Memahami Bahan Pu, Serta Merawat Tas Kulit Pu Dengan Benar

4322
bahan tas kulit PU
bahan PU atau polyurethane banyak digunakan sebagai bahan kulit sintetic atau imitasi

Jika genuine leather atau kulit binatang asli memang mahal, solusinya ada faux leather atau kulit sintetis. Beragam produk fashion kini juga banyak menggunakan jenis bahan kulit artificial atau kulit sintetic ini. Kualitasnya juga sekilas tidak kalah jauh dibandingkan dengan jenis kulit binatang asli.

Barang barang fashion branded layaknya tas, dompet, sepatu dan jaket kulit branded juga tidak jarang yang menggunakan kulit sintetic. Bahan semi kulit juga banyak yang digunakan untuk produk fashion tas kulit. hal ini seiring dengan maraknya kampanye peyayang binatang untuk menghentikan menggunakan kulit binatang sebagai bahan kulit asli untuk beragam jenis fashion. Walaupun pada dasarnya untuk fashion dari kulit biantang banyak menggunakan kulit dari sapi yang diternakkan khusus.

Ada banyak jenis synthetic leather yang digunakan untuk membuat tas kulit di pasaran. Jenis jenis bahan kulit sintetis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Biasanya jenis bahan kulit imitasi yang terkenal di pasaran layaknya jenis bahan taiga, oscar dan jenis Pu atau polyurethane.

bahan tas kulit PU
tas kulit sintetic atau imitasi dengan beragam warna dan model

Jenis jenis bahan kulit sintetis tersebut memiliki perbedaan masing masing. Bahan taiga misalnya memiliki karakter khas berupa tekstur garis garis silang dan memiliki lapisan bagian sisi dalaman yang lembut. Awalnya tas dengan bahan ini banyak digunakan untuk tas import dari luar negeri. Motif garis garis menyilangnya hanya berupa tekstur tidak timbul layaknya embos. Kelebihan dari jenis bahan taiga mudah dibersihkan karena memiliki tekstur. Namun kekurangan signifikan dari jenis kulit sintetis ini juga mudah mengelupas seiring berjalanya waktu.

Hal ini berbeda lagi dengan jenis bahan kulit oscar, jenis bahan kulit sintetic ini merupakan kulit imitasi layaknya palstik. Tidak lengket, namun juga tidak terlalu licin atau mengkilap. Jenis bahan kulit oscar memiliki banyak motif dan macam dipasaran. Contoh penggunaan jenis bahan kulit ini biasanya banyak di gunakan sebagai bahan pelapis sofa kulit imitasi. Kekurangan dari bahan oscar ini mudah mengelupas atau retak sehingga harus dirawat dengan baik.

Nah, yang paling sering di bicarakan kekuaran dan daya tahanya terbaik adalah jenis kulit sintetic polyurethane atau PU. Jenis bahan kulit sintetis yang satu ini banyak digunakan sebagai bahan tas kulit imitasi atau semi kulit. seperti apa jenis bahan kulit yang satu ini? Mari kita baca hingga artikel ini selesai.

Mengenal Karakteristik Tas Kulit PU

Bahan kulit asli dari binatang memang memiliki harga yang mahal. namun kini sudah banyak beredar jenis  kulit sintetis dipasaran. Jenis kulit sintetis terbaik yang dikenal di pasaran adalah PU leather atau polyutherane leather. Dari namanya terdengar mirip dengan plastik polyurethane.

Biasanya untuk bahan tas imitasi dengan kualitas terbaik banyak menggunakan bahan kulit sintetis PU. Bahan ini dikenal memiliki daya tahan dan kualitas terbaik dan harganya juga murah untuk bahan kulit sintetis. Dipasaran banyak tas kulit sintetis yang menggunakan bahan PU atau polyurethane. Pasalnya tas kulit PU dinilai lebih awet ketimbang bahan imitasi lain.

