Lakukan Cara Ini Untuk Mengatasi Talenan Kayu Berjamur

Talenan merupakan perabot dapur yang vital keberadaanya di dapur. Hal ini berkaitan dengan kesehatan dan higienitas masakan yang dimasak. Jika anda menggunakan talenan plastic untuk alas mengiris makanan  bisa terkelupas dan masuk ke dalam makanan. Nah, plastic merupakan bahan yang tidak mudah terurai termasuk didalam perut manusia. Oleh karena itu penggunaan talenan kayu lebih disarankan ketimbang talenan plastik.

Talenan kayu memiliki banyak kelebihan dibanding dengan talenan plastic. Namun talenan kayu juga memiliki banyak kelemahan yang wajib anda ketahui. Talenan kayu membutuhkan perawatan ekstra. Hal ini berbeda dengan talenan plastic sekali dibersihkan langsung kering. Talenan kayu setelah dicuci jika tidak dikeringkan dengan betul justru akan menimbulkan jamur. Masalah seperti ini merupakan kelemahan  mendasar dari talenan kayu.

Mencegah Talenan Kayu Berjamur

Talenan kayu berjamur karena beberapa hal yang mempengaruhinya. Pertama, jamur ini disebabkan karena sifat kayu sendiri yang menyerap air sehingga mudah lembab. Kayu yang lembab inilah yang menyebabkan tumbuhnya jamur. Hal ini karena kayu merupakan salah satu media tumbuh bagi jamur. Akibat kayu yang lembab maka akan tumbuh jamur sehingga kayu menjadi media yang baik untuk tumbuhnya jamur.

Talenan Kayu Berjamur

Mengatasi masalah talenan kayu berjamur anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan talenan kayu selalu diberishkan setelah digunakan. Namun jangan menggunakan disenfektan atau cairan pembersih kimia untuk membersihkan talenan kayu.
  • Gunakan larutan cuka untuk membersihkan talenan kayu  yang kotor. Rendam talenan kayu selama beberapa menit pada larutan cuka untuk menghilangkan bau yang tidak sedap
  • Selain cuka, anda bisa membersihkan talenan kayu dengan menggunakan garam kasar. Caranya dengan menggosokkan garam kasar pada talenan kayu hingga bersih. Kemudian rendam talenan kayu di aiar panas
  • Selajuntya jemur talenan kayu dibawah sinar matahari hingga kering
  • Simpan talenan kayu di tempat yang sejuk dan kering

Mengatasi Talenan Kayu Berjamur Dengan Biopolish Beeswax

Talenan Kayu Berjamur

Talenan kayu berjamur menjadi masalah yang mengganggu. hal ini memang bisa dicegah dengan menggunakan bahan bahan alami. Namun treatmen seperti menggunakan larutan cuka ataupun garam kasar juga berisiko pada talenan kayu. Penggunaan cuka yang terus menerus juga bisa merusak struktur kayu sehingga talenan mudah lapuk. Selain itu jika tidak dikeringkan dengan betul juga bisa membuat jamur tumbuh lebih banyak.

Menggosok talenan kayu berjamur dengan garam kasar juga bisa merusak lapisan  coating pada talenan jika talenan telah dicoating. Jika talenan belum di coating, lapisan yang paling luar dari kayu yang akan semakin tergerus. Solusi dari semua masalah itu adalah dengan biopolish interior. biopolish merupakan poles kayu yang aman untuk kesehaatn karena bersifat food grade untuk kontak langsung dengan makanan. Biopolish interior memiliki kandungan anti septik alami sehingga aman untuk kesehatan dan higienis.

 

Kelebihan lain biopolish interior untuk merawat talenan kayu berjamur adalah karena kepraktisan aplikasinya. Biopolish interior sangat mudah aplikasinya pada talenan kayu. Cara pakainya cukup berishkan talenan kayu kemudian oleskan biopolish interior secara merata pada talenan kemudian diamkan sejenak. Selanjutnya gosok talenan kayu dengan kain bersih hingga terlihat mengkilap ataupun tidak lengket. Mengatasi talenan kayu berjamur lebih praktis,mudah dan juga aman untuk kesehatan dengan biopolish interior.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.