Bagaimana Cara Merawat Dan Membersihkan Furniture Kulit Dengan Benar?

Bahan kulit merupakan jenis bahan yang yang diangap awet serta tidak perlu melakukan banyak perawatan.furniture kulit seperti sofa kulit, kuris gaya ootman ataupun berbagai model sofa dengan pelapis kulit lainya pada dasarnya memang mudah dalam menjaga dan merawatnya jika anda tahu langkah langkah merawat furniture tersebut dengan tepat dan benar. Namun berbagai jenis furniture kulit mensyaratkan jenis pembersihan yang berbeda sesuai dengan jenis bahan kulit yang digunakan. Hal ini dilakukan utnuk mengidentifikasikan agar dapat membersihkan dan merawat furntiure kulit dirumah agar tampak bersih dan terawat.

Mengenali Jenis Bahan Kulit Pada Furniture Yang Biasa Digunakan

Untuk membersihkan dan merawat funriture kulit dengan tepat diperlukan pengetahuan jenis bahan kulit yang digunakan untuk furniture tersebut. Nah untuk mengenali jenis bahan kulit yang digunakan pada furniture kulit tersebut biasanya bisa dilihat dengan lebel yang ada pada perbaot tersebut. Selain itu biasanya bisa nada tanyakan langsung pada penjual furniture tersebut. Namun jika anda tidak mendapat informasi tersebut  jangan khawatir, berikut ini kami berikan petunjuk jenis jenis pelapis bahan kulit pada perabot rumah baik sofa atau jenis perabot lainya.

  1. Jenis bahan kulit tidak terlindungi (unfinish leather)

Biasanya bahan kulit seperti ini disebut dengan bahan kulit annilin atau un finish leather. . jenis bahan kulit ini merupakan bahan kulit binatang murni yang memang tidak diberikan sentuhan finishing warna atau lainya. Jenis bahan kulit asli ini memiliki nuansa yang mewah dan lembut. Biasanya proses pembuatanya bahan kulit binatang di celup dengan annilin namun tidka diberikan pigmen warna atau tambahan pelindung pada permukaannya sehingga mneutup pori-pori kulit.

Kulit asli jenis ini biasrnya lebih sensitif dibandingkan jenis bahan kulit lainya harganya juga biasanya lebih mahal. Jenis kulit annilin yang biasa kita temui dipasaran biasanya disbeut dengan kulit pull up dan nubuck yang sangat mirip dengan bahan kulit sofa suede.

  1. Jenis bahan kulit yang terlindungi (finish leather)

Jenis bahan kulit ini sering disebut kulit jadi atau finished leather. Umumnya juga diberi label semianniline atau anilline plus pigment atau bahkan pigmented leather. Kulit yang sudah jadi ini biasanya lebih terlindungi pemrukaanya karena tidka berpori lebih tahan terhadap resapan noda atau cairan serta memiliki tampilan yang lebih beragam dibandingkan dengan jenis kulit annilin. Karena jenis kulit ini biasnaya sudah diebri warna dengan beragam warba.

Kulit jadi ini memberikan nuansa yang khas berupa nuansa yyang mewah, lembut serta lebih awet. Pasalnya pada bagian kulit pelindungnya diberikan lapisan pigmen dan polimer yang cukup tebal sehingga biasnanya terasa lebih kaku untuk jneis kulit jadi ini.

  1. Jenis bahan kulit imitasi atau sintetis

Bahan kulit imitasi juga banyak yang digunakan untuk membuat sofa kulit. Biasnya bahan yang terkenal untuk dijadikan bahan sofa adalah bahan oscar. Bahan ini memang lebih tebal dan terlihat kaku. Warnanya sangat beragam. Jenis bahan oscar ini biasanya merupakan bahan kulit sintetis yang terbuat dari polimer plastik polyurethane. Jenis polimer ini memang lebih bagus dibandingkan dengan polimer pvc yang lebih mudah mengelupas. Namun bahan oscar terkenal sebagai bahan sofa kulit sintetis yang cukup kuat dan awet. Sehingga bahan ini banyak sekali digunakan sebagai bahan pelapis sofa kulit imitasi.