Pengertian dari bahan Pu atau bahan polyurethane sendiri merupakan jenis bahan kulit imitasi yang di buat dari material komposit lebih dari satu jenis. Polyurethane sendiri merupakan golongan polimer jenis urethane. Untuk bahan kulit imitasi biasanya memiliki serat layaknya tenun tektil. Jenis bahan Pu ini merupakan jenis bahan kulit imitasi yang paling realistis dan mendekati layaknya bahan kulit asli.

Tas kulit PU bahkan bisa kita temui pada tas tas bermerek yang tidak menggunakan bahan kulit binatang asli. Bahan PU ini memiliki karakteristik khusus yang jelas berbeda dibandingkan dengan bahan imitasi atau sintetis lainya. Bahan PU sendiri yang digunakan untuk tas kulit wanita juga terdiri dari berbagai jenis yang berbeda beda karakternya.

Tas kulit PU memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibandingkan dengan jenis tas kulit lainya. Perbedaan karakteristik tas kulit PU yang paling menonjol adalah bau tas tersebut sangat mirip dengan bahan kulit asli. Namun teksturnya bisa lebih lembut dibandingkan dengan tas kulit asli. Material PU ini  memiliki keunggulan sangat tahan gesek, tahan aus, tahan terhadap beberapa kimia ringan, stabil dalam suhu dingin dan panas. Walaupun termasuk jenis imitasi, namun bahan tersebut dikenal baik tahan lama. selain itu kulit bahan pu ini salah satu kelebihanya bisa dicuci. Karena kelebihan inilah tas bahan PU lebih banyak diminati dan dibuat menjadi tas kulit dibandingkan dengan bahan bahan lainya.

perawatan tas kulit pu
tekstur bahan Pu leather

Berikut ini karakteristik dari Bahan PU yang paling menonjol dibandingkan dengan jenis bahan kulit imitasi lainya :

  • Terasa ringan dan berpori sehingga bisa bernapas dibandingkan jenis bahan PVC atau vinyl
  • Fleksibel dan lentur pada suhu ruangan
  • Memiliki sifat alami yang lentur dan fleksibel pada suhu rendah
  • Tidak tahan terhadap panas dan kelemebabapan
  • Tidak tahan api
  • Lebih ramah lingkungan dibandingkan bahan kulit vinyl karena tidak membutuhkan pemlastis kimiawi
  • Daya tahan kondisi tekstur, fleksbilitas dan warna akan menurun seiring berjalanya waktu

Cara Membersihkan Tas Kulit PU Yang Kotor Dengan Mudah

Bagaimana jika tas kulit PU tersebut kotor ? nah jika tas anda kotor segera bersihkan dengan benar. Jangan sampai tunggu kotoranya mengering. Biasanya untuk membersihkan tas kulit banyak orang menggunakan pembersih seperti sabun atau deterjen yang digunakan untuk mencuci baju. Tahukah anda bahwa residu sabun tersebut justru berbahaya bagi tas kulit. Pasalnya residu tersebut dapat menutup pori-pori tas kulit sehingga bagian yang dicuci dengan sabun justru menjadi kering dan pecah pecah.

Nah agar tidak terjadi hal yang demikian, ikuti panduan kami untuk membersihkan tas kulit PU dengan benar:

  • Siapkan peralatan yang akan di gunakan mulai dari kain lap, mangkok atau ember kecil, sabun bayi, botol sepmrotan yang kosong dan sikat lembut
  • Bersihkan noda yang menempel pada tas kulit dengan kuas atau sikat terlebih dahulu
  • Kosongkan bagian dalam isi tas kemudian bersihkan bagian dalam tas
  • Buatlah carian sabun bayi dengan air. Gunakan perbandingan air bersih dan air mineral menggunakan perbandingan air berbanding sabun bayi, 8:1. Larutkan kemudian tuangkan cairan tersebut kedalam wadah semprotan
  • Semprotkan kotoran tersebut pada kain lap yang telah disediakan. Jangan menyemprotkan langsung pada bagian noda karena justru akan membuat areanya kotoran terlalu basah
  • Bersihkan noda dengan lap yang telah di basahi larutan sabun kemudian, lap noda yang menempel perlahan-lahan searah dengan sert bahan kulit tersebut. Jangan menabrak serat tekstur bahan kulit
  • Setelah nodanya hilang, lap dengan menggunakan lap kain yang kering dan bersih. Biarkan tas kulit mengering dengan sendirinya jangan di jemur dibawah terik matahari
  • Setelah benar benar kering, gunakan lotion untuk tas kulit atau pelembab tas kulit untuk memberikan perlindungan terhadap sinar matahari dan menjgaa kelenturan tas kulit

