apakah anda Berani Rugi? coba saja Gunakan Paraffin Wax Polish

Tiap poles pasti punya kelebihan maupun kekurangan. Berikut ini kekurangan paraffin wax polish yang patut Anda pertimbangkan sebelum membelinya.

Sebelum membeli, ketahui dulu kekurangan paraffin wax polish

Sebelum membeli, ketahui dulu kekurangan paraffin wax polish

Paraffin wax polish merupakan pemoles yang terbuat dari lilin parafin. Produk ini diperuntukkan untuk perabot yang umumnya terbuat dari kayu, kulit, hingga karet. Seperti body mobil, furniture pun bisa dibuat lebih indah dan diberikan proteksi menggunakan produk ini.

Paraffin wax polish sendiri merupakan salah satu jenis poles paling populer. Poles ini memanfaatkan lilin parafin yang terbuat dari minyak tanah atau batu bara. Akan tetapi, meski sangat populer bukan berarti furniture polish dari parafin adalah yang terbaik. Ada beberapa fakta dan kekurangan paraffin polish yang sebaiknya Anda ketahui dulu. Jadi, Anda tak perlu merasakan pengalaman “membeli kucing dalam karung” karena kesalahan sendiri.

Baca Juga : cairan bahan alami untuk mengkilapkan kayu

Fakta, Parafin Wax Polish Bukan Satu-satunya

Pertama, pafarin wax polish bukanlah satu-satunya poles di pasaran. Jadi jangan tergesa menetapkan pilihan sebelum Anda membandingkan dengan poles lainnya. Ada beberapa poles lain yang dari segi kandungan sangat bertolak belakang, yakni Biopolish®. Poles ini terbuat dari lilin lebah dan vegetable oil. Kandungan alami ini sangat berbeda dibanding parafin wax yang cenderung kurang aman.

Baca Juga : kekurangan triplek plywood dibandingkan kayu solid

Dua Kekurangan Paraffin Wax Polish

Tidak Aman

Parafin memiliki efek buruk pada kesehatan

Parafin memiliki efek buruk pada kesehatan

Sebagaimana yang disebut di atas, bahan pembuat paraffin wax polish cenderung membuatnya tidak aman digunakan. Sebagaimana olahan minyak bumi lain, parafin mengandung banyak senyawa organik mudah menguap. Padahal jenis senyawa ini bisa meracuni tubuh. Efek jangka panjangnya adalah peningkatan resiko terkena gangguan organ dalam dan kanker. Jangankan untuk poles alat makan kayu, untuk poles indoor saja parafin wax polish sangat tidak direkomendasikan.

Hasil Polesan Kurang Bagus

Selain tidak aman, kekurangan paraffin wax polish lain adalah kualitas hasil polishing yang kurang begitu memuaskan. Pasalnya, poles ini cenderung melapisi. Memang terjadi peningkatan keajaman warna pada kayu, akan tetapi hasilnya masih kalah jauh dibanding polesan polish lain. Proteksi yang diberikan juga tidak sebaik poles lain karena sifatnya yang melapisi tersebut. Ketika lapisan tersebut terkelupas, otomatis kayu tak terlindungi lagi. Padahal, lapisan lilin yang terbentuk cenderung mudah tergores.

Close up hasil polesan paraffin wax polish

Close up hasil polesan paraffin wax polish

Satu-satunya "Keunggulan" Parafin Wax Polish

Meski demikian, masih ada keunggulan parafin wax polish dibanding polish yang lain. Poles ini cenderung lebih murah dibanding poles lainnya, meski penggunaannya sangat boros (jadi harga murahnya tak begitu benar). Bagi Anda yang tak masalah menerima resiko poles yang tak begitu baik dan aman, parafin wax polish bisa jadi solusi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.