Panduan Merawat Jaket Kulit Sintetis Mulai Cara Membersihkan Hingga Apa Yang Boleh Dilakukan Dan Tidak Boleh Dilakukan

Jaket kulit sintetis atau kulit imitasi jadi alternatif jaket kulit asli. Kini jaket kulit sintetis juga memiliki banyak pilihan ragam warna dan model baik untuk pria dan wanita. Jika anda memiliki jaket kulit sintetis jangan dibiarkan begitu saja. Dalam beberapa kasus kualits jaket kulit sintetis memang berbeda beda. Hal ini tergantung jenis bahan kulit sintetis yang digunakan. Umumnya jaket kulit sintetis yang cukup kuat di pasaran adalah bahan PU leather atau polyurethane leather. Namun bukan berarti jaket kulit sintetis tidak bisa di rawat.

Jaket kulit sintetis bahan PU leather sekalipun membutuhkan perawatan. Bahan jaket kulit imitasi yang satu ini memang terkenal paling kuat. Namun tahukah anda bahwa jaket kulit sintetis bahan tersebut memilikikelemahan yang paling krusial, mudah retak. Hal ini disebabkan karena bahan kulit Pu memiliki karakteristik yang kuat dan kaku. Sehingga kadang mudah sekali keras, tidak nyaman dipakai dan paling parah mudah sekali retak retak. Lalu bagaimana perawatan jaket kulit sintetis ? nah berikut ini ikuti panduan yang kami berikan mulai dari membersihkan saat kotor hingga bagaimana merawatnya sehari-hari.

Cara Membersihkan Jaket Kulit Sintetis Dengan Benar

Anda punya jaket kulit sintetis namun kotor ? jangan biarkan kotoran yang menempel tersebut mengering. Membersihkan jaket kulit sintetis lebih mudah dibandingkan dengan jaket kulit asli. Jangan sampai kotoran tersebut dibiarkan semakin membandel karena kering sehingga semkain sulit dibersihkan. Perhatikan langkah membersihkan jaket kulit sintetis dari kami berikut ini:

  • Bersihkan bekas noda tersebut dengan kain bersih dan kering. Misalnya jika nodanya sudah terlanjur kering dan mengerak anda dapat membersihkanya dengan menggunakan sikat yang lembut. Gosok dan bersihkan hingga nodanya menghilang.
  • Buatlah larutan sabun bayi atau sampo pada sebuah wadah seperti mangkok atau ember kecil. Gunakan sabun bayi atau sampo secukupnya saja dengan air hangat. Larutkan campuran hingga terlihat berbusa.
  • Langkah selanjutnya adalah basahi kain lap yang bersih dan lembut. Celupkan kain tersebut pada larutan sabun yang telah anda buat sebelumnya. Celupkan kemudian peras hingga lap terasa lembab
  • Lap lembab tersebut usapkan pada jaket kulit terutama pada bagian yang kotor, gosok hingga bersih. Anda bisa mengulang langka ini ini jika memang diperlukan. Hat8u haru saat mengeap jaket kulit engan cairan sabun. Jaganan samai tertinggal. Sisa sabun yang tertinggal pada jaket kulit bisa mneyebabkan jaket kulit mudah kaku dan akhirnya retak.
  • Keringkan sisa sisa anda menggosok menggunakan lap basah dengan kain lap kering yang bersih dan kering. Hal ini perlu dilakukan untuk menghabiskan sisa sisa air. Selanjutnya biarkan jaket kulit mengering dengen sendirinya. Cukup dia ngin anginkan aja tidak perlu dijemur dibawah terk sinar matahari. Panas akan merusak tekstur jaket kulit imitasi atau sintetis yang anda miliki.
  • Langkah terahir jangan lupa aplikasikan kondiisoner khusus jaket kulit. Hal ini wajin dilakukan untul jaket kulit sintetis. Pilihlah kondisioner yang terbuat dari bahan alami. Memilih kondisioner dari ahan kimia seperti sama saja dengan membuat jaket kulit akan semakin keras. Kondisoner khusu bahan alami untuk jaket kulit akan membantu menjaga jaket kulit tidak kering, lembut dan lembab. Jadi lakukan proses pembersihan ataupun perawatan jaket kulit selalu tutup dengan mengaplikasikan kondisoner khusu jaket kulit.