Nah mudah sekali bukan membersihkan tas kulit PU yang kotor ? biar lebih mudah, anda dapat menonton video di bawah ini. Jangan lupa like dan subscribe akun vidio kami.

Lalu bagaimana caranya untuk menghilangkan noda membandel pada tas kulit imitasi bahan PU leather ini? Jenis noda seperti tinta pulpen, noda darah yang mengering atau noda minyak yang menempel pada tas kulit memang cukup sulit untuk di bersihkan. Namun, anda tidak perlu khawatir, kami memiliki beberapa tips mudah untuk membersihkan noda membandel pada tas kulit tersebut. Silahkan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui cara lebih detail menghilangkan noda membandel pada tas kulit.

Cara Menghilangkan Noda Membandel Pada Tas Kulit Dengan Mudah

Cara Mencegah Tas Kulit PU Berjamur

Walaupaun tas kulit PU atau polyurethane terkenal awet dan tahan lama namun,  tas kulit sintetis yang satu ini bukan berarti bebas jamur. Dalam kondisi yang sangat parah atau dalam kondisi lembab yang konstan, tas kulit PU bakal berjamur. Tidak hanya itu kadang kala salah melakukan penyimpanan juga bisa menimbulkan jamur pada tas kulit.

Sebelum tas kulit terserang jamur, sebaiknya cegah dengn melakukan hal preventif yang mampu mencegah tas kulit terserang jamur. Berikut ini kami berikan tips untuk mencegah tas kulit PU berjamur, praktis dan gampang dilakukan:

  • Simpan di tempat yang bersih dan kering

Menyimpan tas kulit menjadi salah satu cara yang paling penting di perhatikan. Pasalnya kelembapan udara justru muncul pada proses penyimpanan tas kulit ini. Walaupaun tas PU terkenal kuat bukan berarti tidak bisa terserang jamur. Oleh karena itu pastikan tas kulit disimpan pada ruangan yang memiliki ventilasi udara yang bagus seperti rak terbuka atau disimpan pada tas dustbag dari kain berpori seperti kain sponbound.

  • Jika di simpan di tempat yang tertutup rapat gunakan silica gel atau penyerap kelembapan

Jika anda menyimpan di tempat yang tertutup rapat seperti didalam laci atau lemari tertutup, anda bisa menggunakan silica gel atau penyerap kelembapan untuk menjaga agar tempat penyimpanan tas tersebut tidak lembab.

perawatan tas kulit pu
menyimpan tas kulit Pu dengan benar di lemari
  • Jika terkena cairan atau tumpahan cairan segera bersihkan

Segera bersihkan jika tas kulit basah atau terkena berbagai cairan lainya. Jangan gunakan tas kulit sebagai payung atau pelindung dari cipratan cairan. Keringkan tas kulit dengan cara mengelapnya menggunakan lap kain kering dan bersih.

