Tersertifikasi US FDA, Biopolish Beeswax Aman untuk Perawatan Alat Makan dan Furniture Kayu

Selama ini yang diketahui orang dari lebah adalah madu. Sebenarnya selain menghasilkan madu, lebah juga menghasilkan lilin lebah. Atau yang dikenal dengan istilah beeswax. Lilin lebah ini terbentuk saat lebah membuat sarangnya. Untuk merekatkan antar bagian dari sarang sehingga terbentuk menjadi sarang yang utuh.

Processed with VSCO with s4 preset

Madu sudah terkenal banyak manfaatnya. Begitu juga dengan beeswax. Banyak industri yang memanfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh beeswax. Misalnya industri kosmetik. Dalam dunia kosmetik beeswax dimanfaatkan sebagai campuran dari bahan-bahan riasan wajah. Kandungan alamiahnya menjadikan beeswax bermanfaat untuk perawatan kulit.

Selain untuk bahan kosemtik, beeswax juga aman dikonsumsi. Meskipun demikian beeswax jarang digunakan untuk campuran makanan. Beeswax lebih banyak dimanfaatkan untuk bahan pelapis alat makan kayu sehingga aman jika digunakan untuk makan. Selain alat makan kayu, furniture kayu juga bisa dilapisi dengan beeswax.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika kamu menggunakan beeswax. Apa saja manfaatnya? Simak artikel berikut.

 

Manfaat Beeswax

  1. Mengatasi berbagai masalah kulit

Sebagaimana sudah disebutkan tadi, beeswax banyak digunakan untuk campuran bahan kosmetik. Hal ini dikarenakan beeswax mempunyai manfaat mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Salah satu alasannya adalah beeswax memiliki sifat humektan yang berarti dapat menyerap air dari udara dan menariknya ke permukaan kulit, sehingga kulit tetap terhidrasi.

Sifat humektan yang dimiliki beeswax membuat produk kosmetik berbahan beeswax mampu melindungi kelembaban kulit. Perlindungan ini juga berlaku pada balita yang mengalami ruam popok. Beeswax dapat dioleskan pada balita yang mengalami ruam popok sehingga kelembaban kulitnya terjaga dan tidak mengalami iritasi.

Kemampuan menjaga kelembaban kulit ini juga berlaku untuk mengatasi kulit pecah-pecah, terutama di area kaki. Fenomena kulit kering dan pecah-pecah di bagian tumit kaki adalah fenomena yang sering kita temui. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan beeswax.

  1. Melindungi hati

Sebuah penelitian sudah dilakukan untuk mencari tahu manfaat beeswax terhadap hati. Korean Journal of Internal Medicine, dipublikasikan pada tahun 2013, mengungkapkan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam beeswax dapat membantu melindungi hati. Tidak hanya itu saja, kandungan alkohol pun ditemukan pada sarang lebah.

Para peneliti memimpin sebuah studi yang menggunakan alkohol lilin lebah untuk mengevaluasi tingkat aman atau tidaknya jika digunakan oleh orang dengan penyakit hati. Setelah 24 pekan dapat disimpulkan bahwa lilin lebah dapat membantu fungsi hati berjalan normal dan menurunkan gejala lemak hati.

  1. Mengurangi stress

Beeswax dapat juga dimanfaatkan untuk mengurangi stress. Saat ini sudah banyak tersedia lilin yang digunakan untuk relaksasi alami yang terbuat dari beeswax. Beeswax digunakan sebagai lilin relaksasi karena terbuat dari bahan alami. Jika kamu tertarik untuk menggunakan lilin relaksasi, pastikan yang mengandung lilin lebah. Selain mengurangi stres, kesehatan Anda pun tetap aman.

  1. Mempertahankan fleksibilitas kayu

Selain untuk kesehatan kulit dan kesehatan tubuh, beeswax juga ternyata sering dimanfaatkan untuk poles kayu. Bahan alami yang dimiliki beeswax dapat menyerap ke dalam serat-serat kayu sehingga melindungi kayu dari kerusakan. Selain itu bahan alami yang terkandung dalam beeswax membuatnya aman untuk dileskan pada perlengkapan kayu yang bersentuhan langsung dengan makanan.