Cara Membersihkan Furniture Kulit Sesuai Dengan Jenis Bahannya

Membersihkan furniture kulit sebaiknya disesuaikan dengan jenis bahan kulit itu sendiri. Hindari membersihkan sofa kulit dengan metode diy. Mengapa ? mayones dan cuka sebaiknya gunakan pada salad bukan pada sofa. Bahan bahan tersebut tidak akan memberikan pengaruh apapun pada sofa kulit anda. Bahan tersebut bukanlah bahan pembersih kulit yang baik. Majalah forbes online menyebutkan bahwa banyak para klien atau pemilik sofa kulit di amerika justru merusak sofa kulit mereka degan menggunakan produk semabrnagan. Mulai dari menggunakan bahan bahan yang aad di dapur hingga menggunakan produk perawatan untuk rambut. Hindari hal hal semacma ini. Gunakan produk baik kondioner ataupun lotion yang memang diromulasikan khusus untuk bahan kulit ukan untuk manusia.

Jika anda inign membersihkan furniture kulit milik anda sendiri dirumah  paling tidak ada beberapa hal yang perlu anda sediakan, yaitu: penyedot debu atau sikat, air air berish, sabun cair yang bersifat non detergen atau netral, anda bisa menggunakan sabun bayi atau pembersih khusus sofa kulit, kain micofiber yang lembuh, kain lap dari bahan katun yangbersih dan kering serta siapkan pula lotion atau kondisoner bahan kulit. Namun sebelum membersihkan furniture kulit anda, sebaiknya lakukan pembersihan furniture kulit sesuai dengan jenis bahan kulit tersebut.

  • Bahan kulit tidak berpelindung atau belum jadi

Bahan kulit tidak berpelindung ini perlu sangat hati hati saat membersihkanya.  Beberapa ahli funriture menyarankan utuk tidak melakukan hal sembrono dalam memberishkan furniture annilin. Untuk membersihkan kulit jenis annilin ini gunakan penyedot debu, sikat yang benar benar halus atau menggunakan lap kain lembut yang kering seperti microfiber. Selain itu anda juga bisa membersihkan nodanya dengan menggunakan lap kain yang lembab. Tampilan dari kulit annilin sangat sensitif terhadap warna dan goresan. Selalu uji terlebih dahulu jika ingin membersihkan bahan kulit anlin pada bagian yang tidak terlihat.

  • Bahan kulit jadi atau bahan kulit berpelindung

Bahan kulit jadi relatif lebih mudah untuk membersihkanya. Apalagi jika ada noda yang menempel segera bersihkan dengan menggunakan sabun yang tidak mengandung detergen keras. Selain itu jauhkan dari produk yang mengandung bahan alkali, amoniak, silikon serta produk berbentuk aerosol.bahan bahan tersebut menerut institute of inspection, cleaning and restoration certification, dikutip dari forbes menyebutkan bahwa bahan tersebut merusak tekstur bahan kulit. Selain itu sabun pelana atau sadlle soal, deterjen, minyak goreng, dan berbagai bahan abrasif lainya dilarang digunakan pada bahan kulit jadi.

  • Bahan kulit imitasi atau sintetis

Bahan kulit imitasi atau sintetis pada dasarnya juga rentan terhadap bahan bahan kimia abrasif layaknya amoniak, alkali, silikon dan lainya. Bahan kulit imitasi jika terkena bahan bahan kimia tersebut justru bisa melarutkan warna pada lapisan atasnya serta membuat tekstur bahan kulit menjadi semakin keras dan mudah mengelupas.

Lalu, Bagaimana Langkah-Langkah Membersihkan Furniture Kulit Yang Benar?

  1. Langkah langkah membersihkan furniture kulit tidak terlindungi atau annilin
  • Sikatlah dengan sikat yangbenar benar halus untuk membersihkan kulit annilin
  • Seka kotoran dengan menggunakan lap kain bersih yang lembut
  • Terahir vacuum sisa kotoran untuk membersihkan noda pada sofa
  1. Langkah langkah membersihkan furniture kulit yang terlindungi
  • Bersihkan noda dengan menggunakan kain lap kering jika masih kotor gunakan sikat yang halus
  • Buatlah larutan pembersih dengan sabun bayi dan air. Kemudian celupkan kain lap bersih kedalam larutan tersebut. Peras hingga lap terasa hanya lembab
  • Seka kotoran atau noda yang masih tersisa pada sofa dengan menggunakan lap kain lembab tersebut. Bersihkan hingga noda bersih.
  • Setelah bersih lap kembali bekas bagian yang telah dilap dengan menggunakan lap kain yang bersih dan kering dengan sendirinya tidak perlu di jemur dibawah terik sinar matahari
  • Setelah benar benar keringkan gunakan lotion atau kondisioner khusus untuk bahan kulit
  1. Langkah langkah membersihkan furniture kulit imitasi
  • Siapkan peralatan yang akan digunakan untuk membersihkan furniture kulit imitasi seperti sikat, kain lap, sabun khusus atau menggunakan sabun bayi dan lotion khusus untuk bahan kulit
  • Bersihkan bagian yang kotor dengan sikat kemudian buatlah cairan sabun bayi
  • Bersihkan kembali kotoran hingga bersih. Lap dengan kain bersih hingga tidak ada bekas sabun atau noda
  • Keringkan dengan cara di angin anginkan sehingga kering dengan sendirinya
  • Jangan lupa oleskan kondisioner khusus kulit untuk mencegah bahan kulit kaku dan keras

