Menyambut Lebaran, Gunakan Natural Oil untuk Finishing Furniture agar Terlihat Baru Lagi

Lebaran Sebentar Lagi

Bagi umat muslim, hari raya idul fitri yang dikenal juga dengan istilah lebaran, adalah salah satu hari besar yang dirayakan dengan cara yang sangat special. Terlebih lagi lebaran dirayakan setelah umat muslim melaksanakan puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Selama berpuasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan, umat muslim menahan diri dari lapar dan dahaga serta hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa.

Perjuangan berat yang sudah dilalui itu terbayar pada saat hari raya idul fitri. Di mana seluruh umat muslim yang telah menjalankan puasa selama satu bulan diibaratkan seperti bayi yang baru lahir. Seperti terlahir kembali. Kembali menjadi suci, dibersihkan dari dosa-dosa.

Oleh karena itu momen lebaran menjadi momen yang sangat spesial. Banyak umat islam yang menyambutnya dengan menggunakan sesuatu yang serba baru. Sesuatu yang serba baru ini tidak lepas dari spirit “dilahirkan kembali” yang muncul pada hari lebaran.

Meskipun demikian tidak semua hal harus baru di hari lebaran. Misalnya furniture rumah. Jika kamu masih memiliki furniture rumah yang masih layak pakai, bukan berarti kamu harus menggantinya dengan yang baru saat menyambut lebaran. Kamu bisa melakukan finishing ulang untuk membuat furniture kamu terlihat baru lagi saat persiapan lebaran tanpa harus membeli yang baru.

Yuk simak beberap tips di bawah ini.

 

Lakukan Finishing pada Furniture agar Telihat Baru Lagi

Furniture merupakan perabot rumah tangga yang dibeli untuk jangka panjang. Tidak seperti pakaian yang pemakaiannya sangat terbatas waktu, pemakaian furniture bisa sampai bertahun-tahun. Oleh karena itu, kamu tidak bisa membeli furniture baru seperti kamu membeli baru baru saat lebaran tiba.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat furniture terlihat baru adalah dengan melakukan finishing. Dengan melakukan finishing, furniture lama kamu bisa terlihat baru lagi. Dari segi biaya, melakukan finishing pada furniture yang masih bisa digunakan jauh lebih murah dibandingkan harus membeli baru.

Ada 5 teknik finishing sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah:

  1. Finishing Tampilan Natural

Finishing tampilan natural bisa dipilih jika kamu ingin mendapatkan hasil akhir berupa serat kayu yang semakin tajam. Berbagai warna natural bisa dipilih untuk menghasilkan tampilan natural. Selain itu, tampilan natural bisa juga didapatkan dari memberikan lapisan coating.

  1. Finishing Tampilan Mengkilap

Finishing tampilan mengkilap atau glossy bisa dipilih jika kamu ingin menempatkan furniture kayu kamu di luar ruangan atau outdoor. Tampilan yang mengkilap akan memberikan kesan mewah sekaligus menyembunyikan goresan-goresan yang muncul akibat furniture kamu sering digunakan.

  1. Finishing Black Wash

Finishing black wash bisa kamu pilih jika ingin membuat tampilan furniture memiliki kesan gelap namun mewah. Tampilan gelap ini membuat furniture tampak seperti barang yang sudah tua padahal masih baru. Sehingga muncul kesan antik.

finishing black wash
finishing black wash. sumber: https://www.catkayu.com/5-macam-finishing-kursi-kayu-jati-menarik-untuk-dilakukan-pemula-9731.html
  1. Finishing White Wash

Hampir sama dengan black wash, bedanya ada di warna saja. Jika black wash membuat furniture terlihat gelap dan tua, white wash membuat furniture terlihat cerah dengan dominasi warna putih. Finishing ini cocok untuk furniture yang akan ditempatkan di lokasi dengan suasana vintage.

