Ketahui Penyebab Retak Pada Barang-Barang Kulit Dan Cara Mengatasinya

280
penyebab dan cara mengatasi retak bahan kulit
tekstur bahan kulit yang sudah retak dan pecah pecah akibat tidak terawat

Bahan kulit merupakan jenis bahan tekstil yang paling berharga di dunia. Bahan kulit terrbuat dari kulit binatang yang disamak dengan karakteristik yang sangat khas. Bahan kulit menawarkan karakteristik unik yang tidak ditemukan pada material lainya. bahan kulit yang lentur, halus, kuat dan nyaman membuat banyak digunakan untuk membuat jaket, tas dan berbagai jenis kerajinan fashion kulit lainya.

Namun, bahan kulit juga bukan tidak memiliki kekurangan. Jenis bahan kulit memiliki kekurangan yang cukup signifikan, salah satunya adalah rentan retak. Mengapa bahan kulit dapat retak, apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya?

Sebelum kami jelaskan lebih detail, ada hal yang perlu dicatat bahwa bahn kulit binatang memiliki ribuan pori pori kecil pada permukaanya. Pori tersebut walaupun tidak terlihat oleh mata telanjang, pori pori ini memainkan peran kunci dalam karakteristiknya. Layaknya kayu, pori pori pada bahan kulit terus menerus melepaskan dan menyerap kelembapan pada permukaan material dari lingkungan di sekitarnya.

Proses menyerap dan melepaskan kelembapan dari bahan kulit tersebut dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitarnya. Misalnya jika kulit diletakkan pada lingkungan yang kering, maka kelembapan udaranya akan di lepaskan di udara kemudian kulit akan menjadi kering. Hal ini berbeda dengan ketika bahan kulit ditempatkan pada lingkungan yang lembab, uap air akan berlebihan di udara kemudian akan mengendap di permukaan. Nah kemudian akan di serap kedalam pori pori. Fenomena seperti ini tidak mengkhawatirkan asalkan kondisi kelembapan udara di sekitar bahan kulit tersebut normal bukan terlalu tinggi atau terlalu rendah.

penyebab dan cara mengatasi retak bahan kulit
sepatu kulit yang tertekuk lama kelamaan akan retak, hindari dengan teratur aplikasikan lotion/pelembab
CS Biopolish

Jika anda perhatikan, beberapa bahan kulit yang sudah berumur tua akan memperlihatkan retakan kecil. Hal ini terjadi karena bahan kulit tidak dirawat dengan benar. Hal ini perlu disadari oleh pemilik dari bahan kulit tersebut. Retakan ini muncul akibat terlalu kering. Kita kembali ke dasar alamiah dari bahan kulit itu sendiri, bahwa bahan ini memiliki pori yang tidak terhitung jumlahnya di permukaan yang biasa menyerap dan melepaskan kelembapan.

Selain itu penyebab utama dari keretakan dari bahan kulit adalah karena keropos. Hal ini karena bahan kulit mampu menyerap kotoran dari tubuh dan rambut anda sendiri sebagai pemakai. Minyak inilah yang diserap pada lapisan permukaan lapisan atas bahan kulit yang ada di permukaan. Akibatnya kulit jadi kering, kasar dan menyebabkan keausan sehingga menyebabkan retak pada bagain permukaan.

Mengatasi Retak Pada Barang Barang Kulit Dengan Mengetahui Penyebabnya

penyebab dan cara mengatasi retak bahan kulit
janganbiarkan jaket kulit kering tida terawat, aplikasikan biopolish leather care secara teratur

Jika sudah terlanjur mengelupas akan sulit untuk mengupayakan mengembalikan kondisi kulit yang retak tersebut. Namun bukan berarti anda tidak bisa untuk mencegahnya. Apalagi jika anda memiliki jaket, tas, sepatu atau bahkan sofa kulit atau kerajinan kulit lainya yang terbuat dari bahan kulit 100 % asli, maka anda harus melakukan tindakan pencegahan untuk menjaga dan melindungi koleksi leather goods yang anda miliki.

Sebagai permulaan yang dapat anda perhatikan adalah kondisi kelembapan lingkungan. Tindakan pencegahan mampu menjaga dan melindungi koleksi leather goods yang anda miliki dengan baik. Pada dasarnya kelembapan udara terbaik yang dapat digunakan untuk menyimpan kerajinan kulit berada pada persentase sekitar 50%  hingga 60%.