 

Kelebihan Biopolish Beeswax

Salah satu manfaat dari beeswax adalah dapat mempertahankan fleksibilitas kayu. Selain itu aman digunakan untuk peralatan kayu yang bersentuhan langsung dengan makanan. Salah satu produk poles kayu dengan bahan beeswax terbaik yang saat ini tersedia di pasaran adalah Biopolish Beeswax.

Apa itu Biopolish Beeswax? Sebelum menggunakannya, baca penjelasan singkat ini dulu.

Biopolish Beeswax food grade aesthetic and protective merupakan pemoles kayu alami berbahan dasar beeswax yang diformulasikan khusus sesuai dengan standard sertifikasi U.S Food and Drug Administration (U.S FDA). Aman digunakan untuk kebutuhan finishing atau perawatan barang yang mensyaratkan tingkat keamanan bahan yang tinggi seperti meja makan, perabotan dapur, peralatan makan, mainan anak, baby furniture, dll.

Fitur dan sifat yang dimiliki Biopolish Beeswax di antaranya adalah terbuat dari 100% bahan alami, memiliki sertifikat dari U.S. FDA, food grade, tidak berwarna dan tidak berbau, memiliki efek water repellant seperti daun talas, serta mampu mempertahankan warna alami kayu.

Permukaan kayu yang telah dipoles dengan Biopolish Beeswax dengan baik dan tepat, maka warna alami kayu akan lebih tajam, cerah dan mengkilat alami. Bahan Biopolish Beeswax akan meresap jauh ke dalam serat kayu. Produk ini akan menghambat proses oksidasi dan pelapukan, mempertahankan kelenturan serat kayu sehingga mengurangi resiko kayu pecah.

Pada permukaan kayu akan menampilkan efek air di daun talas (water repellent). Produk yang diaplikasikan Biopolish Beeswax dapat dicuci dan mudah dibersihkan. Fungsi lainnya, produk ini akan membantu menjaga kekeringan kayu serta menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

Selain digunakan pada alat makan berbahan kayu, Biopolish Beeswax bisa juga digunakan pada produk mainan dan furniture bayi. Baby furniture dan mainan anak biasanya terbuat dari material yang lembut dan lentur seperti busa karet, vinyl dan bahan polimer lentur lainnya. Perubahan suhu dan cuaca serta aktivitas micro-organisme memicu proses oksidasi polimer. Hal ini bisa mengakibatkan karet, vinyl serta material lembut dan lentur sehingga lambat laun menjadi kaku, retak, dan mengelupas.

Serpihan bahan polimer tersebut tentu berbahaya bagi kesehatan bayi dan anak. Untuk itu dibutuhkan perawatan untuk menjaga kebersihan, kelenturan bahan agar awet dan tidak berbahaya. Biopolish Beeswax adalah bahan terbaik untuk perawatan baby furniture, mainan dan perlengkapan bayi lainnya. Digunakan sebagai material yang berhubungan langsung dengan bayi dan anak tentu saja bahan tersebut harus aman dan memenuhi standard food grade.

Biopolish Beeswax terbuat dari bahan beeswax dan minyak nabati yang mengandung bahan anti-oxidant alami, natural plasticizer dan natural anti-septic. Tiga zat tersebut ampuh untuk menghambat proses oksidasi, menjaga fleksibilitas material serta menjaga permukaan tetap higienis.

 

Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Jika kamu tertarik menggunakan Biopolish Beeswax, kamu bisa membelinya secara online maupun offline. Pembelian online dapat dilayani di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Sedangkan untuk pembelian offline kamu dapat menghubungi reseller-reseller terdekat atau agen-agen yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Kalau kamu tinggal di DIY dan sekitarnya, untuk membeli secara offine kamu bisa mendatangi agen Yogyakarta yang terletak di Jln. Sidikan, No 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. 55162. Adapun telepon yang bisa dihubungi adalah (0274) 4388301. Sementara nomor whatsapp adalah 081225784920.