Biopolish Beeswax untuk Merawat Alat Makan Berbahan Kayu

Kuliner menjadi salah satu daya tarik yang diminati oleh banyak kalangan, sehingga muncul berbagai acara kuliner. Baik yang disiarkan oleh stasiun televisi sebagai sebuah program maupun yang dibuat oleh individu melalui platform media sosial. Bahkan wisata kuliner menjamur di mana-mana seiring dengan bertambahnya pecinta kuliner yang haus akan berbagai macam variasi kuliner.

Berbicara tentang kuliner tidak hanya berbicara tentang apa yang dimakan. Lokasi tempat makan juga menarik untuk dibicarakan. Suasana saat berada di tempat kuliner menjadi penambah daya tarik dari kuliner. Pelayanan yang memuaskan yang diberikan oleh penyedia jasa kuliner merupakan nilai tambah lainnya. Bahkan, peralatan makan yang bentuknya unik bisa jadi memikat banyak orang untuk merasakan sensasi kuliner di tempat tersebut.

kuliner dengan alat makan dari kayu
kuliner dengan alat makan dari kayu.

Seiring dengan bertambah majunya teknologi, peralatan makan mengalami berbagai perubahan variasi. Hal yang sering ditemukan biasanya adalah bentuk dan bahan dari alat makan. Seringkali kita temukan berbagai bentuk alat makan yang unik.

Sementara itu dari bahan pembuatnya, alat makan mempunyai variasi yang beragam. Dalam kehidupan sehari-hari, yang paling sering kita temukan adalah alat makan berbahan plastik. Meskipun alat makan berbahan plastik bukan alat makan dengan bahan yang terbaik. Selain berbahan plastik, alat makan yang lazim ditemui adalah alat makan berbahan stainless steel, porselen atau keramik, melamine, dan kaca.

Belakangan ini sedang tren penggunaan alat makan berbahan kayu. Penggunaan alat makan berbahan kayu menimbulkan kesan tradisional dan eksotis. Ini mungkin salah satu hal yang ditawarkan agar bisa menarik banyak pengunjung.

Meskipun demikian, memilih alat makan dari kayu tidak serta merta membuat kita aman saat bersantap. Meskipun kayu adalah bahan alami, namun perlu melalui tahapan tertentu agar bisa dijadikan alat makan yang aman, salah satunya adalah perawatannya setelah digunakan.

Kelebihan Alat Makan Berbahan Kayu

Sebelum memutuskan untuk menggunakan alat makan berbahan kayu, kita terlebih dahulu harus mempertimbangkan beberapa hal. Mengetahui kekurangan dan kelebihan menjadi hal paling mendasar. Selain itu, perawatan secara khusus diperlukan mengingat bahan kayu sangat rawan terhadap rayap.

alat makan berbagai bahan
alat makan berbagai bahan.

Adapun beberapa kelebihan alat makan berbahan kayu adalah sebagai berikut:

  1. Kayu memiliki sifat sebagai isolator, atau penghambat panas. Sehingga ketika menyajikan makanan yang masih panas ke dalam wadah berbahan kayu, kita bisa memegang wadah tersebut tanpa menggunakan alat pelapis khusus. Kita tidak perlu merasa takut akan merasakan panas seperti jika kita menggunakan wadah berbahan stainless steel.
  2. Kayu memiliki sifat non-reaktif. Beberapa makanan yang memiliki rasa tertentu akan beraksi dengan wadah makanan yang terbuat dari stainless steel berkualitas rendah, sehingga muncul perubahan rasa pada makanan. Begitu juga dengan wadah makanan berbahan plastik. Hal yang sama tidak terjadi pada alat makan berbahan kayu karena sifatnya yang non-reaktif.
  3. Kayu memiliki sifat anti karat. Alat makan berbahan stainless steel cenderung berkarat jika terlalu sering bersentuhan dengan bahan masakan tertentu. Sementara alat makan berbahan plastik tidak tahan terhadap panas. Sementara kayu tahan terhadap karat maupun panas.
  4. Kayu lebih artistik. Kayu dinilai memiliki nilai artistik yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan lainnya, sehingga muncul kesan tradisional namun eksotis.
  5. Kayu memiliki sifat lebih awet jika mendapatkan perawatan yang tepat. Dibandingkan alat makan berbahan kaca atau keramik, kayu lebih tahan banting, sedangkan dibandingkan dengan bahan stainless steel, kayu tidak berkarat.
  6. Kayu lebih ramah lingkungan. sampah dari produk berbahan kayu lebih ramah lingkungan dan gampang didaur ulang jika dibandingkan bahan stainless steel. Apalagi jika dibandingkan dengan sampah dari bahan plastik.

Baca Juga: Tips Perawatan Furniture Minimalis dengan Biopolish Beeswax

Merawat Alat Makan Kayu dengan Biopolish Beswaax

Dengan banyaknya kelebihan yang dimilki alat makan berbahan kayu maka kita bisa memilihnya sebagai pilihan utama. Terlebih lagi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, produk berbahan kayu bisa sangat awet jika mendapat perawatan yang baik. Biopolish Beeswax merupakan pilihan utama untuk merawat alat makan berbahan kayu.

Biopolish Beeswax food grade aesthetic and protective merupakan bahan poles kayu alami berbahan dasar beeswax yang diformulasikan khusus sesuai dengan standard sertifikasi U.S. Food and Drug Administration (US-FDA). Aman digunakan untuk kebutuhan finishing atau perawatan barang yang memiliki tingkat keamanan bahan yang tinggi seperti meja makan, perabotan dapur, peralatan makan, mainan anak, baby furniture, dll.

Beberapa sifat yang dimiliki oleh Biopolish Beeswax menjadikan produk ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan produk lain. Biopolish Beeswax terbuat dari 100% bahan alami, yaitu lilin lebah yang ramah lingkungan. Biopolish Beeswax bersifat anti air, tidak berbau, dan akan membuat alat makan berbahan kayu jadi tambah eksotis. Biopolish Beeswax juga memberi perawatan dan perlindungan maksimal yang bisa digunakan untuk merawat furniture food grade, yakni peralatan dapur yang berhubungan langsung dengan makanan.

Saat dilakukan pengaplikasian, bahan Biopolish Beeswax akan meresap jauh ke dalam serat kayu. Produk ini akan menghambat proses oksidasi dan pelapukan, mempertahankan kelenturan serat kayu sehingga mengurangi resiko kayu pecah. Pada permukaan kayu, akan menampilkan efek seperti ketika air berada di daun talas (water repellent). Produk yang diaplikasikan menggunakan Biopolish Beeswax dapat dicuci dan mudah dibersihkan. Fungsi lainnya, produk ini akan membantu menjaga kayu tetap kering serta menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

Sebagaimana produk Biopolish lainnya, produk Biopolish Beeswax ini bisa didapatkan melalui reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Bagi anda yang tinggal di kota Yogyakarta, bisa langsung datang ke kantor pusat di Jln. Sidikan No. 94 Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Informasi dan pemesanan bisa menghubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920 atau di website www.biopolish.com.