Yuk Kenali Jenis Kayu Yang Bagus Untuk Ukiran Dan Perawatanya

Ada beberapa jenis kayu yang bagus untuk ukiran. Umumnya kayu ini juga bisa digunakan untuk beberapa produk handmade lainya termasuk untuk perabotan rumah tangga. Jenis jenis kayu ini pada dasarnya mudah ditemukan di toko kayu di Indonesia. Namun memang ada beberapa daerah yang menjadi sentra industry ukiran kayu seperti di jepara dengan jenis kayu yang kas daerah setempat.

Ukiran merupakan hiasan yang membuat rumah menjadi elegan. Tak heran jika hiasan rumah yang satu ini banyak diburu untuk digunakan menghiasai rumah. tak hanya itu, ukuran juga kerap kira temui menempel pada furniture yang bergaya klasik dan ala-ala baroque pada abad pertengahan di Eropa. Nah bagi anda yang berminat membuat kerjainnan kayu atau hendak menjadi kerajinan ukiran kayu sebiaknya baca artikel ini hingga tuntas. Agar anda bisa mendapatkan ukiran kayu yang berkualitas dan terjaga kondisinya.

Jenis Jenis Kayu Yang Bagus Untuk Ukiran

Berikut ini ada 5 jenis kayu yang bagus untuk ukiran yang biasanya ditemui dipasaran Indonesia:

  1. Kayu jati

Jenis Kayu Yang Bagus Untuk Ukiran

Kayu jati meupakan jenis kayu yang paling populer digunakan untuk berbagai hal untuk segala furniture. Kayu jatibisa digunakan untuk ukiran. Kayu jati terkenal karena daya tahnanya yang awet dibandingkan dengan jenis kayu lainya. Banyak pengarjin juga membuat mebel atau furnitu dengan menggunakan kayu jati. Selain daya tahan, kayu ini banyak digunakan sebagai furniture atau ukiran karena memiliki tekstur kayu yang unik dan indah.

Kayu jati banyak di temui di jawa tengah dan jawa timur. Kayu jati memiliki ikim muson. Kualitas kayu jati sudah tidka perlu diragukan lagi. Harga kayu jati juga snagat tinggi. Harga kayu jati di tahun 2013 saja untuk diameter 16 – 19 cm satu log nya sudah mencapai rp 3 juta perkubik.

  1. Kayu mahogany atau mahoni

Jenis Kayu Yang Bagus Untuk Ukiran

Jenis kayu yang bagus untuk ukiran selanjutnya adalah kayu mahogani atau mahoni. Jenis kayu ini merupakan kayu terbaik kedua setelah jati. Kayu mahoni memiliki serat yang bagus dan daya tahan yang kuat juga. Kekuranganya kayu mahoni adalah rawan terkena rayap. Oleh karena itu kayu ini sering digunakan untuk ukiran atau furniture luar ruang. Kayu mahoni memiliki ciri ciri yang berwarna coklat kemerahan.

  1. Kayu sonokeling

Kayu sonokeling juga menjadi favorit untuk di ukir. Kayu sonokeling juga sering disebut sebagai rosewood. Istilah ini berdasarkan tektur kayu yang unik layaknya bunga mawar dan warnanya hitam keunguna. Namun kekuranganya adalah pada bagian pinggir atu gubalnya rentan diserang rayap atau hama perusak lainnya. Sehingga kayu sonokeling jika ingin dibuat ukiran atau furniture lainya harus menggunakan obat anti rayap atau serangga.

  1. Kayu akasia

Kayu akasia memiliki penampilan yang mirip dengan kayu jati. Perbedaanya pada kayu jati teksturnya lebih halus dibandingkan dnega kayu akasia. Tentu urusan keawetanya , kayu akasia jauh dibawah kayu jati. Kayu ini juga rawan diserang rayap. Namun kayu akasia banyak digunakan untuk ukiran.

  1. Kayu trembesi atau kayu suar

Jenis Kayu Yang Bagus Untuk Ukiran

Jenis kayu yang bagus untuk ukiran selanjutnya adalahkayu trembesi atau kayu suar. Jenis kayu ini merupakan kayukhas Indonesia daerah tropis yang bisa tumbuh dengan cepat diama saja diseluruh indoensia. Warna kayu suar juga cantik yaitu coklat gelap di bagian tenagh namun putih pada bagian pinggirnya. Kayu ini selain di buat ukiran juga sering dibuat meja. Sayangnya kayu ini memang tidak awet dibandingkan dengan jenis kayu yang disebutkan di atas.

Semoga informasi jenis jenis kayu yang bagus untuk ukiran ini akan membantu anda memilih ukiran baik untuk hiasan atau furnitur dirumah. Jenis kayu yang bagus dan kuat tentu akan mempengaruhi kualitas dari ukiran tersebut oleh. Karena itu jangan sampai anda membeli ukiran kayu bahkan membuat ukiran kayu dengan kayu yang tidak direkomendasikan untuk hasil ukiran yang bagus.

Punya Jenis Kayu Hiasan Yang Di Ukir? Jangan Lupa Dirawat Dengan Baik

Apakah anda punya furniture dengan detail ukiran atau anda memiliki ukiran kayu yang digunakan sebagai hiasan rumah? Jika anda memilikinya jangan sampai anda abai membiarkan ukiran kayu tersebut berdebu dan kotor. Sepakat tidak jika furniture dengan detail ukiran yang tidak dirawat justru terlihat jelek karena kotor dan kusam pada detailnya. Tak hanya itu untuk hiasan kayu berupa ukiran, harus tetap diperhatikan penampilanya agar fungsi hiasan ruangan berguna dengan baik.