Tips tambahan untuk membersihkan jaket kulit imitasi selain di cuci dengan tangan. Anda bahkan bisa mencuci jaket kulit iitasi langsung pada msin cuci. Hal ini tergantung pada label pada jaket kulit yang anda miliki. Perhatikan label perawatan pada label jaket kulit tersebut. Namun jangan gunakan pemutih atau dikeringkan seca langsung menggunakan mesin pengering atau dijemur di bawah terik sinar matahari langsung.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Pada Jaket Kulit Sintetis ?

Jaket kulit yang sering dipakai bukan berarti tanpa masalah jika tidak di bersihkan ataupun di rawat. Nah jaket yang sering dipakai tentunya tidak akan lepas dari bau keringat. Masalah bau keringat ini tentu sangat menggangu. Apalagi jika dibiarkan saja tidak di bersihkan dengan benar.

Tidak hanya keringat. Kadangkala jaket kulit juga mengeluarkan bau yang khas baik dari jaket kulit asli ataupun jaket kulit sintetis. Jaket kulit sintetis yang masih baru kadang berbau kurang enak. Nah jika demikian bagaimana cara menghilangkan bau dari jaket kulit ini ? Jangan khawatir, kami berikan tips usir bau pad ajaket kulit dengan gampang:

  • Taburkan baking powder

Baking powder atau bubuk soda kue ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan berbagai macam bau pada jaket kulit. Baking soda memiliki manfaat untuk menyerap dan menetralkan bau pada kain termasuk pada bagian dalam jaket kulit tanpa merusak jaket kulit. Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau ini sangat gampang. Cukup taburan baking soda pada seluruh bagian dalam jaket kulit sehingga semua bagian terkena baking soda. Taburkan secukupnya saja jangan terlalu berlebihan akan tetapi jangan sampai lupa untuk menaburkan baking soda pada bagian dalam lengan baju.

  • Tempatkan jaket pada tempat yang datar dan tidak terganggu

Tempatkan jaket kulit pada area yang datar semisal diatas meja dan biarkan jangan sampai terganggu atau baking soda yang ada pada bagian dalam jaket kulit sehingga tidak keluar atau tumpah.

  • Biarkan selama semalaman taburan baking soda tersebut

Biarkan taburan baking soda yang ada di dalam jaket kulit semalaman. Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu baking soda bekerja menyerap bau didalam jaket kulit.

  • Bersihkan baking soda keesokan harinya

Keesokan harinya bersihkan sisa sisa baking soda yang ada pada bagian dalam jaket kulit. Jika sulit sikat dengan sikat lembut sehingga bersih bekas baking soda tersebut. Jika sulit dan masih meninggalkan sisa-sisa gunakan vakum cleaner dengan nosel kecil atau menggunakan vakum genggam untuk membersihkan baking soda. Bersihkan hingga benar benar bersih tidak ada yang tersisa.

  • Cium apakah masih bau atau tidak

Setelah selesai di bersihkan cium apakah bau masih menempal pada jaket kulit. Apabila masih bau silahkan ulangi langkah langkah di atas hingga tidak berbau menyengat atau tidak enak.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jamur Pada Jaket Kulit Sintetis?

Bagaimana jika jaket kulit imitasi yang anda miliki berjamur ? jangan biarkan jamur tumbuh semakin banyak dan berkembang pada jaket kulit anda. Walaupaun kulit sintetis bukan berati jaket tersebut tidak akan terserang jamur. Nah jika nampak warnanya pudar dan memiliki bercak putih menyebar itu tandanya jaket kulit anda berjamur. Bagaimana cara menghilangkan jamur tersebut ? yuk ikuti langkah langkah sebagai berikut :

  • Keluar ruangan, cari area yang terkena paparan sinar matahri secara tidak langsung. Kemudian sikat bagian yang berjamur tersebut dengan sikat halus. Selain itu anda juga bisa menggunakan spon untuk mencuci piring yang kasar untuk menghilangkan bercak tersebut.
  • Kemudian bersihkan dengan lap kain kering
  • Siapkan larutan sabun cuci piring dan air. Kemudian celupkan sikat. Kembali bersihkan bagian yang berjamur tersebut.
  • Lap dengan lap kain bersih untuk menghilangkan bekas sabun tersebut
  • Angin anginkan hingga benar benar kering
  • Jangan lupa setelah kering gunakan lotion jaket kulit untuk memberikan perlindungan dan mencegah jaket kulit kembali berjamur

Jika menemukan bercak seperti jamur segera bersihkan dan pindah tempat penyimpanan jaket kulit tersebut. Jangan lupa gantung jaket pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Jika di simpan di dalam lemari gunakan penyerap kelembapan untuk menghindari udara lembab pada lemari menyebabkan jamur pada jaket kulit.

