Apa Fungsi Wood Polish Yang Paling Utama ? Baca Hingga Selesai Disini

Apa fungsi wood polish ? pertanyaan ini mungkin menggema dalam pikiran siapa saja yang belum tahu fungsinya. Temukan jawaban dari pertanyaan anda dibawah ini. baca hingga selesai dan tinggalkan komentar anda disini.

Wood polish merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut semir untuk furniture kayu. polish dalam bahasa indonesia berarti poles atau semir. Sesuai namanya polish kayu berfungsi sebagai semir untuk kayu, lebih tepatnya untuk kerajinan atau furniture kayu. seiring dengan berjalanya waktu furniture kayu akan memudar warnanya. Sehingga perlu di pertajam dengan menggunakan polish atau poles atau semir kayu. dengan cara seperti ini anda tidak perlu melakukan finishing ulang ataupun mengecat untuk menutupi kekurangan warna furniture yang pudar.

Memahami Apa Fungsi Wood Polish Lebih Detail

Apa Fungsi Wood Polish

Furniture kayu yang tidak di finishing seiring dengan berjalanya waktu akan tampak kusam dan kotor. Hal ini dapat disebabkan karena kotoran , aktivitas manusia dan perubahan cuaca yang menyebabkan perubahan pada permukaan kayu. kendala seperti ini sering ditemui pada furniture kayu yang tidak di finishing. Namun bukan berarti furniture kayu yang telah di finishing juga lepas dari permasalahan ini.

Kotoran dan debu merupakan salah satu faktor yang menyebabkan furniture kayu yang telah di finishing perlu di semir ulang atau di poles. Furniture kayu yang telah di cat atau di varnish umumnya memiliki sentuhan glossy atau kilap. Hal ini tergantung dengan jenis finishing yang di aplikasikan. Namun kilap ini juga lama kelamaan akan menghilang. Polish atau semir furniture kayu berfungsi sebagai perawatan atau maintenance agar finishing yang di aplikasikan pada furniture kayu tetap mengkilap dan tahan lama. sehingga anda tidak perlu melakukan recoating atau finishing ulang.

Apa fungsi wood polish hanya itu saja ?

Wood polish yang kami rekomendasikan merupakan wood polish dari bahan alami yang berbentuk wax padat. Aplikasinya sangat sederhana menggunakan kain dan di gosok. Namun polish wax memiliki banyak manfaat selain kembali mengkilapkan furniture kayu. polish juga bermanfaat melindungi furniture dari paparan sinar matahari serta cipratan air. furniture kayu sangat penting terjaga kondisinya agar tetap kering sehingga tidak mudah lembab. Furniture kayu yang lembab akan mudah berjamur, lapuk dan akhirnya rusak tidak terpakai.

Selain itu apa fungsi wood polish yang paling utama adalah meningkatkan estetika furniture kayu, terutama furniture kayu un–finish atau tidak di finishing. Wood polish selain di gunakan sebagai perawatan atau maintenance, juga dapat di aplikasikan sebagai alternative untuk melakukan finishing natural yang alami. Wood polish dari beeswax atau bahan alami relative aman di bandingkan mengggunakan bahan kimia.

Apa Fungsi Wood Polish

Menggunakan wood polish dari lilin lebah memiliki fungsi lainya sebagai berikut :

  • Memberikan perlindungan terhadap cipratan air dan sinar matahari
  • Menajamkan warna asli furniture kayu
  • Melindungi dari resapan air
  • Menghambar proses pelapukan akibat usia kayu dan mikroorganisme pembusuk
  • Mempertahankan fleksibilitas serat kayu
  • Mencegah kayu retak
  • Menghambat proses perubahan warna furniture kayu

Dari serangkaian manfaat ini tentu apa fungsi wood polish terutama wood polish yang berbahan alami sangat bermanfaat untuk perawatan furniture kayu. oleh karena itu jangan biarkan furniture kayu anda kusam dan tidak menawan hanya karena di makan usia. Aplikasikan wood polish sebagai proses perawatan furniture kayu yang anda miliki sehingga tetap menawan walaupun telah dimakan usia.

Jenis Jenis Wood Polish Yang Banyak Beredar Di Pasaran

Wood polish atau furniture polish yang banyak beredar di pasaran umumnya menggunaakan tiga jenis bahan, yaitu menggunakan parafin, aerosol serta menggunakan beeswax. Ketiga bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Wood Polish

Berikut ini keunggulan masing-masing wood polish berdasarkan jenis bahan yang di gunakan :

  1. Paraffin wood polish

Wood polish berbahan parafin memiliki keunggulan dari sisi harga. Wood polish dengan bahan parafin lebih murah dibandingkan dengan bahan lainya. Selain itu secara sekilas wood polish dengan parafin mmapu memberikan kilap pada furniture kayu namun sayangnya, kilap ini tidak bertahan lama.