Bagaimana Jika Terkena Noda Atau Cairan Atau Kotoran Lainya?

Bahan kulit termasuk furniture kulit sensitif terhadap beragam noda dan kotoran. Jika terkena tumpahan cairan dan sebagainya segera bersihkan sehingga tidak akan merendam atau justru menjadi noda yang mengeras sehingga semakin sulit dibersihkan. Jika ada cairan atau noda aapun mengenai furniture kulit annilin segera blot atau seka dengan kain lap keirng secepat mungkin. Hal ini dilakukan untuk menyerap kotoran secepat mungkin. Baru kemudian bersihkan sisanya jika masih ada noda yang membekas setelah di blot.

Untuk bahan kulit jadi dan bahan kulit imitasi cara membersihkan noda yang atau tumpahan cairan relatif mirip. Jika terkena tumpahan air atau jus segera bersihkan dengan lap kain yang bersih dan kering. Jika noda atau tumpahan tersebut justru meninggalkan bekas, gunakan kain lembut yang dicelupkan pad larutan sabun bayi dan air hangat. Celupkan lap kemudian bersihkan bagian yang kootor tersebu. Lakukan hal ini juga pada kulit imitasi. Jika terkena kotoran yang sifatnya minyak jangan membersihkanya dengan air. Gunakan ap kering biasa saja. Lap hingga benar benar bersih.

Tips Merawat Furniture Kulit Yang Benar Sesuai Dengan Jenis Bahan Kulit

Jika anda menginignkan furniture kulit yang anda miliki tetap lentur dan lembut, jangan lupa gunakan kondisioner atau loton khusus untuk sofa kulit. Apapun sofa kulit anda baik sofa kulit asli atau sintetis, gunakan lotion khsusu untuk sofa kulit. Saat menggunakan sofa kulit jangan sembarangan memilih lotion untuk sofa kulit. Gunakan lotion atau kondisioner yang berbahan alami. Jangan menggunakan lotion atau kondisioner yang berbahan cairan silikon atau aerosol.

Gunakan lotion atau kondisioner khusus untuk sofa kulit secara teratur. Anda dapat memberikan lotion setiap kali sehabis di bersihkan. Selain itu untuk merawat agar sofa kulit tetap awet dan tahan lama, ada beberapa tips yang kami berikan dibawah ini:

  • Hindari meletakkan furniture dekat dengan sumber panas atau sinar matahari secara langsung

Jika anda berpikir meletakkan furniture kulit sofa berada di ruang tamu dan terkena paparan sinar matahari langsung tidak akan berakibat buruk bagi sofa, anda keliru. Letakkan sofa di tempat yang teduh tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu jangan dekatkan sofa pada pemanas atau enghangat ruangan. Hal ini justru akan membuat sofa mudah mengelupas.

  • Rutin membersihkan debu dan kotoran

Jangan lupa membersihkan kotoran dan debu rutin tiap hari. Hal ini untuk menghindari tumpukan debu dan kotoran justru menjadi noda yang membandel.

  • Jangan sampai salah memilih pembersih furniture kulit

Hal ini sering sekali dilakukan oleh sebagian banyak orang. Menggunakan semir atau bahkan handbody untuk merawat furnitur kulit. Hindari melakukan hal seperti ini. Bersihkan dan rawat furnitur kulit menggunakan produk yang memang ditujukan untuk merawat dan melindungi furniture kulit.

  • Rawat menggunakan lotion secara berkala

Rutin menggunakan lotion khusus untuk sofa kulit sangat baik guna untuk menjaga agar sofa tetap lembut, empuk dan tidak mudah keras.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.