  1. Finishing Efek Terbakar

Finishing efek terbakar ini merupakan adaptasi dari teknik finishing populer di kalangan orang Jepang, yaitu teknik finishing shou sugi ban. Tampilan efek terbakar muncul dari perpaduan antara warna papua rose dengan warna red GL.

 

Cara Finishing Menggunakan Biopolish Natural Oil

Proses finishing merupakan proses untuk menghilangkan permukaan kayu dari guratan dan goresan sebelum furniture digunakan. Meskipun sering digunakan pada furniture yang baru dibuat, proses finishing juga bisa diterapkan pada furniture yang sudah lama agar terlihat baru lagi. Bagi kamu yang akan menyambut lebaran dengan suasana furniture baru, finishing furniture bisa menjadi pilihan.

Pada proses finishing, intinya adalah kamu melakukan sesuatu untuk membuka pori-pori kayu supaya cat warna menjadi lebih mudah menyerap. Goresan-gorean saat kayu dipotong dan dibelah juga dihilangkan pada proses ini. Dengan proses ini, goresan, noda, dan kerusakan-kerusakan yang sudah terjadi pada furniture bisa disamarkan.

Berikut ini adalah cara cepat finishing furniture jadi baru lagi untuk persiapan lebaran:

  1. Haluskan furniture dengan amplas untuk menghilangkan goresan, noda, atau bagian rusak lainnya.
  2. Tutup pori-pori kayu dengan Biovarnish Wood Filler.
  3. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer untuk hasil yang lebih bagus.
  4. Oleskan Biopolish Natural Oil.
  5. Jika ingin tampilan maksimal, oleskan kembali Biopolish Natural Oil untuk hasil yang lebih maksimal.

Dengan cara sederhana ini, dijamin kamu bisa merayakan lebaran dengan furniture lama tapi terlihat baru. Selamat mencoba.

 

Mengapa Menggunakan Biopolish Natural Oil

Produk-produk Biopolish dikenal sebagai merk perawatan furniture kayu terbaik karena terbuat dari bahan-bahan alami. Ketika hendak melakukan maintenance furniture kayu, jangan asal pilih. Pilihlah produk yang terpercaya untuk memastikan produk perawatan yang kamu pakai memang bagus dan mempertahankan kualitas alami dari si kayu itu sendiri sebagaimana Biopolish—tidak malah merusaknya. Salah satu produk perawatan kayu dari Biopolish adalah Biopolish Natural Oil.

Biopolish Natural Oil merupakan cairan berkualitas yang dibuat khusus menggunakan formula alami. Cocok untuk diaplikasikan baik di dalam atau di luar ruangan. Berbagai jenis kayu juga bisa diolesi dengan minyak satu ini, seperti kayu jati asli, kayu jati belanda, kayu mahoni, dan lain-lain. Dengan menggunakan Bioplosih Natural Oil saat finishing, bahan ini sanggup meresap ke permukaan dalam kayu yang membuatnya terlihat baru dan terawat.

Biopolish Natural Oil dibuat dari bahan-bahan alami dan menjadi minyak yang serba guna baik untuk finishing maupun perawatan. Minyak ini terbuat dari mineral oil bermanfaat untuk menambah keindahan dan keawetan furniture kayu dengan cara pengaplikasikan yang mudah. Biopolish Natural Oil mempunyai fungsi utama memberikan kecerahan dan ketajaman kayu dengan alami, melindungi dari percikan air, dan mencegah datangnya organisme yang mengganggu.

Berencana melakukan finishing furniture untuk persiapan lebaran? Tertarik menggunakan Biopolish Natural Oil untuk finishing furniture kamu?

Kamu bisa mendapatkan produk Biopolish Natural Oil dengan cara menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, produk Biopolish Natural Oil juga tersedia di beberapa marketplace seperti https://www.biopolish.com/bio/mp-bukalapak/, Shopee, https://www.biopolish.com/bio/mp-tokopedia/ dan Blibli. Jika penasaran dan ingin bertanya tentang produk ini, informasi lebih lanjut silahkan hubungi reseller terdekat di kota kamu atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.