Ketika kelembapan semakin tinggi lebih dari 60 % maka akan menyebabkan pertumbuhan jamur. Ketika kelembapan turun maka akan menyebabkan kondisi kulit kering. Jika anda ingin berinvestasi anda dapat membeli dehumidifier untuk mengetahui kondisi kelembapan di lingkungan anda.  Perangkat ini bahkan mengatur kondisi kelembapan terbaik di rumah anda.

penyebab dan cara mengatasi retak bahan kulit
aplikasikan tas kulit dengan menggunakan lotion bahan alami yang tepat

Langkah paling mudah untuk mencegah keretakan pada barang barang kulit adalah dengan mencegah dan merawatnya dengan baik. Barang barang kulit yang terawat tidak akan mudah retak atau kering. Untuk melakukan hal ini anda dapat melakukan beberapa tips mudah berikut ini:

  • Segera bersihkan jika barang-barang kulit kotor
  • Keringkan dengan benar, jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung. Cukup di angin anginkan ditempat yang terbuka sehingga kering dengan sendirinya
  • Aplikasikan lotion atau pelembab khusus untuk barang kulit dengan tipis merata. Gosok searah dengan tekstur material bahan kulit
  • Lakukan perawatan barang barang kulit dengan teratur menggunakan lotion atau pelembab minimal seminggu sekali
  • Simpan dengan cara di gantung pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik
  • Jangan melipat fashion kulit seperti jaket atau tas kulit hal ini akan membuat bekas pada barang tersebut dan menimbulkan kerutan
  • Usahakan untuk sofa kulit tidak terkena cahaya matahari langsung hal ini penting dilakukan agar tidak mudah kaku dan keras
  • Untuk interior bahan kulit pada mobil, anda juga dapat menggunakan pelembab khusus secara teratur. Misal gunakan secara berkala setiap kali di bersihkan atau di cuci

Rekomendasi Lotion Atau Pelembab Terbaik Untuk Barang Barang Kulit

Lotion atau pelembab menjadi solusi yang paling penting untuk merawat dan mencegah keretakan pada barang-barang kulit. namun, pastikan anda tidak salah pilih menggunakan produk yang digunakan. Gunakanlah produk yang direkomendasikan khusus untuk barang-barang kulit.

penyebab dan cara mengatasi retak bahan kulit
biopolish leather care lotion atau pelembab bahan alami terbaik untuk kerajinan kulit

Bahan bahan kulit sebaiknya menggunakan pelembab atau lotion yang berbahan alami. Pelembab atau lotion tersebut memang direkomendasikan untuk perawatan. Ada banyak merk dipasaran untuk lotion barang-barang kulit, namun tidak semuanya bagus dan aman di aplikasikan. Pasalnya beberapa jenis lotion justru akhirnya membuat barang-barang kulit tersebut jadi kaku dan keras.

Nah, lotion seperti apa yang harus anda miliki? Lotion atau pelembab berbahan alami yang memiliki banyak kegunaan dan memiliki fungsi perlindungan sekaligus perawatan. Kami merekomendasikan biopolish leather care untuk koleksi perawatan barang-barang kulit yang anda miliki dirumah.

Biopolish leather care memiliki kemampuan untuk menjaga, melindungi dan mengembalikan kelenturan barang kulit. formula utama dari biopolish leather care terbuat dari beeswax dan berbagai natural oil. Bahan bahan ini memiliki manfaat utama menajamkan warna, melembutkan, melenturkan serta menjaga dari paparan sinar matahari.

Berbagai manfaat ini dapat anda peroleh dengan merawat koleksi barang kulit yang anda miliki dengan biopolish leather care. Produk ini berbentuk lotion atau cream padat yang diaplikasikan dengan cara di oles kemudian di gosok dengan halus dan perlahan.

penyebab dan cara mengatasi retak bahan kulit
biopolish leather care lotion untuk merawat dan melindungi kerajinan bahan kulit

Cara pemakaian biopolish leather care untuk perawatan bahan kulit sangat mudah, nah berikut ini tahapan aplikasi menggunakan biopolish leather care:

  • Pastikan barang barang kulit yang akan di poles dalam kondisi bersih dan kering
  • Aplikasikan biopolish dengan kain bersih dan kering ke seluruh bagian yang akan di rawat secara tipis merata
  • Gosok searah tekstur bahan kulit secara perlahan lahan
  • Lakukan hingga barang barang kulit tampak bersih, mengkilat dan tidak lengket
  • Perawatan dapat dilakukan secara teratur minimal seminggu sekali

Mudah sekali bukan aplikasinya? Biopolish leather care memiliki banyak sekali manfaat yang perlu anda gunakan untuk merawat dan menjaga kondisi barang-barang kulit yang anda miliki.

Tertarik membeli biopolish leather care? Anda bisa mendapatkan produk ini dengan membeli secara online melalui customer care kami di nomor 081225784920 atau membeli langsung lewat akun marketplace kami di Tokopedia, Lazada, Shopee dan Bukalapak.

Untuk melakukan pembelian secara offline, anda dapat mendatangi kantor pusat pemasaran kami di Jl. Sidikan no. 94 sorosutan kec.umbulharjo, Yogyakarta. Selain itu anda dapat membeli langsung di agen resmi biopolish leather care di seluruh indonesia. Klik gambar berikut ini untuk mengetahui lokasi agen biopolish leather care di seluruh indonesia.

penyebab dan cara mengatasi retak bahan kulit
klik gambar untuk mengetahui alamat agen biopolish leather care di seluruh indonesia
CS Biopolish