Perawatan Jaket Kulit Sintetis Hal Yang Harus Dilakukan Dan Tidak Boleh Dilakukan

Agar jaket kulit sintetis atau kulit imitasi yang anda miliki tidak mudah kaku, retak dan rusak, tidak ada salahnya untuk merawatnya dengan benar. Berikut ini kami berikan dafta hal yang dilarang dilakukan pada jaket kulit imitasi dan apa yang harus dilakukan pada jaket agar selalu terawat. Perhatikan daftar yang kami berikan dibawah ini jangan sampai melewatinya.

  1. Jangan menggunakan pembersih atau produk dari bahan kimia abrasif

Bahan kulit sintetis baik yang tebuat dari bahan polyurethane atau pu atapun pvc, rentan terhadap bahan bahan kimia bersifat abrasif semacam ominak, aerosol dan silikon. Bhan bahan tersebut biasanya terdapat dalam produk pembersih bahan kulit namun sayangnya jika digunakan terus menerus justru akan membuat kaku dan keras sehingga mudah rusak.

  1. Jangan mencuci dengan menggunakan pemutih

Jangan sampai jaket kulit kesayangan anda terkena pemutih. Sekali terkena pemutih sesudahnya anda tidak akan bisa mengembalikan kondisinya semula. Cuci dengan tangan sesuai arahan agar jaket kulit tidak mudah rusak.

  1. Rutin di bersihkan

Rutin bersihkan jaket kulit secara teratur. Paling tidak hanya dengan menggunakan lap kain bersih dan kering. Jangan biarkan kotoran menempel sehingga mengeras dan sulit untuk dibersihkan.

  1. Simpan dengan benar

Menyipan jaket kulit dengan benar akan memberikan perlindungan dan masa pakai yang semakin panjang pada jaket kulit. Simpan jaket dengan cara di gantung agar tetap memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak lembab. Pastikan saat menyimpan jaket pada lemari kayu, lemari tersebut benar benar kering dan tidak berjamur. Karena jamur pada lemari kayu bisa menular dan menyerang jaket kesayangan anda.

  1. Gunakan lotion jaket kulit secara teratur

Menggunakan lotion jaket kulit secara teratur banyak manfaatnya. Gunakan lotion yang berbahan alami secara teratur untuk memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari, perubahan cuaca serta melembutkan dan melenturkan jaket kulit sehingga tidak akan mudah retak. Jangan menggunakan cairan atau produk yang mengandung silicon. Pasalnya kedua produk tersebut justru membuat jaket kulit semakin kaku dan keras.

Solusi Perawatan Jaket Kulit Sintetis Komplit Dan Mudah

Punya jaket kulit ? anda tidak perlu bingung bagaimana merawatnya dengan baik, cukup gunakan biopolish leather care. Lotion jaket kulit yang satu ini merupakan solusi dari semua perawatan untuk jaket kesayangan anda. Biopolish leather care dapat digunakan untuk mencegah kerutan, menjaga warna jaket kulit, mencegah radiasi sinar matahari serta menajamkan warna alami jaket kulit. Berbagai manfaat tersebut dapat anda temukan hanya dalam satu produk, Biopolish leather care.

Biopolish leather care memiliki banyak keunggulan dibandingkan produk lain:

  1. 100 % bahan alami
  2. Menjaga kelenturan dan kelembutan bahan kulit
  3. Mencegah permukaan bahan kulit mengelupas atau retak
  4. Mencegah percikan air
  5. Melindungi dari papran sinar matahari
  6. Tidak membut licin
  7. Menajamkan warna alami jaket kulit
  8. Warna biopolish leather care netral sehingga dapat digunakan pada smeua warna jaket kulit
  9. Tidak berbau
  10. Tidak merubah tampilan produk yang awalnya glos jadi doft ataupun sebaliknya

Nah jangan sampai melewatkan berbagia macam manfaat dari biopolish leather care. Jangan tunggu jaket kulit berkerut, berjamur bahkan mengelupas. Sebelum itu semua terjadi, lakukan perawatan dengan biopolish leather care.

Untuk mendapatkan biopolish leather care silahkan hubungi call centre kami di nomor 081225784920 atau langsung membeli di akun marketplace berikut ini :

BUKALAPAK : https://www.bukalapak.com/biopolish

TOKOPEDIA : https://www.tokopedia.com/semirbiopolish

SHOPEE : https://shopee.co.id/shop/7299615/

LAZADA : https://www.lazada.co.id/biopolish

Artikel "Finishing Dan Perawatan Kulit"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.