talenan kayu yang dibersihkan menggunakan Biopolish Beeswax

Rekomendasi Produk Finishing Food Grade untuk Perabot Dapur kayu

Produk finishing kayu seperti cat atau varnish tidak bisa sembarangan di aplikasikan untuk finishing perabot dapur dari kayu. Bahan bahan tersebut bisa saja meninggalkan residu hasil finishing yang berbahaya untuk kesehatan. Apalagi saat ini marak untuk beralih menggunakan cat atau produk finishing yang lebih ramah lingkungan dan sehat. Tidak mengandung phtalate atau timbal yang berbahaya untuk kesehatan.

Perabot dapur dari kayu ada banyak sekali macamnya. Jenis jenis perabot dapur seperti spatula kayu, talenan, bahkan piring saji atau bahkan kitchenette kayu hingga kini masih dipakai. Perabot seperti itu tidak boleh di finishing dengan bahan kimia yang berbau dan berbahaya, apalagi sampai mengandung timbal atau phtalate.

Baca Juga : Bahan Finishing Kayu Oil Based Food Grade untuk Kitchenware

finishing food grade

Timbal dan ptalat banyak di temukan pada cat kayu. Umumnya cat yang berwarna mengandung hal ini. Timbal dan phtalate merupakan sneyawa kimia yang bersifat karsinogen. Senyawa ini jika tertelan kedalam sistem pencernaan manusia dapat menimbulkan gangguan kesehatan bahkan hingga gangguan reproduksi.

bahaya dari cat kayu tidak hanya pada yang berpigmen atau berwarna. Cat varnish yang tidak berwarna atau clear yang hanya memberikan efek glossy atau mengkilap, atau bahkan doft pun bisa berbahaya. Biasanya hal ini karena disebabkan varnish tersebut mengandung VOC atau volatile organic compounds. Kandungan voc ini dapat tercium dari aroma cat yang menyengat. Jika bau ini terhirup terus menerus akan menyebabkan berbagai macam penyakit dan yang paling parah adalah menyebabkan kanker pada keluarga.

Baca Juga : Rawat Kitchenette Kayu dengan Poles untuk Kayu Foodgrade Biopolish

Jangan sampai perabot dapur dari kayu di finishing dengan menggunakan bahan bahan berbahaya tersebut. Gunakanlah produk finishing food grade artinya produk finishng tersebut aman untuk makanan dan kesehatan. Tidak berbau, berasa dan tidak merusak tekstur makanan yang menempel.

Baca Juga : Cara Pakai Biopolish untuk Perawatan Furnitur Finishing Food Grade

Perabot Dapur Dari Kayu Aman Dan Sehat Menggunakan Produk Finishing Food Grade Yang Tepat

Bahaya bahan bahan kimia mengintai anda sejak dari dalam rumah. Jangan biarkan hal ini juga merusak makanan yang anda konsumsi. Oleh karena itu sangat vital untuk menggunakan produk finishing yang bersifat food grade khusus untuk perabot dapur dari kayu.

Baca Juga : cari tahu bahan alami pengkilap kayu untuk menjaga tampilan furniture

Ada banyak alternatif untuk melakukan finishing atau mengecat kayu. Anda bisa tidak menggunakan cat konvensional yang beredar di pasaran seperti cat solvent, varnish dan melamin yang berpelarut solvent. Bahan bahan kimia yang di gunakan sebagai produk finishing berpelarut solvent ini memiliki kandungan voc yang cukup tinggi serta kandungan bahan kimia lain yang bisa berbahaya untuk kesehatan keluarga.

finishing mangkok kayu food grade

Pelarut solvent seperti thinner dan berbagai mineral oil, sebaiknya dihindari jauh jauh. Bahan bahan tersebut menjadi katalisator dalam melarutkan VOC yang ada di dalam bahan finishing. Alternatif yang aman untuk melakukan finishing perbaot dapur dari kayu adalah dengan menggunakan bahan bahan alami. Mungkin bahan bahan tersebut tidak memberikan proteksi sebaik melamin atau cat pelarut thinner, namun jauh lebih aman dan sehat di pakai.

Produk finishing food grade yang dapat anda pakai untuk mengganti bahan bahan berbahaya tersebut seperti beeswax. Bahan yang satu ini di formulasikan khusus dengan bahan alami lainya menjadi produk perawatan perabot dapur dari kayu yaitu, biopolish beeswax.

Biopolish beeswax dapat digunakan sebagai finishing untuk perabot dapur dari kayu dengan warna yang natural. Bahkan anda dapat melakukan sendiri finishing atau perawatan perbaot dapur dari kayu dengan biopolish beeswax karena caranya sangat mudah.

Biopolish Beeswax, Finishing Food Grade Yang Aman Untuk Perabotan Dapur

Jika melihat konsumen Amerikan dan Eropa maka bahan finishing yang perlu diperhatikan adalah keamanan bahan. Masalah fisik dari furniture menjadi sekian prioritas karena bagi konsumen luar negeri tersebut keamanan bahan lebih penting karena menyangkut mengenai kesehatan terhadap manusia. Maka, wajar saja jika berbagai furniture atau perabotan yang diekspor harus menggunakan bahan finishing yang sesuai dengan standar keamanan negara tujuan.

finishing food grade biopolish beeswax

Membahas finishing yang aman dan ramah lingkungan tentu sangat tepat jika digunakan untuk finishing pada furniture atau perabotan yang bersentuhan langsung dengan makanan. Pasalnya, tidak semua jenis finishing sama dan aman untuk furniture atau perabotan dapur yang notabene sering bersentuhan langsung dengan makanan. Finishing food grade merupakan finishing yang sangat tepat untuk berbagai furniture dapur ataupun furniture pada umumnya. Salah satu finishing yang aman bersentuhan langsung dengan makanan yakni Biopolish Beeswax.

Biopolish Beeswax merupakan finishing dengan kandungan bahan alami yakni lilin lebah (beeswax) tanpa bahan campuran kimia berbahaya sehingga dipastikan aman digunakan langsung pada perabotan atau furniture yang bersentuhan langsung dengan makanan. Biopolish Beeswax diformulasikan sesuai dengan standar U.S Food and Drug Administration (FDA) sehingga dipastikan aman untuk segala jenis finishing pada furniture terutama yang bersentuhan langsung dengan makanan.

beeswax finishing food grade

Finishing menggunakan Biopolish Beeswax dipastikan memuaskan karena daya serap finishing ini sangat tinggi sehingga akan memunculkan warna asli kayu yang sebenarnya. Yang awalnya terlihat pucat apabila dioles secara rutin menggunakan Biopolish Beeswax maka tampilan permukaan perabotan dapur tersebut semakin tajam. Untuk penggunaan pertama pun sudah sangat terlihat berbeda. Jika dilakukan sekali oles dan tidak dilanjutkan, warna memang akan pudar sebab hal bukan dikarenakan warna tersebut menguap atau mengelupas melainkan masuk ke dalam serat kayu. Sehingga Biopolish Beeswax ini tidak hanya memeberikan tampilan warna yang semakin tajam saja melainkan juga merawat bagian dalam kayu tersebut sehingga tidak mudah untuk terserang jamur ataupun mikroorganisme perusak kayu lainnya.

Untuk cara aplikasi dari Biopolish Beeswax ini pun juga sangat sederhana, pasalnya Anda cukup mengoleskan Biopolish Beeswax menggunakan kain kering yang bersih ke permukaan perabotan dapur. Sebaiknyanya oles Biopolish Beeswax tersebut searah dengan serat kayu agar hasil akhirnya lebih menawan dan optimal. Tidak perlu khawatir akan blocking apabila tersentuh air, Biopolish Beeswax ini tidak mudah luntur oleh air atau cairan lainnya sehingga tampilan warna tetap memukau. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Biopolish Beeswax tersebut mampu meresap ke dalam kayu dan bukan merupakan lapisan finishing yang mudah menguap ataupun mengelupas.

Karena fungsi Biopolish Beeswax juga sebagai meremajakan furniture atau perabotan kayu maka alangkah baiknya untuk rutin mengoleskan Biopolish Beeswax setiap dua minggu sekali. Hal ini berlaku jika diperuntukkan sebagai perawatan rutin furniture atau perabotan sebab furniture atau perabotan yang terbuat dari kayu terutama pada bagian dapur juga perlu dirawat dengan baik agar furniture atau perabotan tersebut tetap tahan lama dan tampilannya tetap menarik meskipun sudah digunakan dalam waktu yang lama. Pastikan untuk selalu menggunakan benda, barang atau bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan guna menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar Anda.

Cara Finishing Food Grade Untuk Perabot Dapur Dari Kayu Dengan Menggunakan Biopolish Beeswax

Melakukan finishing food grade menggunakan biopolish beeswax sangat mudah. Bahkan anda dapat melakukanya sendiri di rumah. Perabot dapur seperti talenan, piring kayu, nampan kayu bahkan untuk spatula kayu juga bisa anda finishing dengan gampang dan aman menggunakan biopolish beeswax.

Nah, bagaimana melakukan finishing foof grade dengan biopolish beeswax ? ikuti langkah langkah yang kami berikan di bawah ini:

  • Persiapkan bahan bahan yang digunakan seperti sanding sealer, kuas, kain lap bersih, amplas dan media yang akan di finishing
  • Amplas terlebih dahulu media yang akan di finishing
  • Oleskan sanding sealer untuk memotong serat kayu serta memudahkan proses pengamplasan selanjutnya. Oleskan sanding sealer secara tipis merata ke seluruh bagian media yang akan di finishing
  • Biarkan hingga sanding selaer kering
  • Setelah benar benar kering, amplas lapisan yang telah di beri sanding sealer tersebut
  • Lakukan pengamplasan hingga benar benar halus
  • Bersihkan sisa sisa amplasan
  • Setelah benar benar bersih dari sisa amplasan, oleskan biopolish beeswax dengan kain
  • Oles secara tipis merata ke seluruh bagian media tersebut
  • Gosok dengan kain hingga terasa tidak lengket dan nampak menawan

Tidak hanya untuk finishing, biopolish beeswax dapat digunakan untuk perawatan rutin perabot dapur dari kayu. Untuk melihat bagaimana cara merawat perabot dapur dari kayu, silahkan tonton video dibawah ini. Jangan lupa like dan subscribe akun youtube kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *