Mencuci Jaket Kulit Sintetis Secara Manual dan Non-manual

mencuci jaket kulit

Jaket memang pakaian segala umat dan memiliki fungsi ganda ketika dikenakan. Tak hanya unuk melindungi tubuh dari hawa dingin, tapi juga memberikan efek stylish tersendiri bagi orang yang mengenakannya. Di pasaran berbagai jenis jaket bermunculan, dari jaket jeans, jaket wol, juga jaket kulit. Untuk jaket kulit masih dibagi lagi jaket kulit asli dan jaket kulit sintetis. Jenisnya yang berbeda ini menentukan pula jenis perawatan yang berbeda. Semisal untuk mencuci jaket kulit sintetis butuh treatment sendiri yang tepat.

Jaket kulit sintetis menjadi salah satu produk pakaian yang popular di kalangan anak muda. Produk ini marak karena harganya yang relatif murah dan bentuk desainnya yang beragam. Sayangnya, tidak banyak orang pula yang mengetahui bagaimana mencuci jaket kulit sintetis dengan cara benar. Berbeda dengan jaket kulit asli yang ada larangan untuk mencuci, jaket kulit sintetis bisa dicuci dan dibersihkan dengan lebih mudah.

Berikut cara-cara mencuci jaket kulit sintetis:

  1. Cara Manual Menggunakan Tangan

Mencuci menggunakan tangan memang menjadi metode umum yang digunakan untuk membersihkan segala jenis pakaian. Namun sebelum melakukannya, terlebih dahulu buanglah kotoran yang menempel pada jaket kulit, baik kotoran yang sifatnya kering atau sudah mengerak. Ini bisa kamu lakukan dengan mencari terlebih dahulu di mana letak kotoran yang melekat untuk kemudian dilap menggunakan kain halus. Setelah membersihkan di langkah pertama ini, maka mencuci jaket kulit sintetis selanjutnya akan lebih mudah.

Ketika mencuci jaket kulit sintetis disarankan pula untuk menggunakan air hangat, bukan air dingin atau air biasa. Ini akan memudahkan noda jadi mudah terangkat. Nah, kamu jga bisa menggunakan deterjen untuk membersihkannya. Caranya dengan menuangkan 15 gram deterjen ke mangkuk kecil berisi air hangat tadi hingga tercapur merata. Oiya, pilih deterjen yang formulasinya lembut ya atau deterjen bisa kamu ganti dengan cairan pembersih kulit sintetis yang dijual secara komersial.

Langkah selanjutnya mencuci jaket kulit sintetis dengan membasahi lap ke dalam campuran air sabun yang telah dibuat sebelumnya. Peras hingga lap jadi tidak terlalu basah atau dalam kondisi lembap. Kondisi lap yang lembap akan memudahkan kamu juga ketika hendak mengaplikasikannya ke permukaan. Lalu fokuskan pemebrsihan pada bagian yang kotor secara langsung.Kemudian ambil lap bersih untuk mengeringkan dan menangkat sisa sabun. Bilas menggunakan lap baru dan ketika noda telah menghilang keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Setelah kering, simpan dalam tempat yang bersuhu normal, jangan di tempat lembap yang menjadi sarang munculnya jamur yang tak diinginkan. Jamur tentu akan membuat performa jaket kulitmu jadi tambah lesu karena bercak-bercak yang ditimbulkan oleh jamur begitu menganggu dan terlihat tidak bersih.

  1. Cara Non-Manual Menggunakan Mesin Cuci

Cara mencuci jaket kulit sintetis yang bisa kamu lakukan kedua dengan menggunakan mesin cuci. Sayangnya cara ini berlaku bagi jaket-jaket kulit sintetis dengan merk-merk tertentu yang bisa kamu cek dari label keterangan perawatan yang ada ketika kamu pertama kali membelinya. Faktor kedua juga tergantung dari bagaimana proses pembuatan jaket kulit sintetis tersebut. Apakah bahan sintetisnya banyak atau presentasenya seperti apa. Ketika kamu yakin di label ada keterangan mencuci menggunakan mesin cuci aman dan boleh dilakukan, baru kamu melakukan langkah selanjutnya. Jika kamu nekat melakukannya, malah-malah jaket kulit sintetismu jadi kaku, retak, hingga berubah warna. Nggak mau kan?