  • Jangan lupa gunakan lotion jaket kulit secara teratur

Lotion tas kulit berperan penting dalam menjaga dan melembutkan tas kulit. Pilihlah lotion tas kulit yang khusus di buat dari bahan alami untuk tas kulit. Tas kulit membutuhkan produk untuk menjaga agar tekstur tas kulit jadi lembut, lentur dan sehingga tidak mudah kaku dan kering

Merawat Tas Kulit PU Sehari Hari

Jika anda memiliki tas kulit PU bukan jaminan tas anda akan selalu terjaga kualitasnya tanpa ada perawatan sehari hari. Merawat bahan kulit PU ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kualitasnya yang tahan gesek, tahan aus dan bahkan bisa dicuci. Selain itu tas kulit jenis ini lama kelamaan juga akan kusam. Oleh karena itu anda perlu menjaga agar tas kulit tetap menawan. Tidak perlu membuatnya mengkilap jika awalnya memang tidak mengkilap. Yang anda butuhkan kondisi tas yang bersih dan terawat. Mengkilapkan tas PU dengan menggunakan semir bisa jadi justru merusak tekstur dan warna tas itu sendiri.

Agar tas bahan PU yang anda miliki tetap awet , bertahan lama, tidak mudah pecah dan berjamur, berikut perawatan sehari hari yang harus anda  perhatikan :

  1. Jika tangan Anda sedang berminyak seka dulu sebelum memegang bahan tas. Untuk menghindari permukaan lembab di atas bahan yang akan mempermudah timbulnya jamur.
  2. Hindari sinar matahari langsung mengenai tas. Tujuannya untuk menghindari kerusakan bahan, karena sinar UV (ultra violet) yang berlebihan dari matahari akan merusak polyurethane, memudarkan warna dan melemahkan ikatan polyurethane.
  3. Jika tas terkena air segera seka dengan tisu atau lap untuk menghindari permukaan lembab yang akan mempermudah timbulnya jamur.
  4. Untuk perawatan harian tas oleskan biopolish leather care. poles yang satu ini mengandung bahan bahan alami yang bekerja sebagai pelembab dan semir. Sehingga tas bahan PU tetap lembab, lentur, anti retak dan tahan air.
perawatan tas kulit PU
mengoleskan lotion kulit dengan kain bersih

Biopolish leather care diformulasikan khusus untuk bahan bahan kulit baik asli ataupun imitasi, termasuk untuk merawat tas kulit PU yang anda miliki. Kandungan bahan alami biopolish leather care mampu menjaga daya tahan, permukaan yang lentur, lembab sehingga tidak mudah retak dan memberikan perlindungan dari air serta sinar matahari serta memperbaiki warna tas yang memudar. Hal ini yang membedakan biopolish leather care dibandingkan dengan berbagai perawatan bahan kulit ataupun bahan sintetis lainya.

Aplikasi biopolish leather care pada tas kulit PU yang anda miliki sangatlah mudah :

  • Bersihkan tas kulit dari kotoran yang menempel atau debu sebelum dipoles dengan biopolish leather care
  • Oleskan biopolish pada seluruh permukaan tas menggunakan kain bersih
  • Diamkan biopolish beberapa saat agar menyerap kedalam substrat tas kulit PU
  • Gosok dengan kain bersih sehingga tas kulit Nampak lentur, menkilap dan lembut.
  • Aplikasikan biopolish secara rutin sebagai perawatan harian tas kulit anda.
perawatan tas kulit pu
biopolish leather care mampu menajamkan warna tas kulit yang memudar

Ayo rawat tas kulit koleksi anda sebelum rusak, gunakan biopolish leather care untuk perawatanya. Biopolish leather care bisa anda dapatkan disemua marketplace yang ada di indonesia berikut ini:
TOKOPEDIA : https://www.tokopedia.com/biopolish
BUKALAPAK : https://www.bukalapak.com/biopolish
SHOPEE : https://shopee.co.id/shop/7299615/
LAZADA : https://www.lazada.co.id/biopolish
RALALI : https://www.ralali.com/v/biopolish

Selain itu, biopolish leather care juga bisa diperoleh melalui agen kami di seluruh indonesia. klik tautan dibawah ini untuk mengetahui alamat agen/ reseller biopolish leather care di seluruh indonesia.

bahan tas kulit PU
alamat agen biopolish leather care di seluruh indonesia

Alamat Agen Biopolish leather care di seluruh indonesia