begini cara atur kelembapan untuk mencegah tumbuhnya jamur dirumah

Mengatur kelembaban adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan jamur. Sebab, faktor kelembaban adalah faktor yang krusial menentukan bisa-tidaknya jamur tumbuh dan berkembang.

Salah satu mengatur kelembaban udara adalah dengan membuat sirkulasi udara yang baik.

Salah satu mengatur kelembaban udara adalah dengan membuat sirkulasi udara yang baik.

Mengapa Harus Mengatur Kelembaban?

Keberadaan jamur pada berbagai produk dalam ruangan tidak terlepas dari syarat tumbuhnya yang terpenuhi. Sebab, sebagaimana organisme yang lain, jamur hanya bisa hidup bila faktor-faktor lingkungannya mendukung. Salah satu faktor krusial bagi kehidupan jamur adalah faktor kelembaban pada media ia tumbuh. Kelembaban yang tinggi bisa memicu pertumbuhan jamur pada tembok dan berbagai furniture kayu. Padahal, efek yang ditimbulkan jamur sangat beragam. Jamur bisa merusak produk yang dikenainya serta menyebabkan gangguan kesehatan serius pada manusia, seperti asma.

Sumber Kelembaban dan Langkah-langkah Meminimalisirnya

Lembabnya permukaan furniture atau tembok bisa disebabkan karena banyak hal. Aktivitas manusia yang ceroboh seperti meletakkan gelas basah pada meja merupakan salah satu sumber meningkatnya kelembaban pada meja tersebut. Bila tidak dikeringkan dengan sempurna, resiko tumbuh jamur dan berbagai organisme lainnya akan meningkat. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatur kelembaban menjadi rendah dan tidak sesuai dengan syarat tumbuh jamur:

  1. Perbaiki bila terdapat kebocoran pada atap atau pada berbagai sisi rumah.
  2. Gunakan cover plastik untuk mencegah merembesnya air pada berbagai bagian rumah.
  3. Bila perlu, gunakan kipas angin di dapur dan kamar mandi untuk mengatur kelembaban agar rendah sehingga beberapa benda yang rentan terkena jamur menjadi jauh lebih aman.
  4. Lap kering bagian-bagian rumah yang seringkali terpapar embun.
  5. Gunakan Air Conditioner (AC) terutama saat cuaca sedang panas dan lembab untuk mengatur kelembaban tetap rendah. Namun, tetap perhatikan keamanan produk yang digunakan.
  6. Pastikan sirkulasi udara selalu dalam kondisi baik dan cukup. Buka jendela bila kondisinya memungkinkan dan jangan selalu menutup pintu sekat antar ruangan.
  7. Hilangkan serangga-serangga seperti semut yang bisa menyebarkan spora jamur.
  8. Rawat dan selalu jaga kekeringan lantai yang dilapisi kayu karpet. Jangan sampai kita membiarkannya tanpa perawatan yang rutin karena bisa jadi di bawah karpet tersebut tumbuh jamur akibat kelembaban yang mencukupi.

Anda bisa menggunakan Biopolish Linseed Oil untuk merawat produk dari MDF.

Biopolish eksterior

Demikian langkah-langkah cara mengatur kelembaban agar jamur tidak tumbuh. Untuk mendukung cara mengatur kelembaban di atas langkah di atas, Anda juga dapat memanfaatkan semir kayu Biopolish Eksterior. Biopolish Eksterior akan melindungi produk-produk kayu dari kelembaban. Kandungan pine oil produk ini juga dapat membasmi organisme yang tumbuh.

Kontak dan Pemesanan

Untuk kontak dan pemesanan Biopolish eksterior , silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di info.bioindustries@gmail.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published.