Hiasan ruangan digunakan untuk mempercantik ruangan, tapi kalau tampak kotor dan kusam bukankah justru membuat penampilan ruangan tersebut menjadi tidak menarik? Bahkan jika anda memiliki jenis kayu hiasan yang beragam tidak hanya yang di ukir tidak ada salahnya jika anda merawat hiasan kayu tersebut. Jangan sampai kayu yang ditujukan sebagai hiasan justru tidak terawat dengan baik.

Merawat hiasan ataupun ukiran kayu pada dasrnya hanya membutuhkan ketelatenan. Berikut ini kami akan memberikan panduan yang paling mudah untuk merawat hiasan atau ukiran kayu:

  • Bersihkan dari debu dengan teratur

Jenis Kayu Yang Bagus Untuk Ukiran

Merawat hiasan kayu atau ukiran kayu pada dasarnya hanya membutuhkan sering dibersihkan. Bersihkan secara rutin menggunakan kemoceng atau kuas untuk menjangkau bagian bagian detail dari ukiran kayu tersebut. Terahir lap dengan kain bersih untuk membersihkan sisa sisa kotoran yang telah dibersihkan dengan kuas atau kemoceng.

Anda bisa mencuci ukiran atau hiasan kayu jika keadaanya memang benar benar kotor. Hal ini bisa anda lakukan dengan menggunakan detergen cair yang lembut. Setelah di bersihkan dengan kuas atau kemoceng, baru kemudian gunakan sikat yang telah dicelupkan pada cairan sabun tersebut. Bersihkan ukiran kayu kemudian bilas. Keringkan dengan cara dilap menggunakan kain bersih kemudian biarkan begitu saja tidak perlu di jemur dibawah sinar matahari.

  • Rawat dengan menggunakan poles / polish furniture kayu

Jenis Kayu Yang Bagus Untuk Ukiran

Setelah hiasan kayu bersih lakukan pemolesan agar warnaya tampak kembali cerah dan tajam selayaknya masih baru. Untuk hiasan kayu atau ukiran gunakan poles atau polish kayu yang mengandung bahan utama linseed oil. Jangan menggunakan polish kayu yang berbahan parafin atau lilin pasalnya hal ini justru memberikan lapisan pada hiasan atau ukiran kayu. Akibatnya hiasan kayu jadi mudah kusam.

Nah setelah tahu cara merawat hiasan kayu atau ukiran kayu, jangan biarkan hiasan kayu yang anda miliki justru dibiarkan begitu saja. Merawat kayu seperti ini dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu menggunakan banyak biaya. Yang paling utama anda harus rutin untuk melakukan perawatan tersebut.

Pada paragraf diatas telah disinggung cara terbaik untuk merawat hiasan atau ukiran kayu adalah dengan menggunakan polish atau poles furniture kayu. Ada banyak merk polish kayu di pasaran, apakah anda bingung memilihnya? jangan bingung!

Coba baca rekomendasi produk yang kami berikan di bawah ini.

Produk Perawatan Jenis Kayu Yang Bagus Untuk Ukiran

Jenis kayu yang bagus dibuat ukiran diatas merupakan yang umum di gunakan di Indonesia. Nah bagi anda pengrajin ataupun pemilik berbagai kerajinan ukiran kayu tentu membutuhkan perawatan. Kayu yang dibuat ukiran dan dipajang umumnya semakin lama akan semakin memudar warnanya. Selain itu juga akan mudah kotor. Nah untuk menjaga kondisinya agar senantiasa terjaga dan indah sebaiknya anda melakukan perawatan.

Polish atau poles kayu merk apa yang bagus untuk merawat kayu hiasan atau ukiran kayu ?

Linseed oil memang bagus untuk mengkilapkan dan menjaga kondisi furnitur kayu. Namun selain itu ada beeswax yang mampu memberikan dan mengantarkan bahan alami linseed oil tersebut menembus struktur bagian dalam kayu. Kombinasi beeswax dan linseed oil ini paling pas untuk perawatan hiasan kayu.

Biopolish linseed oil merupakan produk polish kayu alami dengan komposisi utama beeswax dan linseed oil.

Biopolish linseed oil diperkaya pula dengan berbagai natural oil sehingga mampu memberikan perlindungan yang menyeluruh pada hiasan atau ukiran kayu. Biopolish linseed oil mampu mencegah serangan bakteri perusak, perubahan cuaca karen tahan terhadap paparan sinar matahari dan mencegah rembesan air. Tak hanya itu, biopolish linseed oil juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan ketajaman warna alami kayu yang telah memudar.

Jenis Kayu Yang Bagus Untuk Ukiran

Berikut ini beberapa saran untuk merawat jenis kayu yang bagus untuk ukiran dengan menggunakan Biopolish Linseed Oil :

  • Pastikan bahwa kayu selalu dalam kondisi kering
  • Bersihkan kayu dari debu dan kotoran yang menempel
  • Setelah bersih jangan lupa gunakan biopolish linseed oil untuk menjaga tampilan kayu agar senantiasa bersih dan terawat
  • Lakukan aplikasi dengan biopolish linseed oil secara teratur minimal seminggu sekali

Biopolish linseed oil merupakan produk perawatan kayu dari bahan alami. Produk ini bisa anda aplikasikan secara teratur untuk menjaga lapisan coating dan warna alami kayu. biopolish mengandung berbagai bahan alami yang mampu melindungi dari paparan sinar yang merusak, melindungi dari jamur dan mikroorganisme perusak lainya sehingga kayu semakin awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *