Kenali Bahan Tas Kulit dan Cara Merawatnya

Merawat tas kulit dengan tepat akan memperpanjang usia pemakaian produk fashion tersebut. Kenali jenis bahan tas kulit dan lakukan perawatan dengan benar.

Salah satu item fashion yang tak bisa ditinggalkan adalah tas. Item fashion yang satu ini bisa membuat gaya seseorang makin sempurna. Karena memiliki fungsi yang sangat krusial, banyak sekali ragam dan jenis bahan tas yang beredar di pasaran. Overstock.com merilis sebagian besar wanita lebih menyukai tas kulit. Walaupun dibandrol dengan harga mahal, tas kulit memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya.

Harga tas kulit yang cukup mahal tentu membuatnya sayang bila tak dirawat. Untuk melakukan perawatan tentunya Anda harus mengetahui bahan yang dijadikan tas kulit. Pengetahuan ini penting agar perawatan yang dilakukan tepat. Jika salah, perawatan tersebut bisa jadi justru membuat tas kulit rusak.

Memahami Karakteristik Bahan Kulit

Tas kulit asli yang beredar di pasaran umumya di buat menggunakan bahan kulit dari binatang baik sapi, kambing , buaya, ular bahkan dari kulit ikan. Di Indonesia umumnya bahan kulit yang di gunakan adalah menggunakan bahan kulit sapi. Bahan kulit ini memiliki karakteristik khusus yang berbeda beda. Untuk melakukan perawatan tas kulit tentunya anda harus mengetahui bahan apa yang digunakan untuk tas kulit anda.

Merawat Tas Kulit contoh jenis bahan tas kulit

Kulit sapi sering digunakan untuk membuat tas kulit karena memiliki tekstur yang khas. Kulit sapi memiliki daya tahan yang paling kuat dibandingkan dengan bahan kulit lainya. Sehingga kulit sapi sering dijadikan tas kulit. Bahan kulit sapi sendiri di bagi menjadi beberapa jenis yang sering di gunakan untuk membuat tas kulit

  • bahan kulit sapi nabati

Jenis bahan kulit sapi nabati memiliki sifat tebal dan kaku. Bahan kulit sapi nabati umumnya memiliki harga yang paling murah di bandingkan dengan jenis lainya. Namun kualitasnya juga tidak di ragukan. Umumnya jenis bahan kulit sapi nabati di buat untuk membuat dompet, tas dan sandal kulit yang tetap menjaga kualitas bahan kulit

  • bahan kulit sapi krom

Bahan kulit sapi jenis krom memiliki ciri khas tekstur yang lembut dan tebal. Jenis kulit sapi yang satu ini memang lebih halus dibandingkan dengan jenis nabati. Namun harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis nabati. Bahan kulit sapi jenis krom banyak di gunakan untuk tas atau dompet branded yang limited edition

  • bahan kulit sapi pull up

Karakteristik dari jenis kulit sapi krom adalah bahan kulit yang tebal , teksturnya halus namun lentur tidak kaku seperti jenis nabati. Dari sisi harga jenis kulit sapi krom memiliki harga 2 atau 3 kali lipat dibandingkan dengan jenis kulit sapi nabati ataupun krom. Jenis kulit sapi pullup ini merupakan kulit sapi dengan kualitas super.

  • bahan kulit sapi suede

Karakter utama dari jenis bahan kulit sapi suede adalah bahan kulit yang tipis dan lembut. Harga kulit sapi jenis suede agak mahal dibandingkan dengan jenis nabati atau krom. Bahan kulit sapi jenis suede ini terkenal banyak di gunkan untuk berbagai keperluan bisa di gunakan untuk sepatu, tas dan sandal.

Setelah anda mengetahui jenis kulit sapi yang di gunakan tentunya anda bisa menebak dari bahan apa tas kulit yang anda miliki. Perawatan untuk tas kulit sebaiknya mengikuti serat atau jenis karakter dari kulit sapi yang digunakan untuk tas. Oleh karena itu penting mengetahui jenis bahan kulit dan perawatanya.

Memahami Proses Penuaan Pada Tas Kulit Dan Cara Mencegahnya

Tas kulit lama kelamaan akan semakin tua seiiring dengan berjalannya waktu. Tas berbahan ini kulit asli akan mengalami hal ini. Efek tua pada tas kulit ini sering disebut dengan efek patina. Kesan patina akan mempercantik  tas kulit yang anda miliki. Efek patina ini akan muncul dengn sendirinya pada tas kulit dari waktu ke waktu. Efek patina ini membuat kesan elegan sehingga wajar jika menjadi incaran para penggemar tas kulit sejati.

Merawat Tas Kulit

Tas kulit asli dari kulit hewan mengandung kelembapan alami dari minyak alami hewan tersebut. Namun sayangnya minyak ini akan hilang seiring berjalanya waktu. Selain itu minyak alami ini juga dapat berpindah ke tangan pemiliknya. Oleh karena itu seiring berjalanya waktu minyak alami tas kulit akan berkurang dan bahkan habis.

Jika kelembapan alami tas kulit sudah semakin habis maka permukaan tas kulit akan jadi mudah retak dan pecah. Ooleh karena itu penting untuk mencegah kekurangan minyak alami pada tas kulit ini guna mencegah kerusakan pada tas kulit secara permanen.

Kunci untuk menjaga kadar minyak atau kelembpanan alami tas kulit adalah dengan menggunakan pelembab atau kondisioner khusus untuk tas kulit. Proses ini disebut conditioning tas kulit. Melakukan proses conditioning akan menolong tas kulit hingga bertahun tahun lamanya.

Bagaimana melakukan proses conditioning pada tas kulit? Nah begini langkah langkah conditioing yang harus anda lakukan:

  1. Gunakan lotion pelembab tas kulit dengan menggunakan kain.
  2. Oleskan secara tipis merata ke seluruh bagian tas kulit
  3. Gosok secara perlahan lahan secara melingkar ke seluruh bagian tas kulit
  4. Biarkan beberapa saat agar lotion untuk melembabkan tas kulit tersebut
  5. Gosok kembali dengan kain bersih untuk mengeringkan sisa sisa lotion tersebut
  6. Lakukan perawatan secara rutin

Butuh Rekomendasi Lotion Untuk Pelembab Tas Kulit?

Untuk melakukan proses conditioning anda membutuhkan lotion khusus untuk tas kulit. Tidak perlu bingung memilih lotion khusus tas kulit. Pilihlah lotion berbahan alami dari biopolish leather care. Produk yang satu ini merupakan satu satunya lotion yang berbahan alami dari beeswax dan berbagai natural oil lainya.

Biopolish leather care merupakan lotion khusus untuk kerajinan bahan kulit baik asli ataupun sintetis, karet dan juga polimer plastik. Produk yang satu ini mampu melembutkan, melembabkan bahkan melenturkan kerajinan kulit. Biopolish leather care juga mengandung antioksidan alami sehinga mampu menjaga dari paparan sinar matahari dan menjaga dari perubahan warna tas kulit. Sehingga tas kulit senantiasa lembab, lentur dan tidak mudah berubah warnanya.

Biopolish leather care sangat praktis aplikasinya. Berbentuk cream padat, biopolish leather care diaplikasikan dengan cara di gosok menggunakan kain bersih dan lembut. Lakukan perawatan secara teratur dengan biopolish leather care untuk mendapatkan efek penuaan yang elegan pada tas kulit anda.

Cara Merawat Tas Kulit dengan Benar

Apakah anda salah seorang pecinta tas kulit ? jika iya, mungkin setelah membeli anda sudah tidak sabar ingin segera memakai dan memotretnya untuk di unggah pada facebook atau instagram. Namun perlu anda ketahui sebelum anda melakukan itu semua, pastikan anda tahu bagamana cara mencegah kerusakan pada tas kesayangan anda. Perhatikan hal berikut ini untuk merawat keindahan tas kulit kesayangan anda sejak pertama kali pembelian.

Nah berikut ini cara merawat tas kulit agar tidak berjamur dan tidak mudah rusak:

  • Jangan terlalu banyak mengisi tas kulit anda dengan banyak barang apalagi jika tas anda merupakan tas pegangan tangan bukan ransel.

Mengapa hal ini harus anda perhatikan ? mengisi tas kulit wanita dengan banyak barang akan merubah bentuk dan meregangkan kualitas tas kulit anda. Tak hanya itu risleting tas juga akan mudah rusak.

  • Gunakan pounch atau tempat khusus make up ataupun slot khusus didalam tas.

Sebaiknya sediakan tempat khusus untuk peralatan make up atau yang lainya di dalam tas. Serpihan bubuk bedak, bronzer ataupun blush on bisa mengotori tas. Hal ini juga bisa menyebabkan tas anda akan mudah kotor sehingga mudah rusak

  • Perhatikan suhu ruangan tempat anda menyimpan tas.

Jangan letakkan tas pada ruangan yang bersuhu dingin atau lembab atau bahkan tersorot sinar matahari secara langsung. Kondisi cuaca yang yang terlalu lembab atau panas bisa merusak bahan kulit tas anda. Simpanlah tas pada ruangan yang bersuhu kamar serta jangan lupa gunakan tas pelindung debu dari kain dan letakkan di dalam lemari.

Selain itu jangan menumpuk atau meletakkan tas secara sembarangan. Jika anda meletakkan tas di lemari sebaiknya susun secara rapi dan berikan jarak antar masing masing tas

  • Jangan lupa gunakan semir alami untuk tas.

Anda bisa menggunakan semir alami dari Biopolish® Leather Care untuk merawat tas kulit anda. Semir alami berfungsi untuk membuat warna tas kulit menjadi lebih tajam natural dan mampu memberikan perlindungan dari jamur atau  bakteri lainya.

Hal penting dalam merawat tas kulit adalah dengan mengoleskan semir alami untuk perawatan sehari hari tas kulit. Biopolish memiliki kandungan alami dari beeswax atau lilin lebah yang mampu memberikan perlindungan pada tas kulit.

Biopolish leather care tidak seperti semir kimia yang justru menutupi pori pori kulit tas sehingga kering dan mudah pecah pecah. Biopolish tetap menjaga kelembapan alami dengan memberikan kebaikan bahan bahan alami untuk tas kulit anda. Tas kulit akan terlindungi dari paparan sinar matahari, tahan air serta terlindungi dari jamur dan bakteri pembusuk lainya.

Untuk order Biopolish leather care silahkan klik link di akun marketplace kami di bawah ini:

➡ BUKALAPAK : https://www.bukalapak.com/biopolish

➡ TOKOPEDIA : https://www.tokopedia.com/biopolish

➡ SHOPEE : https://shopee.co.id/shop/7299615/

➡ LAZADA : https://www.lazada.co.id/biopolish

 Jangan sampai tas kulit berjamur! Baca juga : Mengatasi jamur pada tas kulit dengan efektif

Artikel "Finishing Dan Perawatan Kulit"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.