Manfaat Beeswax Untuk Alat Makan Yang Mungkin Belum Anda Tahu

Mungkin sebagian anda masih asing dengan sebutan lilin lebah atau beeswax. Padahal bahan yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah manfaat lilin lebah atau beeswax untuk alat makan dari kayu.

Lilin lebah atau beeswax merupakan bagian dari sarang lebah madu. Beeswax merupakan sejenis ester asam lemak dari sarang lebah. Liin lebah di hasilkan oleh lebah pekerja. Terutama dari delapan kelenjar lilin lebah pekerja. Warna lilin lebah umumnya kuning ada yang coklat tergantung dengan jenis polen dan propolis lebah itu sendiri atau tergantung cuaca dan makanan yang dihisap oleh lebah itu sendiri.

Umumnya lilin lebah banyak digunakan  oleh industry kosmetika karena relatif lebih alami dibandingkan menggunakan jenis lilin bahan kimia atau campuran lainya.namun tahukah anda bahwa saat ini liin lebah atau beeswax juga mulai digunakan untuk industry finishing kayu.

Lilin lebah atau beeswax ini memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Manfaat beeswax dalam bidang kecantikan

Beeswax ternyata banyak sekali dimanfaatkan dalam industry kosmetik. Pembuatan lipstick, pelembab dan kosmetika lainya banyak yang memanfaatkan kandungan beeswax ini. Bahkan pomade atau hair gel untuk para pria juga kini banyak yang dibuat dari beeswax.

Lilin lebah atau beeswax berperan esar dalam produk yang bersifat moisturizer atau melembabkan. Hal ini wajar jika beeswax banyak digunakan sebagai bahan dasar lip balm ataupun lipstick.

  • Manfaat beeswax atau lilin lebah dalam bidang kesehatan

Banyak jurnal yang menyeutkan bahwa beeswax memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan beeswax diklaim mampu menjga kesehatan liver, pasalnya beeswax mengandung anti oksidan yang tinggi dan mampu menjaga kesehatan fungis hati agar berjalan dengan baik.

Tidak hanya itu, beeswax juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri. Hal ini karena lilin lebah ini mengandung bahan anti peradangan yang mampu meringankan rasa nyeri. Tak hanya itu Beeswax juga baik dalam mengembalikan mood atau suasana hati.

  • Manfaat lilin lebah atau beeswax dalam bidang kesenian

Beeswax atau lilin lebah merupakan salah satu komponen pembuat krayon, hingga batik yang kita kenakan. Bahkan beberapa alat music juga membutuhkan sentuhan beeswax untuk menghasilkan nada rendah yang halus dan mudah. Di Indonesia beeswax dikenal dnegan istilah malam biasa digunakan untuk proses pembatikan.

Selain manfaat diatas ternyata beeswax juga memiliki banyak manfaat lainya. Tidak terkecuali dalam perawatan perabot rumah tangga kita. Jika selama ini kita abai dalam merawat perabot rumah tangga seperti alat makan, artikel berikut ini akan memberi penjelasan mengenai manfaat beeswax untuk alat makan dari kayu.

Manfaat Lilin Lebah Beeswax Untuk Perawatan Alat Makan Kayu

Manfaat lilin lebah atau beeswax untuk alat makan kayu bahkan dalam dunia pertukangan mungkin masih jarang di bicarakan. Padalah jika ditelisik lebih jauh beeswax sangat potensial untuk bahan finishing yang aman, ramah lingkungan dan lebih sehat dibandingkan bahn kimia lainya.

Manfaat beeswax dalam bidang pertukangan yang dapat anda dapatkan adalah sebagi produk poles kayu atau perawatan furniture kayu. Salah satunya adalah untuk emmoles alat makan dari kayu.

Beeswax atau lilin lebah bermanfaat sebagai produk untuk merawat furniture kayu yang mulai kusam guna mengembalikan kembali ketajaman warnanya. Tidak hanya itu, beeswax juga meindungi furniture kayu tersebut dari paparan sinar matahari yang merusak.

Jangan tunggu perabot rumah terutama yang terbuat dari kayu warnanya memudar. Anda dapat menggunakan beeswax atau lilin lebah untuk merawat furniture anda tetap cerah kembali. Namun tentunya jika hanya beeswax yang digunakan hasilnya kurang maksimal, diperlukan bahan bahan tambahan lain untuk mendapatkan hasil perawatan yang lebih komplit.

Rekomendasi Produk Lilin Lebah Beeswax Untuk Perawatan Alat Makan Dari Kayu

Perawatan alat makan dari atau perabot kayu lainya dengan beeswax dapat anda lakukan dengan mudah jika menggunakan biopolish beeswax. Mengapa biopolish beeswax? Produk ini merupakan lilin lebah beeswax yang di formulasi dengan bahan-bahan lainya sehingga mampu menajamkan kembali furniture kayu dan juga menjga kondisi furniture kayu tetap menawan.

Biopolish beeswax terbuat dari beeswax alami dan dicampur dengan bahan-bahan alami lainya. Bebeas bahan kimia berbahaya dan non toksik, sehingga biopolish beeswax aman digunakan untuk merawat perabot dapur dari kayu, tidak hanya itu bahkan alat makan dari kayu.

Berikut ini adalah manfaat biopolish beeswax untuk furniture kayu terutama untuk perawatan alat makan dari kayu :

  • Menjaga dan meningkatkan keindahan furniture kayu
  • Meningkatkan ketajaman warna atau menajamkan furniture kayu yang sudah kusam
  • Menjaga peralatan makan dari kayu agar tidak mudah basah jika terpercik air
  • Sebagai bahan finishing pada peralatan makan kayu sehingga aman untuk kesehatan, lebih awet dan higienis

Perawatan alat makan dari kayu menggunakan biopolish beeswax, sangatlah mudah. Anda hanya cukup menggunakan biopolish beeswax, kain lap bersih dankering serta siapkan peralatan makan kayu yang akan anda poles.

Cara memakai biopolish beeswax untuk perawatan peralatan makan dari kayu berikut ini langkah-langkah yang perlu anda ikuti:

  • Siapkan lap kain bersih dan kering, biopolish beeswax dan peralatan makan dari kayu yang akan di poles
  • Pastikan kondisi peralatan makan dari kayu dalam kondisi bersih dan kering
  • Oleskan dengan kain lap biopolish beeswax secara tipis merata ke bagian perabot dapur dari kayu
  • Gosok peralatan makan dari kayu tersebut dengan kain bersih hingga tidak lengket
  • Lakukan perawatan secara berkala untuk menjaga kondisi perabot