Tahap berikutnya, cara mencuci jaket kulit sintetis menggunakan mesin cuci yaitu dengan membalik jaket kulit terlebih dahulu baru kemudian dimasukkan ke dalam tabung mesin. Trik ini akan melindungi jaket kulit sintetis favoritmu dari gesekan secara langsung dengan mesin, sehingga tampilan dan warnanya tidak memudar. Jika perlu, sediakan sarung bantal atau kantung kasa cucian yang digunakan untuk melindungi jaket kulit sintetis selama dicuci di dalam mesin. Ikat ujung-ujung sarung bantal menggunakan tali kain.

Setting mesin cuci menuju mode pencucian halus dan berkecepatan putar yang lambat. Cara mencuci jaket kulit sintetis dengan mode ini membuat permukaan kulit jadi tidak terlalu terkoyak dengan cepat sehingga malah membuat rusak permukaannya. Ketika mesin cuci telah berhenti, langsung keringkan jaket kulit sintetis dengan cara diangin-anginkan. Ingat ya, jangan langsung dijemur dengan paparan sinar yang panas secara langsung karena bisa merusak.

Dalam menjemurnya pun ada teknik tersendiri. Pastikan ketika kamu memasang jemurannya seimbang atau kedua sisi sama-sama tertarik. Ini untuk menjaga agar tekstur jaket jadi lebih terjaga dan jaket sintetis jadi tak melar. Pastikan pula supaya gantungan baju tidak menekan jaket pada bagian-bagian tertentu. Untuk merapikan bagian jaket yang kusut, kamu juga bisa menguapinya. Ketika sudah kering dan ingin kamu masukkan ke dalam lemari, ingat pula untuk digantung dan bukan dilipat ya. Ini bisa menjaga agar bentuk jaket kulit sintetis sesuai dengan bentuk aslinya.

Cara Perawatan Jaket Kulit Sintetis Usai Mencuci

Cara mencuci jaket kulit sintetis bisa dilakukan secara manual dan non-manual, meski begitu agar hasil lebih optimal, rawatlah jaket kulit sintetis menggunakan kondisioner. Untuk perawatan yang lebih maksimal, usai kamu mencuci jaket kulit sintetis, tambahkan atau oleskan kondisioner pada permukaan jaket. Fungsi utama dari kondisioner ini adalah memberikan perlindungan dan mencegah lapisan jaket jadi kering sehingga tidak mudah retak, mengelupas, dan rusak. Produk kondisioner yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah Biopolish Leather Care yang terbukti dengan formulasi khususnya bisa membuat warna jadi tambah tajam dan terawat.

produk biopolish leather care

Cara mengaplikasikan Biopolish Leather Care untuk jaket kulit juga mudah lho. Jaket kulit yang sudah bersih dan kering bisa langsung dioles dengan menggunakan Biopolish Leather Care. Kemudian siapkan lap bersih yang lembut dan bersih untuk mengusapkan material Biopolish pada permukaan jaket kulit sintetis secara merata. Usai kamu usapkan Biopolish Leather Care secara merata, diamkanlah barang sesat selama beberapa menit agar formulasi alaminya menyerap sempurna ke dalam pori-pori jaket terebut.

Langkah terakhir yaitu denngan menggosok hingga merata ke seluruh permukaan jaket kulit sehingga teksturnya lebih lentur dan warnanya jadi lebih tajam. Produk Biopolish Leather Care merupakan produk peratan jaket kulit sintetis alami yang sangat cocok buat kamu para pecinta jaket. Produk ini memberikan perawatan yang bisa kamu lakukan secara praktis untuk melindungi jaket kesayangan kamu.

Beberapa kelebihan yang bisa kamu dapat ketika mengaplikasikan produk satu ini yaitu: tebuat dari bahan alami, tidak berbagu, tidak berwarna, tidak merubah tampilan, tidak licin, membuat warna jadi cerah, anti air, dan membuat jaket jadi awet. Dengan mengaplikasikan Biopolish Leather Care secara rutin, dijamin jaket kulit milikmu akan menunjukkan performa terbaiknya. Jangan lupa merawat dengan rutin ya!