perlindungan dan perawatan terhadap ukiran kayu. Biopolish linseed oil merupakan poles furniture yang diformulasikan khusus dengan bahan utama beeswax, linseed oil dan berbagai natural oil lainya. biopolish merupakan poles furniture kayu terbaik di indonesia yang menggunakan 100 % bahan alami sebagai bahan utamanya. Biopolish linseed oil memiliki banyak manfaat dan kegunaan pada furniture kayu yang dapat di manfaatkan untuk menjaga dan melindungi tampilan ukiran kayu. Berikut ini daftar manfaat dan kegunaan biopolish linseed oil:

  • Menampilkan keindahan serat alami kayu
  • Meresap jauh kedalam substrat kayu
  • Meningkatkan estetika kayu tanpa diberi lapisan film atau wax
  • Menjaga dari percikan atau rembesan air karena bersifat water repellant
  • Melindungi kayu dari paparan sinar ultra violet dan proses oksidasi atau pelapukan pada kayu akibat perubahan cuaca
  • Menghambat proses perubahan warna secara alami pada kayu
  • Meningkatkan ketajaman dan kecerahan warna alami kayu
  • Menjaga keindahan warna alami kayu tetap menawan
  • Menjaga fleksibilitas kayu sehingga kayu tidak mudah retak
  • Menjaga kayu dari serangan organisme perusak atau pembusuk sehingga kayu tetap awet
  • Menjaga kayu tetap bersih dan higienis

Nah berbagai manfaat ini dapat anda peroleh dengan rutin mengaplikasikan biopolish linseed oil sebagai produk perawatan untuk ukiran kayu yang anda miliki. Nah berikut cara menggunakan biopolish linseed oil untuk merawat ukiran kayu:

  1. Bersihkan ukiran yang akan di poles dengan biopolish
  2. Siapkan kain lap bersih dan biopolish linseed oil
  3. Oleskan biopolish dengan menggunakan kain lap bersih secara tipis merata keseluruh bagian ukiran kayu
  4. Gosok searah dengan serat kayu hingga ukiran tampak bersih, warnanya tampak tajam dan cerah dan tidak lengket
  5. Lakukan perawatan dengan biopolish secara teratur minimal seminggu sekali

Rawat Kayu dengan Biopolish Linseed Oil

Selain memastikan jenis kayu untuk dibuat ukiran yang paling tepat, pastikan pula Anda melakukan perawatan yang efektif. Apalagi, terdapat berbagai detil pada ukiran yang sering menjadi tempat berkumpulnya kotoran. Bersihkan secara rutin ukiran Anda dan gunakan produk perawatan semir kayu, Biopolish linseed oil. Oleskan semir kayu ini pada seluruh permukaan ukiran tak terkecuali pada tempat-tempatnya yang mendetil. Biopolish linseed oil mampu memberikan proteksi sekaligus meningkatkan estetika ukiran kayu Anda.

Kayu makin indah dengan biopolish.
Kayu makin indah dengan biopolish.
Biopolish efektif mencegah jamur tumbuh di furnitur
Biopolish terbukti efektif mencegah jamur tumbuh di furniture.

Pemesanan Biopolish linseed oil dan informasi lebih lanjut silahkan hubungi Customer Care kami di  081225784920 dan email di info(dot)biopolish(at)gmail(dot)com.

selain itu, anda dapat membeli biopolish linseed oil di marketplace berikut ini :

➡ BUKALAPAK : https://www.bukalapak.com/biopolishbaru

➡ TOKOPEDIA : https://www.tokopedia.com/semirbiopolish

➡ SHOPEE : https://shopee.co.id/shop/7299615/
➡ INSTAGRAM : https://www.instagram.com/biopolish_beeswax
➡ CAKNING : https://www.cakning.com/produk/biopolish-leather-care-1
➡ RALALI : https://www.ralali.com/v/biopolish
➡ LAZADA : https://www.lazada.co.id/biopolish

CS Biopolish