  1. Aeorosol wood polish

Tidak jauh berbeda dari jenis wood polish berbahan parafin, wood polish yang menggunakan bahan aerosol memiliki keunggulan dari segi kilap yang dihasilkan. Dari ketiga jenis wood polish, bahan aerosol yang memberikan efek paling mengkilap. Tidak hanya itu wood polish dengan bahan aeorosol juga sangat praktis di gunakan.

  1. Beeswax wood polish

Jenis bahan yang satu ini keunggulanya alami, mampu meresap jauh kedalam substrat kedalam material kayu. Praktis dan lebih mudah di gunakan karena tidak keras atau sulit di aplikasikan. Bahan beeswax ini juga mampu menampilkan warna kilau alami kayu walaupun tidak semengkilap menggunakan aerosol.

Walaupaun memiliki keunggulan masing-masing, ketiga jenis bahan wood polish ini juga memiliki kekurangan yang signifikan. Nah berikut ini kekurangan masing-masing bahan wood polish yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli produk wood polish:

  • Kekurangan wood polish parafin

Bahan parafin memiliki daya tahan terhadap resapan air yang lemah. Selain itu lama kelemaan warna yang di tampilkan pada furniture kayu akan pucat. Selain itu jenis parafin wood polish ini cenderung tidak ramah lingkungan. Menimbulkan residu VOC yang tidak sehat karena berpotensi untuk menimbulkan gangguan kesehatan.

  • Kekurangan wood polish aerosol

Jenis aerosol memiliki kelemahan yang siginifikan karena tidak ramah lingkungan dan berbahaya untuk kesehatan. Selain itu jenis wood polish yang satu ini juga tidak bagus di aplikasikan pada furnitur kayu terus emnerus karena dapat merusak kondisi tekstur alami kayu.

  • Kekurangan wood polish beeswax

Kekurangan wood polish berbahan beeswax yang paling utama adalah warna kilau yang ditampilkan tidak tahan lama. Sehingga harus sering di aplikasikan. Namun jenis wood polish seperti ini yang paling sehat, ramah lingkungan dan memberikan perlindungan terhadap percikan air. Sehingga keindahan kayu akan nampak natural dan alami.

Berbagai kekurangan dan kelebihan ini dapat anda pertimbangkan dalam memilih jenis wood polish. Pikirkan kesehatan dibandingkan dengan harga yang murah. Pasalnya ongkos kesehatan lebih mahal dibandingkan dengan harga wood polish yang harus anda bayar.

Rekomendasi Produk Wood Polish Bahan Alami Terbaik

Produk wood polish terbaik yang kami sarankan sebaiknya yang berbahan alami dari beeswax. Di indonesia, ada merk lokal terbaik produk wood polish dari beeswax yang dapat anda beli, biopolish beeswax dan biopolish linseed oil.

Produk yang satu ini memiliki banyak kelebihan. Selain di buat dengan bahan alami beeswax, biopolish di formulasikan khusus dengan berbagai bahan alami lainya yang memberikan kemampuan lebih dibandingkan dengan berbagi jenis wood polish lainya.

Biopolish beeswax dan Biopolish linseed oil memiliki fungsi yang berbeda. Kedua jenis wood polish ini memang di gunakan sebagai perawatan furnitur kayu. Namun perbedaannya pada jenis funriture kayu yang di aplikasikan menggunakan kedua jenis produk ini.

Wood Polish

Biopolish beeswax sangat baik di gunakan sebagai wood polish untuk peralatan makan dari kayu, furniture bayi dan anak anak. Jenis wood polish yang satu ini aman digunakan untuk peralatan makan dan funritur anak karena bersifat food grade. Tidak berbahaya ketika bersentuhan dengan bahan makanan. Pasalnya jenis wood polish ini tidak berbau dan berasa dan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Sehingga aman digunakan untuk kesehatan.

Biopolish linseed oil sendiri merupakan jenis wood polish yang dapat digunakan untuk semua jenis furniture. Namun di utamakan bukan jenis furniture yang digunakan untuk table ware atau anak anak dan bayi. Pasalnya biopolish linseed oil memiliki bau yang agak menyengat. Sehingga mungkin anak anak tidak akan suka dan mengkontaminasi makanan.

Namun, pada dasarnya biopolish linseed oil juga aman digunakan. Terbuat dari bahan bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia, biopolish linseed oil praktis digunakan untuk emngembalikan keindahan furniture tua ataupun untuk meningkatkan keindahan furniture kayu yang ada di rumah anda.

Nah kini anda bisa memutuskan akan memilih wood polish yang mana yang bagus untuk kesehatan, kantong dan furniture kayu yang ada di rumah. Untuk mendapatkan biopolish, anda dapat membeli di akun marketplace kami sepertiBukalapak,Tokopedia, Lazada dan Shopee. Selain itu anda dapat membeli langung di agen kami yang ada di seluruh indonesia.

Dimana lokasi agen biopolish terdekat di kota anda ? silahkan langsung saja klik gambar di bawah ini.

Agen Biopolsih Wood Polish alamat agen biopolish wood polish diseluruh indonesia

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.