Mencuci Jaket Kulit Asli Secara Mandiri Tanpa Pergi Ke Profesional

mencuci jaket kulit

Bisakah kamu membedakan mana jaket kulit asli dan jaket kulit sintetis? Ciri utama yang bisa kamu gunakan adalah, jaket kulit asli memliki tekstur permukaan yang lembut ketika diraba. Namun jika jaket kulit sintetis, permukaan akan terasa licin atau kesat ketika diraba. Ditambah, jaket kulit sintetis lebih mudah kusut dibandingkan jaket kulit asli. Jaket kulit sintetis juga mudah robek, terlebih ketika ditempatkan pada suhu panas. Mencuci jaket kulit asli tentu berbeda dengan mencuci jaket kulit sintetis.

Mencuci jaket kulit asli penting untuk kamu perhatikan agar jaket kulit asli milikmu bisa bertahan lama, warnanya terjaga, dan bersih. Apalagi di zaman sekarang jaket kulit menunjukkan popularitasnya lagi ketika dikenakan oleh para artis atau public figure. Jaket kulit tak hanya dominasi para anak motor, tetapi juga para orang tua hingga anak-anak. Semua kalangan bisa mengenakannya untuk menunjang penampilan atau berfungsi sebagai outer.

Meski penggunaannya sangat simple dan bisa membuat kece dalam waktu singkat, ternyata mencuci jaket kulit asli tidak semudah yang dibayangkan. Alasannya jaket kulit asli merupakan busana yang tak boleh disamakan cara cucinya dengan jenis pakaian lain, baik itu kaos, kemeja, dress, atau celana. Perlu perawatan dan proses pencucian yang agak khusus menangani jenis busana yang harganya mahal ini. Oleh karena itu, banyak orang yang merasa ragu untuk mencucinya sendiri karena khawatir nanti akan terjadi kerusakan.

Dengan memahami mencuci jaket kulit asli dengan benar, kamu bisa merawatnya sendiri tanpa perlu pergi ke profesional. Ingat jika jaket kulit asli sebagaimanapun kamu sayangnya jarang kamu cuci, akan membawa masalah juga karena membuatnya jadi kotor, bau, dan rapuh. Berikut hal-hal yang mesti kamu perhatikkan ketika mencuci jaket kulit asli secara mandiri tanpa harus pergi ke profesional:

  1. Jangan mencuci jaket kulit asli menggunakan deterjen
  2. Jangan merendam lama-lama jaket kulit asli ke dalam air agar tidak mudah rontok kulitnya
  3. Jangan menggunakan mesin cuci, kecuali jika label/instruksi memperbolehkan
  4. Jangan mengkucek jaket kulit asli walaupun menggunakan tangan sendiri, tapi seka secara lembut dan hati-hati
  5. Jika ingin menghilangkan bau, jemurlah di bawah sinar matahari sedang tidak terlalu terik. Jangan pula menjemur jaket kulit asli dengan durasi waktu yang lama untuk mencegah kulit mengelotok.
  6. Jika noda tak terlalu fatal, bersihkanlah jaket kulit asli menggunakan lotion atau krim khusus yang bisa kamu beli di toko jaket.

Langkah Mencuci Jaket Kulit Asli Secara Mandiri

Selain mengetahui cara merawat jaket kulit asli yang benar, sebagai leather lovers, kamu juga mesti mengetahui langkah-langkah pencucian jaket kulit asli yang tepat. Prinsip utamanya, ketika kamu mendapati jaket kulit asli kamu kotar, segeralah untuk mencucinya. Cara mencuci jaket kulit asli sebenarnya tak berbeda dengan barang berbeda kulit lainnya seperti tas kulit, kamu mesti melakukannya dengan hati-hati supaya tekstur, permukaan, dan warna aslinya tidak berubah hingga rusak. Langkah-langkah berikut ini bisa menjadi panduan kamu agar prosesi mencuci jaket kulit bersih secara optimal:

  • Uji Warna Ketahanan Jaket Kulit dengan Handuk Basah

Jangan tergesa-gesa dalam mencuci jaket kulit asli. Pertama-tama lakukanlah pengujian ketahanan warna jaket kulit menggunakan handuk basah. Sediakan handuk kecil berwarna putih, kemudian basahi handuk menggunakan sedikit air. Gosok permukaan jaket menggunakan handuk secara perlahan-lahan. Jika ada tanda-tanda handuk putih berubah warna, kemungkinan besar jaket kulit kepunyaanmu luntur sehingga kamu tak bisa melakukan perendaman. Namun kamu harus mencucinya dengan metode dry clean agar kelunturan tidak terjadi.

