trend Jenis Kayu untuk Furniture yang Paling Banyak Digunakan

Terdapat beberapa jenis kayu untuk furniture yang paling sering digunakan. Ketahui jenis-jenis kayu tersebut sehingga Anda bisa memilih furniture yang paling tepat dan melakukan perawatan yang efektif.

Kayu Jati, salah satu jenis kayu untuk furniture yang banyak digunakan.

Kayu Jati, salah satu jenis kayu untuk furniture yang banyak digunakan.

Semua jenis kayu bisa digunakan sebagai bahan baku furniture bila tingkat kekerasannya bagus. Persyaratan tersebut diperlukan karena dalam pembuatan furniture, kayu harus melalui serangkaian proses yang rentan membuatnya rusak. Proses-proses tersebut antara lain dipotong, diukir, hingga diamplas. Dengan kata lain, apapun jenis kayunya asalkan cukup keras, maka ia bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture.

Baca Juga : mungkin anda belum tahu jenis kayu yang mudah diukir

Namun demikian, di pasaran sendiri terdapat jenis-jenis kayu yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture. Umumnya kayu-kayu tersebut disukai karena memiliki ketahanan maupun estetika yang menarik. Harga yang murah juga sering menjadi pertimbangan para pengrajin furniture memilih kayu yang paling tepat.

5 Jenis Kayu untuk Furniture yang Paling Sering Digunakan

Berikut ini 5 jenis kayu untuk furniture yang paling banyak digunakan:

  1. Kayu Jati. Kayu jati adalah primadona dalam dunia furniture. Kayu ini memiliki peminat yang begitu tinggi karena kuat, awet, dan memiliki penampilan yang menarik.
  2. Kayu Mahoni. Kayu Mahoni adalah jenis kayu untuk furniture lain yang juga populer bersama kayu jati. Dari segi kekuatan maupun estetika, kayu mahoni memang tidak sebaik kayu jati. Namun harganya lebih murah dibanding kayu jati sehingga bisa menghemat biaya yang harus Anda keluarkan.
  3. Kayu Sonokeling. Kayu Sonokeling banyak dipilih oleh mereka yang menyukai tampilan khas kayu ini. Kayu Sonokeling memiliki warna gelap alami dan serat kayu indah yang membuatnya unggul dalam hal estetika.
  4. Kayu Trembesi. Meski dulunya jarang terdengar, namun popularitas kayu Trembesi mulai menanjak. Kayu Trembesi juga banyak dipilih karena ketersediannya yang masih tinggi di alam.
  5. Kayu Akasia. Kayu Akasia adalah jenis kayu untuk furniture yang banyak dipilih sebagai alternatif kayu jati. Dari segi penampakannya, kayu Akasia memang memiliki kemiripan pola serat dengan kayu jati.

Merawat Furniture dari Berbagai Jenis Kayu dengan Biopolish Eksterior

Setiap jenis kayu di atas memiliki kekurangan dan keunggulannya masing-masing. Oleh karenanya, penggunaan dan peawatannya pun harus tepat. Sebagai contoh, Anda sebaiknya memilih kayu yang kuat seperti jati untuk furniture outdoor. Aplikasikan pula produk perawatan kayu khusus Biopolish Eksterior. Biopolish mampu meningkatkan estetika dan ketahanan furniture Anda dengan bahan alaminya. Keamanan produk ini pun sangat terjamin karena diformulasikan sesuai standar keamanan European Chemicals Agency dan US-Enviromental Protection Agency.

Leave a Comment

Your email address will not be published.