  • Cara Mencuci Jaket Kulit dengan Cepat

Metode ini bisa kamu lakukan ketika kamu sudah memastikan jika jaket kulit kamu tidak mengalami kelunturan. Agar jaket kulit tak mengalami perubahab bentuk dan teksturnya masih sama, gunakan air hangat ketika kamu hendak mencuci jaket kulit. Lalu cuci langsung sekarang itu juga, jangan menunggu nanti-nanti untuk meminimalisir serat-serat kulit tidak menyerap air secara berlebuhan. Untuk bagian kulitnya sendiri, jangan kucek secara langsung tapi yang perlu kamu kucek seracar langsung adalah bagian dalam meskipun harus cermat dan berhati-hati. Lalu bilaslah dengan menggunakan air bersih. Usai mencuci, jangan diperas ya agar tekstur tidak berubah. Langsung siapkan gantungan untuk kemudian dikeringkan.

  • Jemur Jaket Kulit dengan Cara Diangin-anginkan Di Tempat yang Teduh

Setelah kamu berhasil mencucinya dan jaket kulit digantungkan pada gantunganbaju hingga muatan airnya hilang, langkah selanjutnya adalah menepuk-nepuk permukaan jaket kulit agar pengeringan cepat. Lakukan penjemuran ini ditempat yang teduh dengan cara diangin-anginkan hingga jaket kulit asli kering secara optimal. Jika kamu menjemur di bawah matahari, jangan jemur secara langsung di bawah sinar yang terik. Pastikan jaket kering dan tidak lembap.

  • Setelah Jaket Kering, Dilarang Untuk Menyetrika

Jaket kulit tidak boleh disetrika. Alasannya setrika memiliki temparatur yang sangat panas yang membuat permukaan jaket kulitjadi rusak dan warnanya jadi berubah jadi kusam. Akibat lain yang tibulkukan, warna jadi memudar, tekstur rapuh, dan jaket kulit tersebut akan mengalami penyusutan. Sehingga setelah mencuci jaket kulit asli hingga kering telah kamu lakukan, simpanlah jaket tersebut ke dalam lemari yang bersih dan bersuhu normal.

  • Merawat Jaket Kulit Asli dengan Menggunakan Biopolish Leather Care

Sebelum kamu simpan atau taruh jaket kulit asli kamu di dalam lemari dengan cara digantung, ada baiknya kamu memberikan perawatan yang lebih maksimal dengan mengolesi jaket kulit asli tersebut dengan menggunakan Biopolish Leather Care. Produk satu merupakan bahan yang diformulasikan khusus untuk merawat barang berbahan kulit, salah satunya jaket kulit. Dengan mengolesinya dengan Biopolish Leather Care, maka kondisinya akan tetap terjaga, tak mudah rusak, dan menawan. Biopolish Leather Care juga memberikan perawatan dari serat kulitnya langsung dengan bahan-bahan alami yang dikandungnya seperti beeswax.

Kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika mengolesi jaket kulit asli kamu menggunakan Biopolish Leather Care adalah produk ini mampu melembutkan, melenturkan, serta menjaga tekstur permukaan jaket kulit sehingga nyaman ketika dipakai. Dengan mengaplikasikannya secara merata, maka warna jaket kulit juga akan terjaga dan menjadi lebih cerah dan tajam.

Fungsi dari Biopolish Leather Care bagi jaket kulit yaitu berperan sebagai lotion yang membantu mencegah permukaan jaket kulit mengelupas, mengeolotok, atau pecah. Selain itu juga melindungi jaket kulit asli dari paparan sinar matahari beserta efek negatif yang ditimbulkan seperti terjadi kekusaman dan perubahan warna.

Sesungguhnya mencuci jaket kulit asli secara mandiri bisa dilakukan jika kita mengetahui seluk belum dan karakter dari jaket kulit itu sendiri. Jangan sampai jaket kesayanganmu jadi rusak karena kamu tak tahu cara mencuci dan merawatnya ya!